Maksimalkan Fungsi Tiap Ruang


Gambar Rumah


KAMI berencana membangun rumah modern minimalis di atas tanah berukuran 15 m x 20 m. Adapun kebutuhan ruang yang diinginkan adalah teras depan, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur keluarga tambah km/wc, kamar tidur anak, kamar tidur tamu, dapur kotor, dapur bersih, ruang makan, km/wc, garasi, serta ruang penunjang lainnya.

Letak tanah tersebut berbatasan dengan jalan lingkungan selebar empat meter. Saya ingin letak rumah tersebut dibangun di tengah-tengah tanah sehingga memiliki taman yang mengelilingi rumah. Selain itu, semua kebutuhan ruang dibuat luas.
Demikian disampaikan, dan atas budi bapak dan Pos Kupang yang telah menyediakan rubrik ini, saya ucapkan terima kasih.
Anton-Kupang, NTT

Bapak Anton yang Baik,
Mengingat kondisi tanah yang tidak terlalu luas seperti ini, maka pembagian ruang dalam saya tata sesimpel mungkin sehingga fungsi ruang dapat berjalan maksimal dan semua kebutuhan ruang yang diinginkan dapat terakomodir.
Rumah bergaya modern minimalis ini saya rancang sesuai dengan permintaan, yaitu memiliki tiga kamar tidur, ruang keluarga, ruang makan dan ruang penunjang. Letak kamar tidur utama sengaja saya tempatkan di bagian belakang agar privasinya lebih terjaga. Kemudian agar memberikan kesan nyaman, kamar tidur ini dilengkapi km/wc dalam dan ruang rias yang berfungsi sebagai ruang penyekat antara km/wc dengan kamar tidur.

Penempatan ruang lainnya seperti ruang keluarga, saya buat di tengah-tengah dengan ukuran 8m x 3,5m, dengan ukuran yang cukup luas seperti menjadikan ruang ini salah satu ruang favorit bagi keluarga. Kemudian letak ruang makan saya buat di bagian belakang berdekatan dengan dapur bersih. Letak dapur bersih ini sangat tepat karena berdekatan dengan dapur kotor.

Konsep pembagian ruang seperti ini cukup tepat, dengan ukuran tiap-tiap ruang yang cukup luas, serta bukaan jendela yang luas cukup menjadikan rumah berkamar tidur tiga ini cukup sejuk. Kemudian letak ruang lainnya seperti kamar tidur anak dan kamar tidur tamu, saya buat di bagian depan sisi kiri dan kanan. Kedua kamar tidur ini juga dilengkapi dengan km/wc yang berada di dekat garasi.

Demikian penjelasan singkat dari saya. Agar lebih jelas lihat pada gambar yang terlampir.
Oke.....selamat Hari Minggu......!


ANDRES Desain Jasa Arsitektur
Desain Bangunan, Renovasi & Pengembangan, Pengurusan IMB, Pengawasan, Pelaksanaan, Maket.
Jln. El Tari II-Perumahan POLDA NTT, Blok D No. 9
Kupang-NTT
Telp. 0380-821719 HP.08124662445



Pos Kupang Minggu 9 Agustus 2009, halaman 11

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda