Minum Teh Sama Dengan Sehat

Foto Ilustrasi/presidenri.go.id
Menikmati the pada
sore hari sangat baik untuk
menjaga tubuh tetap sehat

BAGI masyarakat Indonesia dan di Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya, minum teh merupakan hal yang biasa. Minum teh tidak lain hanya kebiasaan pada pagi hari bersamaan dengan sarapan, atau pada sore hari.

Lebih dari itu, sajian teh biasanya untuk tamu atau pada acara-acara formal dan informal. Kebiasaan ini untuk kalangan tertentu saja, sebab tidak semua orang Indonesia tidak menyukai minum teh, padahal negara kita dikenal sebagai salah satu penghasil teh terbesar di dunia.

Teh juga memiliki banyak manfaat dalam bagi tubuh. Sebenarnya, apa saja manfaat teh untuk tubuh kita?

Mengurangi Risiko Serangan Jantung
Telah dibuktikan oleh para ahli jika teh amat hebat dalam membersihkan darah dan memperlancar proses pengangkutan oksigen di dalam darah. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Belanda ditunjukkan jika seseorang meminum dua hingga tiga cangkir teh tiap hari, maka dia akan memiliki risiko terkena serangan jantung lebih kecil daripada orang yang tidak minum teh sama sekali.

Mencegah Penyakit Kanker dan Diabetes
Kandungan zat polyphenol yang ada di dalam teh dipercaya dapat menghambat terjadinya mutasi sel kanker. Zat tersebut juga menetralisir radikal bebas sehingga daya tahan tubuh kita meningkat. Kadar gula dalam darah juga bisa diturunkan oleh kandungan dalam teh hitam. Teh hitam ini juga meningkatkan kadar insulin sehingga mencegah penyakit diabetes.

Menguatkan Tulang dan Gigi
Ternyata bukan cuma susu yang bisa menguatkan tulang, teh pun bisa mencegah tulang agar tidak cepat rapuh. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang baru-baru ini menunjukkan jika seseorang yang meminum teh dengan rutin selama 10 tahun akan memiliki tulang yang kuat. Thanks to zat phytochemical yang terkandung dalam teh. Tak hanya tulang, tetapi juga gigi kita. Kandungan flouride yang cukup tinggi di dalam teh bisa mencegah timbulnya karang gigi dan membuat gigi kita lebih kuat. Sebaiknya, kita meminum teh tanpa menggunakan gula.

Mengurangi Sakit Gusi
Selain menguatkan tulang dan gigi, teh juga bisa membantu mengurangi sakit gusi. Caranya, kompreskan saja gusi dengan kantong teh yang dibasahi dengan air dingin. Rasakan saja beberapa saat kemudian, pasti rasa sakit di gusi akan berkurang.

Menyegarkan Badan
Kandungan kafein teh yang tidak terlalu tinggi membuat tubuh kita tidak mudah sakit kepala dan tidak susah tidur. Jadi, tubuh kita bisa jadi lebih segar setelah mengonsumsinya.

Awet Muda + Nggak Bikin Gemuk
Antioksidan yang terkandung di dalam teh merupakan sebuah kandungan penting yang bisa melindungi tubuh dari polusi. Dengan begitu, tubuh kita akan terhindar dari penuaan dini. Plus lagi, karena teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh, maka minum teh tidak akan membuat badan kita melar alias menggemuk. Jadi, mulailah membiasakan minum teh. (Kapanlagi.com)


Pos Kupang Minggu 5 April 2009

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda