Yoga

Oleh Maria Matildis Banda

YOGA artinya meditasi, merenung dengan tujuan refleksi, mengambil waktu jedah yang disiapkan khusus untuk mencapai kebaruan hidup. Yoga meyakinkan diri untuk lebih menerima diri dan lebih ringan melangkah ke depan.
Begitulah, menjelang tahun baru dia melakukan yoga tiga hari bertutur-turut, tepat jam dua belas malam kurang lima belas menit, sampai jam nol-nol lima belas menit. Dua hari yoganya berjalan lancar. Sampai hari ketiga, yoga yang dilakukan kebabalasan sampai sehari semalam berikutnya. Karena itulah dia kaget bukan main saat sadar, pesta pergantian tahun sudah usai. Acara dangdut, joget, poco-poco, ja'i dan lainnya sudah berakhir. Semua temannya sudah pada tidur bayar hutang begadang seharian dan semalam suntuk, bahkan sudah bangun lagi dengan segar bugar, dia baru selesai yoga.

***
"Kenapa kamu tidak bangun saya dari yoga? Bukankah kamu tahu bahwa saya mau goyang sampai pagi pada malam tahun baru?" Rara kesal pada kedua temannya.
"Kamu lagi asyik yoga alias meditasi alias menerung, bagaimana mungkin saya ganggu kamu? Kulihat mulutmu komat-kamit, matamu terpejam, dan tidak terganggu dengan bunyi apapun di sekitarmu. Katamu yoga hanya tiga hari. Mengapa sampai lima hari? Sebenarnya kamu yoga untuk apa sih?"


"He he he aku yoga buat paket Yoga. Supaya Drs. Yoseph Tote, M.Si dan Agas Andreas, SH, MH menang pilkada di Manggarai Timur!"
"Oh, begitu?" Benza menyambung. "Bukankah tujuan yoga untuk refleksi, kesembuhan batin, berserah dan melapangkan jalan memasuki tahun baru? Bukankah yoga mencerahkan seseorang untuk mengambil dan menentukan langkah ke depan dengan lebih berhati? Bukankah..."

"Cukup!" Rara memegang kepalanya. "Benza, kamu selalu buat kepalaku pusing. Yoga itu artinya yoga. Pejam mata dan terlelap sampai pagi. Begitu bangun segar bugar."
"Jadi yogamu selama tiga hari itu, bahkan kebablasan sampai lima hari itu, apa yang terjadi?"

"Tetapi jangan bilang siapa-siapa ya," Rara mengecilkan suaranya. "Biar yoga kulancar, saya minum laru. Terus duduk bersila, terus tertidur sambil bersila. Hari pertama dan kedua, lancar-lancar saja. Pada hari ketika saya kebanyakan minum sampai mabuk. Duduk bersila pejam mata langsung terlelap sampai dua hari. Bukan salah bunda mengandung bukan? Yang salah ya mataku, pikiranku, perasaanku, semuanya hanyut dalam yoga. Tetapi yang jelas tujuanku tercapai. Gara-gara aku melakukan yoga, paket Yoga di Manggarai Timur menang bukan?" Rara benar-benar bangga diri.


"Jangan gede rasa kamu, Ra! Yoga menang karena perjuangan mereka. Bukan karena kamu mabuk terus teler sampai dua hari antero," kata Jaki dengan serius. "Sombong amat! Ngaku-ngaku Yoga menang karena kamu yoga? Ha ha , apa dan bagaimana yoga saja kamu gelap, bagaimana mungkin bisa menjalani yoga dengan benar?"
"Jangan kasar begitu teman. Apakah kamu pernah yoga?"

***
"Ya, kita sebaiknya melakukan yoga menyongsong 2009 yang pasti diliputi berbagai ketegangan. Sebab dengan yoga kita diberi ruang kosong untuk senantiasa komunikatif reflektif menghadapi problem, untuk apresiatif menyelesaikan konflik. Biar senantiasa ada damai di antara kita, sebab setiap orang memiliki waktu untuk yoga dari tingkat sederhana sampai yoga tingkat tinggi," demikian nasehat Benza yang selalu membuat kedua sahabatnya susah mencerna.

"Terus bagaimana dengan paket Yoga?" Rara salah sambung.
"Tentu saudara kita Yosef Tote dan Andreas Agas memahami betul apa artinya nama Yoga yang mereka pakai dalam proses pilkada di Manggarai Timur. Pasti tidak sesederhana huruf y, o, g, dan a. Dalam memimpin kabupaten baru itu mudah-mudahan keduanya selalu memiliki waktu untuk yoga dalam arti sebenarnya, dalam arti sederhana sekalipun, demi mengedepankan kepentingan rakyat sesuai janji-janji mereka," nasehat Benza lebih lanjut.

"Jadi kalau mau yoga harus dengan kerelaan?"
"Ya, yoga dilaksanakan karena niat kuat untuk melakukan perubahan mendalam dan mendasar, membangun motivasi spiritual dan...ö Benza terhenti karena dipotong Rara.
"Sudahlah Benza, saya pusing nih!"

"Pastinya kita ucap selamat untuk paket Yoga yang untuk sementara menang pilkada di Manggarai Timur. Pastinya lagi, yoga memberi inspirasi bagi kita menghadapi 2009. Supaya kita semua dapat menghadapi segala problem dengan tenang. Ada waktu untuk diam dan merenungà ada saatnya menemukan jalan keluar dengan kepala dinginà Melalui yoga pada tahun 2009 ini, bila langkahmu terasa berat"
"Hadapilah dengan senyum" sambung Jaki dan Rara bersamaan. (*)


0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda