Dokter Valens Yth,
Salam kenal dan sejahtera selalu untuk semua kita. Perkenankan saya pertama-tama mengucapkan terima kasih karena Pos Kupang mau memuat surat saya ini.

Nama saya Melati, 23 tahun, sudah tidak sekolah lagi. Kerja bantu orangtua buka katering. Banyak pelanggan kami dari tempat-tempat pelatihan yang pesertanya banyak datang dari berbagai daerah.


Dari sebuah tempat latihan, saya berkenalan dengan seorang pemuda bernama Zem. Dia pegawai negri, masih staf biasa, namun punya potensi sehingga sering ditugaskan datang ke Kota Kupang ini. Saya berasal dari keluarga Jawa, sedangkan Zem, campuran Flores dan Kalimantan. Perkenalan dan berlanjut dengan pacaran yang sekarang kami sudah jalani 6 bulan.

Zem ternyata adalah pemuda yang baik. Selain suratnya yang rutin dikirimkannya pada saya, dia juga mulai sering ke Kupang. Mungkin kariernya di kantor juga semakin bagus. Saya memang tidak banyak pengalaman soal cinta.

Namun kata orang cinta yang berjalan terlalu mulus, biasanya kandas. Saya menjadi ragu, cerita cinta antara saya dengan Zem terlalu mulus tidak ada hambatan.


Cuma saja tingkat pendidikan kami cukup berbeda. Dia sarjana Ilmu Pemerintahan (S.Ip) dan saya cuma tamat SMA. Saya kuatir ini hanya satu permulaan yang baik saja.

Selanjutnya mungkin akan menjadi sangat lain. Tapi dokter, apa yang harus saya buat, apakah saya menerima saja cinta ini tanpa memikirkan resikonya.

Selain itu juga di kantor nampaknya Zem sangat dipercaya sehingga dia bisa sering datang di Kupang. Berarti makni hari Zem makin tinggi pangkatnya sedangkan saya tetap seperti ini, berarti perbedaan tambah jauh lagi.

Belum lagi perbedaan pekerjaan, seperti sekarang ini. Itu semua yang membuat saya jadi ragu dan ragu. Dokter bantu saya dulu, barangkali karena saya belum berpengalaman. Atas bantuan dan jawaban dokter saya ucapkan terima kasih.
Salam, Melati - Oepoi – Kupang

Saudari Melati yang baik,
Pertama-tama saya mengucapkan selamat bertemu dan terimakasih atas suratnya yang begitu simpatik. Selamat juga atas cintanya yang sedang bersemi.

Sebetulnya perasaan galau yang sedang Anda alami merupakan sindroma normal pada orang yang sedang jatuh cinta. Hanya saja sindroma yang melanda Anda saat ini terlalu condong kepada suasana hati yang terlalu pesimis.


Anda terlalu ragu, terlalu hati-hati dan kurang percaya diri.

Memang baik berlaku hati-hati dalam bercinta, namun suasana pesimistik perlu segera diubah. Ingatlah bahwa Zem yang Anda cintai itu, saat ini juga sedang mencintai Anda. Persoalan yang pertama Anda pikirkan adalah bahwa Zem itu tinggal di tempat lain yang jauh dari pengamatan langsung Anda.

Artinya Anda hanya bisa mengamati Zem saat dia berada di kupang dan Zem mengenal Anda juga saat dia punya waktu ke Kupang. Ini sangat riskan.

Yang saya maksudkan riskan adalah bahwa kumpulan memori Anda atau kenangan bersama Zem masih terlalu sedikit untuk mengakar agar cinta Anda bisa tumbuh kokoh dan kuat.. Hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat sejarah cinta. Ciptakan suasana, kejadian atau kisah yang dapat memberi inspirasi kuat untuk saling mengingat satu sama lain.

Caranya kalau Zem datang lagi, jangan ragu jalan-jalan, jangan ragu menciptakan suasana romantis berduaan, misalnya ke pantai bersama. Bawakan makanan yang paling enak dari usaha katering Anda, makan berdua di Pantai Lasiana.

Tapi jangan terlalu banyak membebani kantong”nya, Jangan buat dia terlalu banyak keluarkan uangnya. Semua itu adalah investasi pada memori dalam bank ingatan kalian berdua, yang selanjutnya diartikan oleh pikiran sebagai kenangan.

Selanjutnya, soal hati. Hati adalah takta dari semua suasana, baik - buruk, susah – senang, pedih dan bahagia. Kegiatan fisik kita sangat dipengaruhi oleh suasana hati ini. Secara logika Anda mengartikan bahwa kalian berdua sedang jatuh cinta.

Senyum Zem atau kehadirannya secara fisik sangat menggoda. Begitupun sebaliknya. Kalian nampak bisa bahagia, hanya saja pikiran mengotorinya sedikit dengan berdalih, kalian terlalu jauh berbeda soal pendidikan.

Dari cerita Anda nampak sekali suara hati Anda memberi sinyal bahwa Anda bahagia, Anda rindu, Anda damai disamping Zem. Ini namanya galau dalam hati orang yang sedang jatuh cinta. Dan itu normal serta sah-sah saja.

Mengapa Anda nampak ragu (?) Hal itu karena Anda menilainya dengan pikiran dan bukan memakai hati. Suara hati tidak pernah membisikan yang salah. Suara hati itu selalu benar, lurus dan bersih, dengarkan dia. Soal pendidikan, itu tidak terlalu menjadi ukuran utama. Yang paling penting adalah wawasan seseorang. Saat ini ilmu dan pengetahuan tidak hanya diperoleh dibangku sekolah formal.

Anda bisa belajar dari sumber mana saja. Surat kabar, majalah, televisi, buku-buku, terlalu mudah untuk diperoleh. Andalannya hanya satu, kemauan untuk maju. Orang selalu bilang bahwa dalam urusan hati dan cinta, kesamaan pandangan dan kesamaan persepsi sangat berperan.

Atau kawula muda mengistilahkan bahwa dalam komunikasi, omongnya nyambung”. Banyak orang besar, orang terkenal bahkan tokoh-tokoh masyarakat, yang tidak memiliki latar belakang pendidikan formal yang memadai, tapi wawasannya luas karena mereka bisa belajar secara mandiri.

Jadi jalan keluar yang paling pas untuk Anda saat ini supaya tidak terlalu pesismis menghadapi Zem, adalah belajar tentang berbagai hal demi memperluas wawasan.

Zem akan terkagum-kagum dan tambah mencintai Anda manakala setiap kali dia datang ke Kupang Anda selalu memiliki penambahan nilai. Selanjutnya, Anda berdua banyak terhalang oleh jarak, maka modal berikut untuk melanggengkan cinta Anda berdua adalah saling percaya.

Anda percaya bahwa Zem mencintai Anda dan Zem-pun percaya Anda mencintainya. Sepanjang kalian berdua bisa memelihara kepercayaan ini secara baik, jangan kuatir, karena Zem akan tetap mencintai Anda. Kecurigaan yang berlebihan akan menghancurkan sendiri perjalanan cinta kalian. Saling pengertian akan mengalahkan kecuriagaan.

Saling percaya akan mengalahkan rasa cemburu yang membakar. Dengan demikian cinta kalian bisa bergaransi bahagia. Demikian penjelasan saya, semoga Anda semakin berani untuk jatuh cinta.
Salam, Dr. Valens Sili Tupen, MKM

Pos Kupang Minggu, 7 Maret 2010, halaman 13

1 komentar:

JANGAN MENYERAH
Mari Membeli Masa Depan


Banyak sekali diantara kita semua yang terjebak dalam lubang pengangguran.
Menyedihkan memang ketika kita berulang kali keluar masuk dari satu perusahaan keperusahaan lain namun hasilnya tepap sama,DITOLAK!!!.
Mungkin juga diantara kita berfikir kenapa untuk menempuh jenjang pendidikan yang tinggi membutuhkan biaya yang tidak sedikit,bahkan cenderung makin menjerat.
Sedangkan untuk memperolah pekerjaan yang layak baik di instansi pemerintah maupun perusahaan swasta selalu disyaratkan: MINIMAL D3 atau S1.
Salah siapa?!
Apakah anda ingin berubah?
Atau ingin selalu dijajah?


ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MELAMAR KERJA/MELANJUTKAN KULIAH/KENAIKAN JABATAN?!?!

-SMU:3.000.000
-D3:6.000.000
-S1:8.000.000

* AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DIKOPERTIS, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE:arief_gagah@yahoo.com

BERMINAT?

HUB: 085736927001.

(HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.


TERIMAKASIH

10 April 2010 14.48  

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda