Rumah Sederhana, Tapi Menarik


Konsultasi Rumah
Oleh Andres Nggaa Rua

SAYA berencana membangun rumah satu lantai. Ukuran tanah yang saya miliki 15m X 20m. Kontur tanah tersebut rata dan berbatu. Adapun kebutuhan ruang yang diinginkan sebagai berikut: teras depan, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, kamar tidur keluarga tambah kamar mandi/WC, kamar tidur tamu, kamar tidur anak, kamar tidur pembantu, kamar mandi/WC serta ruang penunjang lainnya.

Perlu saya sampaikan, selain kebutuhan ruang yang diminta, saya ingin bentuk rumah tersebut terlihat indah dan letak rumah tersebut dibuat di tengah-tengah sehingga memiliki taman yang cukup.

Demikian disampaikan. Atas budi baik bapak dan Pos Kupang yang telah menyediakan rubrik Rumah Idaman, saya haturkan limpah terima kasih.

Alviani
Kupang, NTT.

IBU Alviani yang baik, bentuk rumah yang saya buat ini terlihat sederhana dan menarik. Komposisi bentuk yang sengaja saya padukan, menjadikan rumah ini nyaman untuk dihuni. Letak ruang tengah yang menyatu dengan taman menjadikan ruang ini favorit bagi keluarga untuk berkumpul. Letak taman yang tepat di tengah-tengah bangunan ini dapat menghilangkan kesan kotor sekaligus mempermudah sirkulasi udara keluar masuk ke setiap sudut ruang. Ukuran setiap ruang yang luas serta bukaan jendela yang cukup menjadikan rumah berkamar tidur empat ini cukup sejuk.

Letak kamar tidur keluarga sengaja saya tempatkan di bagian belakang agar privasinya tetap terjaga. Kamar ini dilengkapi dengan kamar mandi/WC dengan ukuran 2m x 2,5m, agar dapat menggunakan bathtub, serta fasilitas saniter yang lengkap.

Kemudian untuk memberikan kesan nyaman dalam kamar tidur ini, saya lengkapi dengan kolam sekaligus taman sebagai penyejuk. Kemudian letak dapur saya buat di sebelah kiri, sejajar dengan kamar tidur pembantu dan ruang servis lainnya.

Posisi dapur ini sengaja saya biarkan terbuka ke arah ruang makan. Letak ruang lainnya seperti kamar tidur anak dan kamar tidur tamu, saya tempatkan di bagian depan. Kedua kamar tidur ini juga dilengkapi dengan kamar mandi/WC yang berdekatan dengan kedua kamar tersebut.

Dengan penataan ruang seperti ini, tampilan bentuk atap yang saya buat adalah dua air dikombinasikan dengan tiga air di atas teras depan. Bentuk atap seperti ini sangat cocok dengan kondisi bangunan seperti ini. Perpaduan garis vertikal dan horison pada bidang bangunan menjadikan rumah ini terkesan kokoh.

Demikian penjelasan singkat dari saya. Agar lebih jelas, lihat pada gambar yang terlampir.


Pos Kupang Minggu 29 Maret 2009, halaman 11

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda