Rumah di Tanah Bagian Belakang Lebih Besar

SAYA memiliki sebidang tanah kapling dengan ukuran 13 x 30 meter. Menurut rencana, di tanah tersebut akan dibangun rumah satu lantai. Adapun bentuk tanah tersebut pada bagian belakang lebih besar dari bagian depan dan kontur tanahnya rata.

Nah... dengan kondisi tanah seperti di atas, maka kebutuhan ruang yang saya inginkan adalah teras depan, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, km/wc, garasi, kamar tidur keluarga tambah km/wc, kamar tidur tamu, kamar tidur anak, serta ruang penunjang lainnya. Saya juga ingin ukuran kamar tidur keluarga dan ruang keluarga dibuat luas.

Demikian disampaikan, atas budi baik bapak dan Pos Kupang yang telah menyediakan rubrik rumah idaman, saya haturkan limpah terimah kasih.
Sriwahyuni-Kupang-NTT

IBU Sriwahyuni yang baik, berhubung bentuk tanah yang ibu miliki bagian belakang lebih besar dari bagian depan dan tidak siku, maka letak rumah ini saya buat merapat pada sisi kiri sehingga bentuk dan penataan ruang terlihat lebih baik, serta pada bagian kanan memiliki spesies untuk dijadikan tanaman.

Dengan letak rumah yang seperti ini, tampilan exteriornya terlihat lebih proporsi, kemudian untuk mempermudah sirkulasi udara masuk dalam rumah maka bukaan jendela dan pembagian ruangannya saya buat semaksimal mungkin, dengan arti ukuran tiap-tiap jendela dibuat sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, begitu pula dengan ruang- ruang yang ada. Di sini, ruang keluarga saya lengkapi dengan teras samping, begitu pula dengan ruang makan, saya satukan dengan teras belakang sehingga lebih nyaman.

Pembagian ruang lainnya seperti kamar tidur keluarga, saya tempatkan di sisi kiri bagian belakang dilengkapi dengan km/wc yang cukup luas, kamar tidur keluarga ini sengaja saya rancang dengan jendela lipat sehingga sewaktu-waktu dapat dibuka menyatu dengan dengan taman samping.

Kemudian penempatan ruang lainnya seperti kamar tidur tamu saya buat berdekatan dengan dengan ruang tamu, sedangkan kamar tidur anak letaknya di samping kanan berdekatan dengan ruang keluarga. Semua akses masuk ke setiap kamar tidur saya buat melalui ruang keluarga, sehingga mudah dikontrol.

Nah, dengan konsep pembagian ruang seperti ini otomatis ruang keluarga berfungsi ganda karena selain ruang santai, juga berfungsi sebagai ruang penghubung.
Demikian penjelasan singkat dari saya, agar lebih jelas lihat pada gambar.
Oke, selamat hari Minggu.

----------------------------------------------------------------------------------
ANDRES Desain
Jasa Arsitektur
Desain Bangunan, Renovasi & Pengembangan, Pengurusan IMB, Pengawasan, Pelaksanaan, Maket.
Jln. El Tari II-Perumahan POLDA NTT, Blok D No 9
Kupang-NTT
Telp. 0380-821719 HP.08124662445
-----------------------------------------------------------------------------------


Pos Kupang Minggu 24 Mei 2009, halaman 11

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda