Cemburu Bikin Susah Tidur

Dokter Valens Yth,

SALAM sejahtera dan selamat bertemu. Tanpa mengurangi rasa hormat saya pada dokter, saya ingin segera menceritakan masalah saya ini. Saya Ratna, 26 tahun, Diploma Bahasa dan saat ini sudah bekerja pada suatu perusahaan swasta di kota Kupang.

Sedangkan Jack, pemuda ganteng yang telah berpacaran dengan saya selama dua tahun ini, berasal dari Flores Timur dan bekerja pada salah satu LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) di kota Kupang juga.
Jack adalah pacar saya yang ketiga. Dua yang lainnya kini sudah menikah dengan gadis lainnya.

Setelah bertemu dengan Jack saya tidak ingin dia juga kelak pergi seperti kedua pemuda yang terdahulu. Oleh karena itu saya benar-benar berusaha menjag agar Jack bisa tetap saya kontrol. Hanya saja sesuai pekerjaannya, jack sering sekali keluar kota atau melakukan perjalanan ke kota lainnya.

Inilah yang sering membuat saya kuatir dan kadang cemburu. Saya kuatir kalau - kalau Jack bisa bertemu gadis lain di suatu tempat lain yang jauh dari saya. Atau kadang juga saya cemburu dan curiga pada teman kerja dan teman seperjalanannya. Meskipun Jack sudah sering menjelaskan bahwa, dia tidak memiliki hubungan khusus dengan orang lain selain aku, tapi saya selalu kuatir dan paling repot adalah cemburu yang kadang tidak jelas alasannya.

Dan pikiran semacam ini sering membuat saya tidak bisa tidur nyenyak kalau Jack sedang pergi jauh. Padahal saya sangat ingin juga bisa hidup damai, tenang, tentram dan bahagia. Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini saya ingin tanyakan satu - dua hal, Bagaimana cara mengatasi kekuatiran dan rasa cemburu yang sering membuatku bingun dan sulit tidur. Apakah saya perlu minum obat penenang.

Ataukah saya harus larang Jack untuk pergi dengan taruhan cinta saya. Walaupun saya pernah dengar kata orang bahwa cemburu itu baik dalam hubungan cinta, tapi saya merasa berat karena sudah mengganggu ketenangan hati saya. Saya beberapa kali tidak masuk kerja karena tidur terlambat dan bangun terlambat.

Jawaban dokter saya tunggu untuk membantu saya mengambil langkah ke depan. Atas jawaban dokter saya ucapkan terima kasih.
Salam, Ratna, Oepoi - Kupang

Saudari Ratna yang baik,
SALAM juga buat anda. Saat membaca Surat Anda kesan awal biasa-biasa saja, karena kuatir, curiga dan cemburu memang adalah bagian dari cinta. Namun bila sampai membuat Anda tidak bisa tidur dan menggannggu pekerjaan, maka itu sudah luar dari biasa. Ini adalah bagian dari galau dan tekanan hidup.

Sebetulnya, ketegangan dan kekacauan ini bukanlah penyakit unik yang hanya dialami oleh anak muda milenium baru ini. Di dalam kehidupan selalu saja ada awan krisis yang mengggelapkan bagian kehidupan yang lebih cemerlang. Oleh karena itu Anda dianjurkan untuk bisa belajar hidup bersama dan berusaha akrab dengan tekanan-tekanan ini.

Bahkan bila memungkinkan, anda harus mampu merebut kemenangan dari hatimu yang bergolak saat ini. Hidup anda tidak berharga kalau anda tidak bisa mencapai rasa tenang. Dengan kata lain, Anda harus bisa tidur bersama dengan jiwa Anda yang merdeka dan mampu menghirup napas ketenangan. Maxwell Maltz, MD., F.I.C.S dalam bukunya " Kekuatan Ajaib Psikologi Citra Diri", menulis, : Berjuta-juta orang menyiksa dirinya dengan kegelisahan, karena selalu kuatir dan tidak punya keyakinan. Mereka tidak bisa menerima kekurangan mereka.

Sulit sekali bagi mereka untuk konsentrasikan pikirannya tentang apa saja. Mereka bahkan merasa bersalah atas apa yang mereka anggap sebagai kegagalan dalam hidup." Kalau pikiran anda mengembara dari satu kegelisahan kepada kegelisahan yang lain, maka itu merupakan suatu rantai yang mengikat Anda, dan itu berarti anda bukan orang yang merdeka.

Dalam buku How To Relax in a Bussy World, Floid and Eve Corbin, menulis, " Kalau Anda terbiasa mengundang pemikiran negatif ( cemburu, curiga, irihati, kekesalan dan ingat diri sendiri) maka anda harus segera sadar dan berdamai dengan diri anda sendiri bahwa hal ini tidak baik dan bisa menjadi faktor pengganggu.

Semakin besar kemampuan anda untuk menerima kelemahan anda, akan semakin mudah mencapai ketenangan dalam pikiran anda " Ada sebuah pepatah kuno Cina, mungkin cocok untuk anda renungkan : Engkau tidak bisa mencegah burung di udara yang terbang diatas kepalamu, tapi engkau tidak perlu membiarkannya bersarang di rambutmu." Ini suatu nasihat bagi anda bahwa cemburu dan kuatir selalu akan datang namun jangan sampai Anda membiarkannya merusak diri dan hidup anda sendiri. Kekuatiran adalah setan yang paling merusak.

Kalau kekuatiran mempengaruhi pikiraan Anda, maka hari-hari anda akan menyedihkan dan malam-malamnya tidak tertahankan. Untuk mengatasinya anda tidak perlu minum obat penenang. Ada tiga gagasan untuk mengatasi kekuatiran anda Pertama, Sampaikan kekuatiran dan cemburu anda terus terang pada Jack, semakin sering anda katakan padanya, beban itu akan semakin berkurang. Kedua, Yakinkan diri anda bahwa anda sudah berusah optimal untuk mengatasi kesulitan yang anda hadapi.

Semakin lama anda semakin menerima diri anda sendiri. Ketiga, Tuntunlah pemikiran anda memasuki saluran konstrukstif. Sama dengan orang mengatakan berpikirlah positif. Gunakan imajinasi anda secara lebih positif, membayangkan situasi yang lebih damai dan tidak "miring" serta melakukan kegiatan yang yang akan memberi anda kegembiraan. Demikian jawaban saya, semoga ada titik terang buat Anda. Selamat berusaha.
Salam, dr. Valens Sili Tupen, MKM

Pos Kupang Minggu 15 Februari 2009, halaman 13

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda