Google Paling Bagus Reputasinya

JAKARTA, SELASA - Perusahaan Internet Google baru saja dianugerahi gelar sebagai perusahaan dengan reputasi paling bagus di Amerika. Begitu diumumkan oleh Harris Poll.

Para karyawan Google diperbolehkan menghabiskan 20% waktunya untuk proyek-proyek yang menumbuhkan ide. Selain bergaji tinggi, mereka juga diberi `insentif-insentif' seperti "pod tidur siang"di mana mereka bisa meletakkan kepalanya yang penat sejenak. Berkat strategi tersebut, Google berhasil menumbangkan Microsoft dari peringkat pertama perusahaan bereputasi terbaik.

Dalam polling tahunan Harris Interactive Reputation Quotient tersebut, Google, Intel, dan Microsoft masuk dalam peringkat 10 Besar. Sementara itu HP (Hewlett-Packard)/Compaq tercatat melakukan lompatan terbesar dibandingkan tahun lalu. Begitu juga Apple.

Polling ini meranking 60 Perusahaan Besar AS dan juga Korporat Amerika. Polling ini dilakukan dalam dua gelombang. Pada gelombang pertama, Harris menciutkan daftar menjadi 60 perusahaan dengan meminta 7105 orang Amerika menyebutkan dua perusahaan yang menurut mereka punya reputasi paling bagus atau paling buruk.

Enam bulan berikutnya, para pengumpul suara Harris itu menanyai 20.477 orang untuk memeringkat 60 perusahaan yang terpilih terhadap 20 atribut. Di antara atribut itu adalah daya tarik emosional, kualitas produk dan tanggung jawab sosialnya.

Menurut Harris, perusahaan yang paling sering tercantum dalam daftar adalah produsen produk consumer (seperti Coca Cola dan Kraft), atau perusahaan teknologi. Wanita cenderung memilih perusahaan produk consumer, sedangkan mayoritas pria memilih perusahaan teknologi.

Sementara itu perusahaan yang dianggap masyarakat Amerika sebagai jahat dan tidak beritikad baik antara lain industri penerbangan AS, yang senantiasa mengumumkan pemangkasan gaji karyawan sambil mempromokan tarif penerbangan yang kian mahal dan menagihkan berbagai biaya tambah, mulai dari bagasi sampai makanan di pesawat. (WIEK/Kompas.com)

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda