ANALISIS SEGMENTING TARGETING DAN POSITIONING UNTUK MERUMUSKAN STRATEGI PEMASARAN REGIONAL PADA UMKM CHRISTINE HAKIM DI PADANG
Marta Widian Sari Universitas Putra Indonesia YPTK Padang,Indonesia Email : martawidiansari@upiyptk.ac.id
ABSTRACT
This study aimed to find out and analyze the analysis of the Segmenting, Targeting, and Positioning to formulate the Regional marketing strategy on UKM Christine Hakim a study On UKM Christine Hakim on JL. Nipah, no. 38, Padang Barat, Padang of West Sumatra. This research aims to find out how market opportunity, market segmentation, target market, product Positioning and strategy of marketing mix 4 p's product, price, promotion and distribution of products in formulating an Asean Regional marketing strategy On UKM in the Christine Hakim. With the collection of data using interviews and primary data. Research results are obtained, (1) UKM product Markets opportunities Christine Hakim in Asean Regional Market potential fairly, (2) market segmentation based on Demographic segmentation, (3) the Target market the overall income level, (4) positioning products "if not stop by the UKM Charistine Judge means has not been to Padang", (5) product strategy of adaptation and expansion of the communication, (6) pricing strategy Penertation Princing, (7) promotion strategy the strategy of expanding Communication (8) the distribution strategy through intermediaries and Partners in Asean countries and cooperation by establishing an Export Organization. Finally the author suggests UKM Christine Hakim in the Asean Regional market entry, and to enter the Asean Regional markets by implementing a marketing strategy (STP) strategies and marketing mix. Keywords: Segmenting, Targeting, Positioning, and Regional marketing strategies
1. Pendahuluan
Pada saat ini, persaingan di dunia usaha semakin ketat dan kompleks. Banyak perusahaan berkonsentrasi untuk mendapatkan posisi terbaik dipasar daripada hanya sekadar bertahan hidup. Oleh karena itu, perusahaan tidak hanya berusaha mendapatkan konsumen yang baru tetapi juga berusaha keras untuk mempertahankan pelanggan yang telah mereka dapatkan. Di lihat dari volume penjualan kripik balado sebagai corak makan khas Sumatra Barat dan Bukittinggi ini menngalami peningkatan setiap tahunnya sejak berdiri UMKM Christine Hakim.
Data skunder
Dengan mengumpulkan data melalui studi literatur dan dengan laporan dari instansi terkait. Metode Analisis Data Mendeskripsikan Segmentasi, Targeting dan Positioningdan Strategi bauran Pemasaran 4P 4. Hasil dan Pembahasan Hasil Analisis SWOT Beberapa faktor eksternal yang dipertimbangkan, baik itu peluang maupun ancaman, total nilai yang dihasilkan akan berkisar dari 1,0 untuk yang sangat rendah dan sampai 4,0 untuk yang sangat tertinggi , dan sekitar rata-rata 2,8 yang dipersamakan dengan 3.0 dengan demikian perusahaan dengan keadaan yang ada mampu memamfaatkan peluang secara optimal serta mampu meminimalisir ancaman yang hanya sebesar 1.5 dengan menggunakan kekuatan internal perusahaan, dengan kata lain posisi UKM Christine Hakim dipadang mampu dalam menghadapi dinamika lingkungan eksternal. Jadi dari ke empat kuadran tersebut, kuadran yang paling menguntungkan bagi UKM Christine Hakim dipadang adalah Kuadran I yaitu, memamfaatkan kekuatan untuk mendapatkan peluang. Maka pilihan strategi iyalah strategi pertumbuhan. Strategi masuk Pasar Regional Asean Joint Venture Melalui strategi Joint Venture UKM Christine Hakim melakukan perjanjian Kemitraan (partnership) di Malaysia, Singapure, dan Brunai Darussalam untuk mendirikan usaha lokal, yang keduanya berbagi kepemilikan dan pengendalian. Keuntungan dari strategi ini adalah adanya pembagian dalam menangung resiko dan kemampuannya mengkombinasikan dua kekuatan untuk menciptakan sinergi Strategi masuk Pasar Regional Asean Ekspor Cara ekspor adalah cara paling sederhana dalam memasuki pasar di negara lain, aktifitas ekspor merupakan kegiatan produksi barang dari suatu negara dengan menjual hasilnya ke negara lain.
5. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Peluang pasar untuk memasuki Pasar Regional bagi UKM Asean cukup potensial. 2. Segmentasi pasar Regional Asean Produk UKM Christine Hakim didasarkan pada Demografi Segmentasi. 3. Target pasar produk UKM Christine Hakim di Pasar Regional Asean berdasarkan keseluruhan tingkat pendapatan, karena produk UKM Christine Hakim Harga yang bervariasi yang terjangkau untuk semua kalangan. 4. Memposisikan produk UKM Christine Hakim dipasar adalah “Kalau belum mampir ke UKM Charistine Hakim berarti belum Ke Padang”. 5. Strategi Bauran pemasaran 4P UKM Christine Hakim di Pasar Regional Asean. a) Strategi Produk Strategi Produk UKM Christine Hakim di Pasar Asean menggunakan Strategi Startegi Adaptasi dan perluasan Komunikasi.
b) Strategi Harga Strategi Harga UKM Christine Hakim di Pasar Asean menggunakan Strategi (Penertation Princing) c) Strategi Promosi Strategi Promosi UKM Christine Hakim di Pasar Regional Asean menggunakan strategi Perluasan Komunikasi memperluas, tanpa mengubah, strategi komunikasi sama dengan Pasar di Negara sendiri, hanya saja produk yang diadaptasikan sesuai dengan permintaan pasar. d) Strategi Distribusi Strategi Distribusi UKM Christine Hakim di Pasar Asean menggunakan Perantara Patner dinegara Asean dan kerjasama dengan membentuk sebuah Organisasi Ekspor. Saran - Berdasarkan kesimpulan diatas penulis menyarankan UKM Christine Hakim di Padang untuk memasuki Pasar Regional Asean. - Untuk memasuki pasar Regional Asean tersebut dengan mengimplementasikan strategi pemasaran (STP) dan strategi bauran pemasaran.
References
[1] Akinyele,2010, “Strategic Marketing Management of Oil and Gas Industry: A Revie of Literature”, Journal of Business Management and Economics, Vol. 1, no. 1, pp. 001-009. [2] Kotler.Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. [3] Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama,Salemba Empat, Jakarta. [4] Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri.2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada [5] Basu,Swastha,dan Irawan, 2006, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty,Yogyakarta [6] Jiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta. [7] Drs. A. Hasymi Ali, Manajemen Distribusi Fisik dan Manajemen Material . Jakarta: Penerbit Bumi Aksara. [8] Kasali, Rhenaldi, 2001, Membidik Pasar Indonesia:Segmentation, Targeting and Positioning, Jakarta; Gramedia Pustaka Utama. [9] Lamb, Charles W, Hair, Joseph F, dan McDaniel. 2001. Pemasaran, Buku1. Salemba Empat, Jakarta. [10] Kotler, Philip & Kevin Lane Keller, 2006, Marketing Management, International Edition, New York; Pearson. [11] Keegan, Warren J., Mark C. Green. (2008). Global Marketing.(5thed.) Pearson Prentice Hall, London [12] Aaker, David A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Salemba Empat. Jakarta. [13] Keegan, Warren J, (2007). Manajemen Pemasaran Global. Edisi Keenam Jilid 1. Jakarta: PT INDEKS Kelompok Gramedia. [14] Kotler,Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. [15] Frenddy,Rangkuty, 2008, Analisis SWOT. Penerbit Andi : Yogyakarta. [16] Badan Pusat Statistik. Jumlah penduduk kota padang 2015. Provinsi Sumatera Barat : BPS, 2015 [17] Maharani rahman,” Industri keripik balado Christine Hakim 1990-2007 : Studi Tentang sejarah berdirinya industri keripik balado Christine Hakim Skripsi. Padang : Fakultas Sastra Universitas Andalas. [18] http://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3119267/ri-paling-rajin-ekspor-ke-10- negara-ini Jurnal Prima Adi Surya Pristiwati, Panji Deoranto, Rizky L. R. Silalahi (Pengaruh Strategi Segmenting, Targeting, Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo) Siska Dwi Widyawati, Syarif Imam Hidayat, Endang Yektiningsih. ( ANALISIS SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING (STP) DALAM PENJUALAN PRODUK KECAP CAP KOKI DOLLAR DI TULUNGAGUNG) Denada R, Kevin (2016) (Analisis Positioning Produk olahraga Merek Specs, Nike, Adidas dan Leguage DI pemain futsal Universitas Negerri Yogyakarta). Oleh Sylvia Tri Astina,Sunarti, M. Kholid Mawardi (Analisis Segmenttation, Targeting, dan Positioning dalam rangka meningkatkan daya saing melauli strategi pemasaran di took Pia Cap Mangkok Semeru).
0 Komentar untuk "ANALISIS SEGMENTING TARGETING DAN POSITIONING UNTUK MERUMUSKAN STRATEGI PEMASARAN REGIONAL PADA UMKM CHRISTINE HAKIM DI PADANG"