Kami Cewek Bertiga Naksir Satu Cowok

Dokter Valens Yth,
SALAM dalam Damai Sejahtera. Saya Cindy, gadis 23 tahun yang sudah menyelesaikan pendidikan diploma dan kini kerja di suatu perusahan swasta yang bonafit. Banyak karyawan dan karyawatinya. Kebetulan saya bekerja di bagian pembukuan bersama dua rekan lainnya yang juga termasuk gadis-gadis manis, Ratna dan Sari. Setelah sekian lama bekerja, kami jadi sangat kompak dan bersahabat. Kami biasanya saling berbagi cerita tentang cinta-cinta monyet yang pernah kami alami.

Kami bertiga belum memiliki pacar yang pasti, jadi semua rasanya enjoy bersama. Makan bersama, belanja bersama, pokoknya kompak banget gitu. Sampai pada suatu ketika perusahaan kami mendapat seorang pelanggan bernama Roy. Pemuda yang memiliki darah campuran Ambon dan Manado ini, bekerja pada suatu perusahaan lain yang banyak berkaitan dengan perusahaan kami sehingga kami jadi sering berurusan bersamanya.

Lama kelamaan kami jadi sering menunggu kehadirannya, karena pemuda ini ganteng, periang dan berwibawa. Roy pernah traktir kami bertiga makan malam di sebuah restoran dekat pantai sehingga nampaknya sangat romantis. Persoalannya adalah kami bertiga sepertinya sama-sama naksir si Roy ini. Hanya saja Roy tidak pernah mendekati seorang secara khusus, justru dia memberi perhatian pada kami bertiga sepertinya sama.

Sepertinya apa yang Roy lakukan pada aku atau pada kedua temanku yang lain, kami tahu bersama. Pada hal, dalam hati, saya sangat mengidamkan cowok seperti Roy itu. Dokter, beberapa hal yang ingin saya tanyakan

1) Kalau ternyata teman saya Ratna atau Sari juga punya perasaan yang sama apakah saya boleh berusaha mendapatkan Roy atau membiarkan kedua temanku yang mendekatinya?

2) Kalaupun Roy bukan memilih saya tapi memilih satu di antara temanku itu saya tidak cemburu, hanya saja Roy belum memilih, apakah saya boleh mendekatinya secara sendirian ?

3). Saya juga kuatir kalau salah satu diantara kami yang mendapatkan Roy, maka kami tidak akan kompak lagi, apakah sebaiknya kami bertiga jangan berusaha memiliki Roy supaya kami tetap kompak? Mohon dokter bisa beri saya jalan keluar dari keruwetan ini. Jawaban dokter saya selalu tunggu di Pos Kupang Minggu. Akhirnya salam hormat dan terima kasih.
Salam, Cindy, Kupang



Saudari Cindy yang baik,
Salam sejahtera juga buat Anda bersama kedua teman Anda yang bernama Ratna dan Sari. Betapa senangnya bila mempunyai sahabat-sahabat yang sangat kompak, sehingga bisa membikin hidup lebih hidup dan bukan basa-basi, karena gak ada loe gak rame.

Hari-hari terasa hangat dan menyenangkan. Kesusahan dibagi-bagi menjadi lebih sedikit dan lebih ringan sementara kegembiraan dibagi-bagi sehingga menjadi lebih banyak dan lebih meriah.

Tetapi soal cinta, dia memiliki warna dan ruang tersendiri. Bila cinta Anda dibagi-bagi ke banyak pria maka Anda bisa disebut "play girl ". Kalau berusaha mencintai kekasih dari teman sendiri namanya, perampokan ?

Selingkuh ? Pengkhianatan?

Apapun sebutannya tetap punya arti yang tidak baik. Anda nampaknya terdampar pada "karang cinta" yang dilematis dan membingungkan. Menjaga kekompakan bersama Ratna dan Sari atau berusaha mendapatkan cinta dari si ganteng Roy dengan risiko kehilangan teman sebaik Ratna dan Sari.

Dari kegalauan yang Anda alami sebetulnya hati kecil Anda dan "komputer" di dalam otak dan pikiran Anda berputar keras untuk mendapatkan cara bagaimana dapat memiliki Roy tanpa harus mengganggu kekompakan Anda bersama Ratna dan Sari.

Saran saya, sebelum Anda memilih alternatif langkah mana yang akan Anda ambil, perlu Anda secara tidak langsung mencari tahu apakah Roy mempunyai perhatian khusus pada Anda atau salah satu dari kalian bertiga.

Apakah Roy belum punya pacar. Bila akhirnya Anda harus memilih untuk melakukan pendekatan khusus pada Roy maka diperlukan "extra effort", bekerja keras secara ekstra untuk itu. John Gray, Ph. D, California AS, dalam bukunya Men Are From Mars , Women Are From Venus, mengatakan bahwa Kaum pria jadi termotivasi dan bersemangat kala mereka merasa dibutuhkan, sedangkan kaum wanita jadi termotivasi dan bersemangat kala mereka merasa dicintai.

Bahkan Gray menguraikan lebih jauh tentang sifat Pria (Mars) dan Wanita (Venus) kedalam enam seksi sebagai berikut:

a) Wanita membutuhkan perhatian, Pria membutuhkan Kepercayaan

b). Wanita membutuhkan pengertian, Pria membutuhkan penerimaan.

c). Wanita membutuhkan rasa hormat, sedangkan Pria membutuhkan penghargaan.

d). Wanita membutuhkan Kesetiaan, Pria membutuhkan Kekaguman.

e). Wanita membutuhkan penegasan, Pria membutuhkan Persetujuan.

f) . Wanita membutuhkan Jaminan, Pria membutuhkan Dorongan.

Setelah Anda tertarik secara fisik karena daya tarik kegantengan Roy, Anda perlu menjangkau lebih jauh dari itu dengan memperhatikan keenam faktor di atas.

Bila memang dialah yang Anda cari, maka cobalah Anda memberanikan diri menyampaikan perasaan Anda ini pertama kepada kedua teman Anda, untuk memperoleh pengertian baik dari mereka. Bila ada dukungan maka Anda sudah bisa lulus dari satu hal, yaitu kekompakan kalian tidak banyak luntur.

Harapan selanjutnya adalah semoga Roypun membalas cinta Anda. Namun bila ternyata Roy naksir salah satu diantara Ratna atau Sari, maka Andapun harus mampu merelakan seperti toleransi mereka terhadap Anda. Toh, Anda sudah mengatakan bahwa Anda tidak akan cemburu.

Begitu pula bila ternyata saatnya Roy mengatakan bahwa kalian bertiga adalah sebatas teman baiknya, dan tidak dipikirnya untuk dijadikan kekasih maka, jangan juga ada kedengkian yang tumbuh dalam hati.

Hidup harus tetap mengalir, ada cowok yang bisa dijadikan suami, namun juga ada cowok yang cukup dijadikan teman baik, keduanya termasuk sah dan halal. Demikian jawaban saya semoga tidak mengurangi kebahagiaan Anda.
Salam, Dr. ValensSili Tupen, MKM.


Pos Kupang Minggu 15 November 2009, halaman 13

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda