7 Fenomena Alam yang Menakjubkan

FOTO tc.pbs.org Ombak terpanjang di dunia yang terjadi dari muuara sungai Amazon hingga ke pedalaman sungai itu di Brasil.

SELAIN keindahan alam, ternyata banyak tempat memiliki keunikan yang luar biasa. Kejadian alam yang unik ini hanya dapat Anda temui di daerah tertentu. Jika Anda kebetulan melancong ke daerah tersebut kenapa tidak Anda siapkan waktu yang tepat, siapa tahu Anda berkesempatan berhadapan langsung dengan hal unik dan dapat menceritakan lebih lanjut kepada dunia

Badai Abadi - Venezuela
"Relámpago del Catatumbo" (Petir Catatumbo) adalah fenomena unik yang terjadi di mulut Sungai Catatumbo di Venezuela. Fenomena ini adalah petir antar awan yang dapat terjadi hampir 160 hari dalam satu tahun.
Setiap hari dapat berlangsung 10 jam, dan setiap jam dapat terjadi 280 kali ledakan petir. Badai yang hampir abadi ini menyebabkan sekitar 1,2 juta kali ledakan petir dalam satu tahun, dan dapat terlihat sampai 400 Km jauhnya, sehingga terkadang digunakan sebagai alat bantu navigasi visual oleh kapal yang berlayar.

Hujan Ikan - Honduras
Hujan ini terjadi biasanya pada sekitar bulan Mei dan Juli, biasanya, saksi mata menggambarkan bahwa ada awan gelap yang diikuti petir, dan kemudian badai dan angin kencang, kemudian hujan deras selama dua atau tiga jam. Begitu hujan berhenti, ratusan ikan akan ditemukan berada di daratan. Ikan ini kemudian dimasak dan dimakan seperti biasa. Semenjak tahun 1998, ada festival yang dinamai "Festival de la Lluvia de Peces" (Festival Hujan Ikan), dilakukan setiap tahun di Kota Yoro, Honduras.

Kambing Pemanjat - Maroko
Fenomena ini tidak akan Anda temukan di daerah lain, kecuali Maroko. Kambing-kambing ini memanjat pohon karena mereka menyukai buah pohon argan yang mirip dengan zaitun. Para peternak kambing mengikuti para kambing ini, bukan karena aneh, tapi karena buah argan mengandung biji yang tidak dapat dicerna oleh kambing, dan dikumpulkan oleh para peternak dari kotoran kambing. Biji ini dapat diproses menjadi minyak argan yang digunakan dalam memasak dan kosmetik.

Hujan Merah Kerala - India
Berwarna merah dan membuat pakaian yang dijemur tampak seperti berdarah darah. Hujan ini terkadang berwarna hijau ataupun kuning bahkan hitam. Warna ini muncul akibat adanya spora ganggang yang terbawa oleh angin pada saat pembentukan hujan.

Ombak Terpanjang di Dunia - Brazil
Dua kali dalam setahun, antara Februari dan Maret, air dari Samudra Atlantik akan menuju sungai Amazon, Brazil, dan membuat ombak terpanjang dalam sejarah. Fenomena yang disebut Pororoca ini terjadi pada saat arus pasang dari Samudra Atlantik bertemu di mulut sungai. Hal ini membuat ombak yang berdiri setinggi 12 kaki dan dapat bertahan sampai setengah jam!
Ombak setinggi itu tentunya sangat terkenal di kalangan para peselancar, dan membawa Picuruta Salazar, seorang peselancar dari Brazil menorehkan rekor dunia dengan berhasil berselancar sejauh 12,5 Km selama 37 menit penuh. Tapi ombak ini berbahaya karena kecenderungannya yang terkadang merusak dan terkadang membawa sebatang pohon penuh yang berhasil dicabut dari tanah oleh kekuatan hempasan.

Matahari Hitam - Denmark
Selama musim panas di Denmark, sekitar setengah jam sebelum matahari terbenam, jutaan ekor serangga yang dinamakan Starling (sturnis Vulgaris) bergabung dan membentuk formasi 'tempur' indah yang dapat Anda saksikan seperti pada gambar. Fenomena formasi tempur ini dapat Anda saksikan di daerah rawa-rawa di Denmark Barat mulai bulan Maret sampai tengah April.

Pelangi Api Idaho - Amerika
Fenomena pelangi pada umumnya berbentuk seperti lingkaran, sedangkan pelangi api ini terbentuk pada saat matahari berada di posisi tinggi, lebih tinggi dari 58 derajat dari garis horizon. Ketika cahaya melewati awan cirrus yang tinggi, terkadang awan ini akan dapat menampilkan proses pemecahan cahaya yang membentuk fenomena yang mirip dengan pelangi. (oddee.com/kpl)

Pos Kupang Minggu 24 Mei 2009, halaman 11

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda