POS KUPANG/
ALFRED DAMA

Paramitha Mentari
Kesuma


BAGI Paramitha Mentari Kesuma, berkunjung ke Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bukanlah pertama kali. Sebelumnya, Miss Indonesia Earth-Water 2008 ini juga pernah mengunjungi beberapa daerah di Flores untuk mengampanyekan penyelamatan lingkungan.

Menurutnya, Propinsi NTT memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Contohnya, laut di wilayah ini masih tergolong bersih. "Aku tahun lalu pernah ke Flores, aku sampai menyelam di sana," kata Mentari saat bertatap muka dengan warga Kampung Oepunu, Desa Oelnasi-Kabupaten Kupang, Sabtu (14/3/2009) lalu.

Mentari hadir di kampung tersebut bersama Miss Indonesia Earth 2008, Hedhy Kurnianti dan Miss Indonesia Earth-Fire 2007, Ignatia Sabrina dalam rangka pencangan penanaman pohon cendana dan jati di Kabupaten Kupang yang ditandai dengan penanaman cendana di Kampung Oepunu.

Mentari sangat antusias menceritakan pengalamannya di Flores tersebut, sehingga ia lupa kalau dirinya sedang berdiri di bawah terik matahari di kampung yang berada di jalan menuju bendungan Tilong tersebut.

Dikisahkan lagi, yang membuatnya takjub adalah ikan dari perairan di Flores sangat besar. Jarang ia menemukan ikan sebesar itu di Jawa. Hal inilah yang membuatnya selalu ingat NTT, khususnya Flores. "Ikan di sana besar-besar ya, aku sendiri baru pernah lihat ikan segede itu. Kalu di Jawa ikan tidak segede itu," jelas Mentari dengan wajah serius. Ia pun berkeinginan suatu saat bisa kembali ke Flores.

Baginya, anggapan bahwa NTT tidak memiliki sumber daya alam tidak sepenuhnya benar, sebab kekayaan laut NTT sangat banyak, diantaranya ikan-ikan dalam jumlah besar. Yang perlu dilakukan adalah menjaga kekayaan laut tersebut agar tidak rusak. (alf)


Pos Kupang Minggu, 22 Maret 2009, halaman 16

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda