Dokter Valens Yth,

Salam sejahtera. Semoga semua yang di Pos Kupang sehat walafiat. Saya menulis surat ini dari Flores. Nama saya Yos, remaja pria 19 tahun dari keluarga baik-baik. Sebagai pelajar kelas III salah satu SMU. Saat ini saya sudah punya pacar bernama Gea. Gadis ini merupakan cinta pertama saya.

Sebetulnya saya juga belum mau pacaran tapi sering teman- teman mengolok:” Hmm dasar laki-laki banci, sudah kelas III SMU tidak punya pacar”. Karena itu ketika melihat Gea punya respons baik untuk didekati, sayapun mulai pedekate dengan Gea. Sudah tiga bulan ini kami pacaran, tapi saya rasa biasa saja.

Di sekolah kami bertemu, dan kadang-kadang kami jalan-jalan bersama. Hanya saja saya merasa tidak ada bedanya antara pacaran dan tidak pacaran. Kebetulan Gea juga kelas III tapi beda jurusan, jadi tidak satu kelas dengan saya.

Bila ada mata pelajaran yang sama, kami bisa diskusi bersama. Banyak kali saya melihat teman-teman saya tidak masuk sekolah dan mengajak pacarnya pergi. Saya kadang merenung apakah saya yang kurang normal dalam bergaul.

Lalu saya teringat apakah persoalan pada alat kelamin saya ini yang salah. Begini persoalannya dokter. Ketika saya masih di SLTP, saya mencoba meraba buah pelir saya ternyata cuma satu, padahal dalam buku biologi saya baca harusnya ada dua.

Saya belum pernah tanya itu kepada siapapun termasuk pada orangtua. Saya kira orangtua saya juga tidak tahu karena mereka juga cuma berpendidikan SMA. Oleh karena itu saya memberanikan diri untuk menulis dan bertanya kepada pak dokter tentang

1). Mengapa ”biji” saya cuma satu ?

2) Apakah inilah yang menyebabkan saya tidak terlalu tertarik pada wanita

3). Apakah saya bisa jadi impoten atau tidak punya anak kelak bila sudah nikah 4) Apakah saya lebih baik masuk biara saja ? Mohon dokter jawab pertanyaan saya dengan jujur. Akhirnya terima kasih. Salam,……..Yos, Flores.


Saudara Yos yang baik,
Salam damai buat Anda, yang lagi gelisah. Anda nampaknya ragu mengidentifikasi perbuatan yang Anda lakukan sendiri. Apakah berteman dengan Gea bisa disebut pacaran atau bukan. Persoalan itu Anda bisa jawab sendiri bila mengetahui apa arti pacaran.

Pada masa pacaran itu Anda mulai mencoba mengenal dekat dengan teman wanita. Bagaimana Anda memperlakukan wanita agar Anda diterima dalam pergaulan. Bagaimana Anda bersikap dan bersopan santun sehingga Anda disebut sebagai laki-laki tulen (gentleman). Kemudian pacaran cendrung juga diartikan sebagai orang yang sedang jatuh cinta.

Bila kearah itu Anda maksudkan dalam surat Anda, maka perlu Anda simak pantun yang bersyair sebagai berikut: Darimana datangnya lintah dari sawah turun ke kali, dari mana datangnya cinta dari mata turun ke hati”.

Anda perlu lebih jauh mengevaluasi seberapa kuat Gea itu menarik untuk mata Anda. Apakah Anda selalu ingin melihatnya (?) Apakah kalau sudah lihat masih ingin menyentuhnya (?)
Apakah bila tidak ketemu satu atau dua hari sudah membuat Anda rindu untuk melihat senyumnya, mendengar tutur katanya atau mau melihat lenggang lenggoknya(?).

Seberapa besar getar yang berubah dalam dada (deg-degan, dag dig dug) ketika dekat dengan Gea. Bila semua itu terjadi biasa saja, tidak ada perubahan seperti yang Anda katakan dalam surat, maka Gea bukan cocok jadi pacar Anda tapi cukup sebagai salah satu dari teman dekat Anda.

Kenyataan yang Anda alami itu bisa juga terjadi bila keinginan Anda untuk berkonsentrasi dalam belajar lebih tinggi tingkatnya dibanding dengan keinginan untuk berpacaran. Hal ini secara tidak sadar bisa menjadi barrier / penghalang bagi terjadinya perasaan yang mengharu - biru seperti yang biasa menyerang remaja yang sedang jatuh cinta. Kejadian yang sedang Anda alami bukan sesuatu yang tidak normal.

Bahkan Anda perlu bersyukur lantaran belum terbelenggu oleh cinta monyet ( cinta yang tumbuh seiring galaunya remaja). Sebagai remaja harapan bangsa Anda perlu memikirkan masa depan Anda yang lebih jauh penting ketimbang memikirkan urusan cinta monyet yang sebentar datang bergayut lalu sepi setelah hari berganti.

Di depan Anda masih terbentang luas dunia. Anda masih bisa memperoleh lebih banyak lagi ”Gea- Gea” lain, yang mungkin akan lebih kuat menggetarkan dan menyesakkan dada saat memandangnya. Semua itu bisa Anda peroleh bila Anda sudah bisa jadi lelaki dewasa yang telah menggenggam erat masa depan (sudah berhasil dalam studi/kerja).

Baiklah saudara Yos, lebih lanjut saya ingin menjawab pertanyaan – pertanyaan Anda menyangkut soal buah pelir (testis). Pada umumnya dalam kantong testis (scrotum) terdapat dua buah testis, yang sama besarnya. Namun pada banyak kasus, terdapat hanya satu biji testis dalam kantong testis itu. Sebetulnya pada proses hadirnya biji testis di dalam scrotum itu terjadi beberapa saat menjelang bayi laki-laki dilahirkan (masih dalam kandungan ibu).

Sebelumnya kedua biji testis tersebut terbentuk dan berada dalam rongga perut (cavum abdomen) dari si bayi. Mungkin sekali oleh sesuatu sebab proses turunnya testis dari perut ke bawa kantong scrotum itu terganggu sehingga satu saja yang turun. Anda tak perlu kuatir karena banyak laki-laki yang memiliki satu testis tapi mereka bisa berfungsi secara baik layaknya laki-laki yang lengkap ”senjata” nya.

Mereka pun bisa memperoleh keturunan yang banyak. Artinya meski hanya punya satu biji testis tapi bisa mampu memproduksi sperma yang banyak dan hormon testosteron (hormon kejantanan) yang cukup sehingga nilai kelelakian seseorang tidak berkurang. Jadi sekali lagi, Anda tak perlu kuatir.

Walaupun memiliki hanya satu peluru” namun tidak menjadi impoten, bahkan Anda boleh berani ”bertempur” dan punya kemungkinan memperoleh banyak anak. Asal digunakan tepat sasaran. Yang terakhir, soal masuk biara, jangan karena alasan kelainan fisik. Masuk menjadi biarawan seharusnya karena merasa terpanggil. Dan itupun kalau memang sesuai dengan kehendakNYA.

Akhirnya saya merasa sudah jujur menjawab pertanyaan Anda. Semoga bisa membuat Anda lebih kuat mengisi masa remaja Anda.
Salam, dr. Valens Sili Tupen, MKM.


Pos Kupang Minggu 31 Mei 2009, halaman 13

2 komentar:

terimakasih info nya bang

2 Januari 2013 09.02  

terimakasih infonya sangat membantu

2 Januari 2013 09.03  

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda