Menambah Ruang pada Luas Tanah Terbatas


Gambar rumah


SAYA ingin merehab rumah BTN. Ukuran tanahnya 9m x 12m persegi. Rumah Tipe 27. Adapun ruang-ruang pada rumah lama terdiri dari satu kamar tidur, ruang tamu dan km/wc. Saya ingin menambahkan beberapa ruang lagi, yakni satu kamar tidur keluarga dilengkapi km/wc dalam kamar tidur tamu, km/wc dalam kamar tidur pembantu, dapur dan ruang keluarga tambah ruang makan.


Saya ingin ruang tengah terlihat luas. Dengan penambahan ruang yang cukup banyak seperti ini, otomatis bentuk rumah ini menjadi dua lantai. Saya minta agar rumah tersebut didesain indah dan nyaman untuk dihuni.

Demikian disampaikan, atas budi baik bapak dan Pos Kupang yang telah menyediakan rubrik Rumah Idaman, saya haturkan limpah terima kasih.
Vinlesius-Perum BTN-Kupang

Bapak Vinlesius Yth.
Tampilan eksterior rumah menunjukkan karakter pemilik. Nah, desain rumah harus berawal dari kebutuhan ruang yang baik, serta tampilan yang menarik. Jadi untuk itu, cukup beralasan kalau bapak ingin merehap rumah tersebut.

Dan, setelah saya melihat penataan ruang pada rumah lama dan membandingkan dengan kebutuhan ruang yang akan ditambah, maka ada beberapa ruang yang saya rombak, dimana km/wc yang semula berada di dekat ruang tamu, saya pindahkan ke bagian belakang berdekatan dengan kamar tidur pembantu.

Kemudian, letak kamar tidur keluarga saya tempatkan di sisi kanan bagian belakang dilengkapi km/wc. Letak kamar tidur tamu, saya buat di lantai dua dilengkapi dengan balkon dan km/wc dalam.

Nuansa alam sangat terasa ketika penghuni rumah berada di ruang keluarga. Taman kecil didesain di dalam ruang tersebut sebagai alternatif agar rumah mendapatkan penghawaan yang alami. Kemudian ukuran ruang pun dibuat semaksimal mungkin, tidak ada ruang yang terbuang, pemanfaatan ruang kosong di bawah tangga menjadi meja dapur, menjadikan dapur terkesan lebih simpel. Konsep pembagian ruang seperti ini cocok karena ukuran tanahnya terbatas.

Dengan pembagian ruang seperti ini maka tampilan rumah, saya desain minimalis dengan memadukan komposisi bentuk serta pembagian warna pada dinding tembok menjadikan rumah ini terkesan lembut dan dinamis.

Demikian penjelasan singkat dari saya, agar lebih jelas lihat pada gambar terlampir.
Oke....selamat hari Minggu.
---------------------------------------------------------------------------------------------
ANDRES Desain Jasa Arsitektur Desain Bangunan, Renovasi & Pengembangan, Pengurusan IMB, Pengawasan, Pelaksanaan, Maket. Jln. El Tari II-Perumahan POLDA NTT, Blok D No. 9 Kupang-NTT Telp. 0380-821719 HP.08124662445
--------------------------------------------------------------------------------------------

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda