JADWAL KAPAL PELNI 2022

untuk medapatkan update terbaru mengenai jadwal kapal pelni, anda bisa mengunjungi situs resmi atau web resmi lari PT PELNI(Pelayaran Nasional Indonesia).

Disana anda akan mendapatkan secara detail tentang jadwal keberangkatan atau jadwal kedatangan seluruh kepal PElni, beserta Harga Tiketnya secara lengkap dan uptodate.

Anda juga diberikan secara jelas mana saja tiket yang masih tersedia, di kelas ekonomi atau VIP.

Saya pertama kali melakukan perjalanan laut pada tahun 1988. Dari Medan ke Jakarta. Kalau saya tidak salah nama kapalnya KELUD.

Waktu itu kondisi kapalnya masih sangat bagus. Dan harga tiket kapal jauh lebih murah daripada tiket pesawat. Saya sangat menikmati perjalan 3 hari 2 malam dikapal. Sebelum menikah, saya beberapa kali naik kapal apabila mudik. Memang terkadang bosan juga karena pemandangannya hanya laut. Tapi lebih hemat ongkos. Walaupun sebenarnya mampu beli tiket pesawat, tapi saya senang aja naik kapal.

Dulu ada 4 kelas untuk penumpang.
Kelas 1 berisi 2 penumpang per kamar dengan kamar mandi di dalam.
Kelas 2 berisi 4 penumpang per kamar dengan kamar mandi di dalam.
Kelas 3 berisi 6 penumpang per kamar.
Kelas 4 berisi 8 penumpang per kamar.
Kelas Ekonomi berupa bangsal besar bukan kamar lagi.
Kelas 3 sampai ekonomi kamar mandinya diluar bisa dipakai bersama.

Apabila perjalanan agak lama memang terasa membosankan. Pemandangan yang indah pada saat matahari terbit dan terbenam. Akan lebih menyenangkan apabila ada teman seperjalanan. Saya pernah secara tidak sengaja bertemu teman-teman SMA ketika mudik. Karena memang pas waktu liburan kuliah waktu itu. Jadi lamanya waktu tempuh tidak begitu terasa karena dihabiskan dengan berkumpul bersama teman.

Dalam kapal juga ada hiburan. Setiap malam ruang makan kelas 1 berubah menjadi tempat hiburan yang menampilkan live music.
Penumpang juga boleh ikut bernyanyi diiringi band yang memang khusus disediakan oleh kapal.
Bahkan juga ada semacam mini bioskop di dek bawah.

Musholla di kapal juga cukup nyaman. Hanya saja kapasitasnya tidak terlalu besar dan berada di dek paling atas. Biasanya setelah sholat subuh ada kultum yang dibawakan oleh petugas kapal atau penumpang yang bersedia.

Terakhir saya naik kapal tahun 2017 dengan membawa keluarga. Pas bulan Ramadhan, jadi bisa merasakan sahur di kapal. Saya sengaja melakukan perjalanan laut karena mencari ongkos yang lebih murah dan sekalian ingin memberikan pengalaman perjalanan lewat laut kepada anak-anak. Tapi karena kondisi kapal sudah cukup tua, dan tentu saja sudah banyak kekurangan yang membuat kurang nyaman. Terutama bagian kamar mandi. Membuat anak-anak saya tidak suka naik kapal.


Saya beberapa kali naik kapal ferry untuk menyeberang, dari Surabaya ke Madura pp menempuh waktu sekitar 30 sampai 45 menit, yaitu sebelum jembatan Suramadu di buat.

Juga dari Gilimanuk ke Ketapang pp, waktu nyberang tidak lama, dari Jakarta ke Lampung pp juga tidak lama, dari Labuan Lombok ke pulau Sumbawa pp juga tidak lama.

Perjalanan naik kapal ferry dengan waktu 30 sampai dengan 45 menit tersebut tidak membuat kita bosan.

Penyeberangan dari Lembar (Lombok) ke Padang Bai (Bali) atau sebaliknya sebenarnya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam sampai dengan 3 jam, tapi penumpang kadang-kadang harus tunggu lagi sekitar 1 jam sampai 1,5 jam di tengah laut (agak tengah dari pantai) disebabkan di pelabuhan masih ada kapal ferry yang sedang turunkan penumpang atau sedang naikkan penumpang, baru bisa turun dari kapal ferry, di sini penumpang digoyang-goyangkan oleh ombak pantai yang membuat saya pusing.

Hingga saat ini saya tidak mengerti mengapa penyebangan Lembar - Padang Bai harus sampai 4 jam atau lebih, padahal bisa ditempuh kurang dari 3 jam?

0 Komentar untuk "JADWAL KAPAL PELNI 2022"

Back To Top