Rumah dengan Taman

Konsultasi Rumah Idaman Oleh Andres
Foto gambar rumah

SAYA memiliki tanah dengan ukuran 15 x 20 meter. Menurut rencana di tanah itu akan dibangun rumah indah satu lantai. Adapun kebutuhan ruangnya sebagai berikut, teras depan, ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur keluarga, wc dan kamar mandi, kamar tidur anak, kemar tidur tamu, ruang makan, km/wc serta ruang penunjang lainnya.

Selain kebutuhan ruang di atas, saya juga ingin letak rumah dibuat di tengah-tengah tanah sehingga memiliki taman yang cukup. Dan, sebagai bahan pertimbangan letak tanah tersebut berbatasan dengan jalan lingkungan selebar dan sudah dibuat pagar keliling setinggi dua meter dengan letak pintu gerbang di bagian kanan.

Demikian disampaikan atas budi bapak dan Pos Kupang yang telah menyediakan rubrik ini. Saya ucapkan limpah terima kasih.
Rinos-Kupang, NTT.

BAPAK Rinos yang baik. Dengan kondisi tanah yang sudah dibuat pagar seperti ini tentunya akses masuk harus sesuai dengan pintu gerbang yang ada. Jadi, untuk itu penempatan rumah saya buat sedikit ke kanan dengan jarak dari pagar 1,5 meter. Kemudian bagian kiri 4,5 meter, sedangkan bagian depan dan belakang masing-masing 5 meter dan 1,5 meter, khusus untuk bagian samping kiri sengaja saya buat lebih luas karena ada teras samping.

Penempatan ruang dalam seperti lasimnya bagian tengah saya teampatkan ruang makan dan ruang keluarga, penempatan kedua ruang ini sengaja saya biarkan terbuka tanpa dinding pemisah sehingga ruang tengah terlihat lebih luas, walaupun terbuka fungsi kedua ini tidak terganggu karena letak ruang makan saya tempatkan di bagian belakang berdekatan dengan dapur sedangkan letak ruang keluarga di bagian samping kiri dilengkapi dengan teras.

Selain itu, penempatan kamar tidur keluarga merupakan prioritas dalam rumah ini. Jadi, untuk itu letaknya saya buat di bagian belakang dengan begitu privasinya lebih terjaga. Apalagi dengan penempatan pintu masuk dari arah ruang makan menjadikan kamar tidur ini lebih nyaman. Ukuran kamar tidur keluarga ini saya buat lebih luas dari kamar tidur lainnya dengan ukuran 4x3 meter dilengkapi ruang rias dan kamar mandi/wc.

Kemudian ruang lainnya seperti kamar tidur anak saya tempatkan di samping kanan dan letak kamar tidur tamu di bagian depan sejajar dengan ruang tamu.
Demikian penjelasan singkat ini semoga sesuai keinginan bapak. Untuk lebih jelas lihat pada gambar.
Oke selamat hari Minggu.....!!!!!!


Pos Kupang Minggu 3 Mei 2009, halaman 11

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda