PEMUDA GANTENG TAPI LOYO

Dokter Valens Yth,

Selamat bertemu. Setelah lama berpikir, saya akhirnya memutuskan untuk menulis saja surat ini kepada pak Dokter di Pos Kupang. Persoalan yang saya alami, sudah membuat saya gelisah sudah hampir satu bulan lebih.

Begini ceritanya. Saya, pemuda sudah berumur 28 tahun, pendidikan Diploma III, sudah bekerja pada suatu perusahaan swasta di bagian administrasi. Saya akui kalau saya termasuk orang yang kurang banyak bergaul dengan orang.

Ini juga saya sadari mungkin karena pengaruh masa kecil saya. Saya sampai sekarang belum punya pacar tetap, dan terus terang saya belum pernah melakukan hubungan seks dengan perempuan.

Hanya saja saya sering melakukan onani. Kalau dulu saya melakukan Onani biasanya alat vital (penis) saya biasanya cukup tegang. Tetapi selama satu bulan lebih ini, saat onani kondisinya malahan tidak terlalu tegang, bahkan menurut saya, malahan semakin loyo.

Saya jadi kuatir apakah ini akan semakin memburuk. Kalau saya bertemu dengan orang-orang, mereka biasanya tidak percaya kalau saya bilang saya belum punya istri.

Menurut mereka saya itu ganteng kenapa tidak ada gadis yang mau. Saya biasanya tidak jawab karena dalam hati saya menyadari bahwa saya memang kurang bergaul dengan cewek.

Dokter, saya ingin agar ketegangan alat vital saya ini bisa kembali normal, bagaimana caranya?

Saya merasa kuatir sekali kenapa bisa begini jadinya. Satu hal lagi saya juga sudah coba minum minuman penguat yang diiklankan di TV sebagai tapi kok tidak bisa membantu ketegangan ke arah yang saya inginkan.

Bisakah dokter membantu saya menjelaskan mengapa ini bisa terjadi dan langkah apa yang harus saya tempuh untuk mengembalikan keadaan saya ini. Mudah-mudahan masalah saya ini tidak terlalu naïf untuk ditulis di Pos Kupang. Akhirnya atas penjelasan dokter saya ucapkan banyak terima kasih.
Salam, Oskar Hary - Flores


Saudara Oskar yang baik,
Selamat bertemu juga buat Anda. Menyimak surat Anda, nampaknya Anda sedang mengalami kecemasan yang dalam, yang dapat menggiring Anda kepada kehampaan makna dalam hidup.

Konsep psikoanalisis tentang kecemasan, seperti yang ditulis oleh Gerald Corey, dalam bukunya Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy, menyebutkan bahwa kecemasan itu sebagian besar merupakan hasil dari menumpuknya konflik-konflik yang tak disadari dan bertimbunnya pertahanan-pertahanan ego yang dikembangkan untuk membantu individu dalam mengatasi kecemasannya.

Psikolog Viktor Frankl, mengembangkan Logoterapi untuk membantu manusia dalam menemukan makna dalam hidupnya. Viktor mengemukakan bahwa pencarian makna dalam hidup adalah salah satu ciri manusia.

Oleh karena itu, keinginan kepada makna hidup adalah perjuangan utama manusia. Kecemasan tidak harus diartikan sebagai suatu yang patologis. Kecemasan adalah suatu karakteristik dasar manusia dan kecemasan bisa menjadi suatu tenaga motivasi yang kuat untuk kemajuan.

Kecemasan adalah akibat dari kesadaran atas tanggung jawab untuk memilih. Sebagai sumber motivasi untuk kemajuan, maka kecemasan adalah reaksi terhadap ancaman. Kecemasan menyerang inti keberadaan, sebagai apa yang dirasakan ketika inti keberadaan diri terancam.

Kecemasan memberitahu Anda bahwa tidak semua hal berjalan baik. Jika Anda bisa menangkap pesan-pesan yang terkandung dalam kecemasan, maka Anda akan berani mengambil langkah – langkah yang diperlukan guna mengubah arah hidup Anda. Nah, Anda sudah harus memahami bahwa kecemasan itu ada nilai positifnya.


Kecemasan baru bernilai bila Anda mau berubah. Perubahan – perubahan yang saya maksudkan diantaranya adalah

1) Anda sudah berumur 28 tahun dan belum punya pacar, berarti Anda harus berubah untuk segera punya pacar.

2) Anda sering melakukan onani, untuk itu selanjutnya harus di hilangkan kebiasaan itu.

3) Anda sulit bergaul (kuper) dengan cewek, mulai sekarang harus berani banting stir dan carilah teman-teman cewek.

Dalam soal hubungan seks, untuk saat ini Anda harus hati- hati, pertama karena Anda sedang dalam keadaan cemas terhadap ketegangan alat vital Anda.

Jadi jangan Anda langsung mempraktekan pada pacar, karena Anda bisa-bisa mundur ke arah frustrasi yang lebih dalam, terutama kalau alat vital Anda akhirnya tidak berhasil berdiri”.

Anda bisa mengalami impotensi karena faktor psikogenik. (loyo karena beban pikiran).

Kedua, Sebagai terapi awal Anda bisa mencari pacar yang benar-benar Anda naksir”, selanjutnya dalam pacaran, kegiatan seksual hanya sebatas petting (kegiatan pacaran sebatas cumbu rayu dan tidak sampai hubungan kelamin).

Petting yang saya maksudkan akan sangat berarti untuk membantu mengalihkan perhatian Anda dari kegiatan onani yang sering dilakukan, dan sekaligus untuk mengevaluasi kekuatan ketegangan yang sedang menggelisahkan Anda.

Apabila dalam suasana seperti itu ”perkakas” Anda belum mampu mendongak”, berarti masa lalu Anda masih kuat menghantui.

Anda belum terbebas dari kungkungan kecemasan. Anda perlu berusaha melatih diri lebih kuat dan berulang kali. Anjuran saya selanjutnya adalah Anda perlu melakuakan kegiatan olah raga, boleh ringan asal teratur.

Hal ini dimaksudkan untuk melatih kontraksi pada otot- otot anda, sekaligus untuk mengurangi tension” pada pikiran Anda.

Jangan merokok dan jangan mengkonsumsi minuman beralkohol. Penggunaan obat-obat, sebaiknya setelah Anda melakukan konsultasi dengan dokter terdekat. Demikian jawaban saya pada kesempatan ini.

Semoga Anda sukses, yakni berhasil menenangkan pikiran, menyenangkan perasaan Anda dan mampu mengencangkan alat vital Anda. Sampai bertemu lagi di Pos Kupang minggu selanjutnya.
Salam, dr. Valens Sili Tupen, MKM.


Pos Kupang Minggu 14 Maret 2010, halaman 13

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda