Rumah Sederhana Muda Dikerjakan

Oleh Andres

SALAM sejahtera buat bapak sekeluarga. Nama saya Marten, bekerja sebagai pegawai negeri sipil di Lembata. Saya memiliki sebidang tanah kapling dengan ukuran 10 meter x 23 meter.

Pada bagian depan berbatasan dengan jalan lingkungan selebar 3 meter, dengan kondisi tanah seperti ini maka kebutuhan ruang yang diinginkan adalah teras depan, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, kamar tidur keluarga tambah km/wc, kamar tidur tamu, dua kamar tidur anak, km/wc, garasi serta ruang penunjang lainnya.

Demikian disampaikan, atas budi baik bapak dan Pos Kupang yang telah menyediakan rubrik rumah idaman, saya haturkan limpah terima kasih


BAPAK Marten yang baik, dengan kondisi tanah seperti ini tentunya salah satu sisi rumah kita buat merapat ke batas tanah sisi kiri, sehingga ada taman samping kanan untuk akses masuk ke bagian belakang. Type rumah ini sengaja dibuat sederhana agar lebih mudah dimengerti oleh tukang dan dapat dikerjakan.

Dengan penempatan ruang keluarga dan ruang makan di tengah-tengah membuat kedua ruang ini menjadi sentral bagi ruang-ruang lainnya. Pembagian ruang dalam seperti kamar tidur, dapur dan ruang tamu semua melalui kedua ruang ini. Jadi untuk itu, kedua ruang ini sengaja saya satukan agar terlihat lebih luas.

Penempatan kamar tidur keluarga, saya tempatkan di sisi kiri, tepatnya di belakang ruang tamu, kemudian penempatan kamar tidur tamu di samping kanan sejajar dengan ruang tamu. Untuk kamar tidur keluarga, saya lengkapi dengan ruang rias dan km/wc, sedangkan letak dua kamar tidur anak saya tempatkan di sisi kanan.

Dengan penataan ruang seperti untuk bentuk atap yang cocok adalah dua air di kombinasikan dengan plat beton pada teras depan dan di atas setiap jendela agar terlibat lebih proporsi.
Demikian penjelasan singkat dari saya, agar lebih jelas lihat pada gambar yang terlampir.
Oke....., selamat hari minggu...!!


Pos Kupang Minggu 5 April 2009, halaman 11

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda