Isi Ulang Batere Notebook dari Koper

TAIPEI, SELASA - TI yang ramah lingkungan sedang naik daun. Nyaris tiada hari berlalu tanpa isu ini. Ajang Computex di Taipei, Taiwan yang baru saja selesai pun mengusung tema ini. Di ajang tersebut bisa kita lihat berbagai produk solar power cell bermunculan. Maklum potensinya cukup besar, khususnya untuk produk peripheral notebook.

Salah satunya ditawarkan oleh Opti yang selama ini dikenal sebagai produk optical drive (dulu juga untuk kartu suara). Perusahaan ini telah berkembang menjadi OPTI-Solar dan menawarkan produk-produk solar (berbasis matahari). Salah satu produknya adalah koper yang bisa mengisi ulang beberapa batere laptop, ponsel, dan produk elektronika portabel lainnya.

Koper metal besutan OPTI-Solar itu terdiri dari dua komponen utama. Bagian atas panelnya merupakan panel solar. Sementara bagian dasarnya mencakupkan batere Li-Ion dan juga charger.

Di Amerika Utara, koper pengisi daya ini akan tersedia pada kuartal ketiga tahun ini. Namun di Indonesia, kelihatannya produk ini belum akan dipasarkan. Apalagi harganya lumayan tinggi: US$ 1499 untuk sebuah koper berpanel solar cell yang bisa mengisi daya sampai 75 watt. Mungkin kita memang perlu menunggu sampai harganya turun. (Wiwiek Juwono/Kompas.com)

Link
http://tekno.kompas.com/read/xml/2008/06/10/15061932/isi.ulang.batere.notebook.dari.koper

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda