Rumah Dua Lantai di Tanah Sempit


Konsultasi Rumah Idaman Oleh Andres

KAMI berencana membangun rumah dua lantai di atas tanah seluas 10m x 18m. Ada pun kebutuhan ruang yang dinginkan adalah teras depan, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur keluarga+ km/wc, kamar tidur anak dua, kamar tidur tamu, dapur kotor, dapur bersih, km/wc, garasi serta ruang penunjang lainnya.

Saya juga ingin satu ruang luas sebagai ruang santai. Demikian disampaikan, atas budi baik bapak dan Pos Kupang yang telah menyediakan rubrik ini, saya ucapkan limpah terima kasih.
Fridus, Bajawa-Flores.


BAPAK Fridus yang baik, mengingat kondisi tanah yang tidak terlalu luas seperti itu, pembagian ruang dalam saya tata sesimpel mungkin sehingga semua kebutuhan ruang yang diinginkan dapat terpenuhi.

Kemudian letak bangunan saya rapatkan ke batas tanah sisi kiri dan kanan agar bentuk rumah terlihat lebih proporsional.

Nah, dengan letak bangunan seperti ini, pengaturan ruang dalam saya buat sebagai berikut: dari arah depan, ada teras dengan ukuran 3m x 2m, kemudian ruang tamu dengan ukuran 3,5mx3m. Letak ruang keluarga saya tempatkan di tengah-tengah dengan ukuran 3,5mx10m dengan ukuran ruang yang cukup luas menjadikan ruang ini lebih nyaman.

Ruang tengah ini terasa lebih nyaman lagi dengan adanya teras belakang yang dapat menjadi ruang santai.
Pembagian ruang lainnya, seperti ruang servis, saya tempatkan di sisi kiri bangunan dengan letak garasi di bagian depan, dapur bersih dan dapur kotor, serta gudang di bagian belakang.

Letak tangga untuk menghubungkan lantai dasar dengan lantai atas, saya tempatkan di ruang keluarga diapit oleh ruang tamu dan kamar tidur keluarga. Dengan posisi seperti ini, sirkulasi antara lantai dasar dengan atas lebih leluasa.

Rumah bergaya modern minimalis ini saya rancang sesuai dengan permintaan dan dilengkapi dengan vide yang tepat di atas ruang keluarga agar sirkulasi udara yang bergerak maksimal.

Penempatan ruang pada lantai dua, terdiri dari dua kamar tidur anak, satu kamar tidur tamu, ruang rias tambah km/wc, ruang santai dan balkon.

Konsep pembagian ruang seperti ini cukup tepat dengan ukuran tiap-tiap ruang yang cukup luas, serta bukaan jendela yang cukup menjadikan rumah ini cukup sejuk dan nyaman untuk dihuni. Demikian penjelasan singkat dari saya, agar lebih jelas lihat pada gambar yang terlampir.
Oke, selamat hari Minggu.


Pos Kupang Minggu 19 April 2009, halaman 11

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda