Strategi Pemasaran Jasa dalam meningkatkan Jumlah Nasabah PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar


Strategi Pemasaran Jasa dalam meningkatkan Jumlah Nasabah PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar

Abstrak

Penelitian ini dalam rangka menganalisis strategi pemasaran jasa perbankan dalam meningkatkan jumlah nasabah serta untuk menganalisis variabel dari strategi pemasaran jasa yang paling dominan berpengaruh terhadap meningkatkan jumlah nasabah pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan sampel 100 populasi dari kalangan nasabah pada tahun 2019. Penelitian ini menunjukkan bahwa analisis strategi pemasaran jasa dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar maka variabel strategi jasa produk, strategi tingkat suku bunga, strategi aktivitas promosi dan strategi posisi letak lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap pencapaian peningkatan jumlah nasabah. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa variabel dari strategi pemasaran jasa yang lebih dominan mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah pada PT. Bank Sulselbar cabang Syariah makassar adalah strategi promosi karena dengan kegiatan promosi melalui Periklanan, Penjualan Langsung (Personal Selling), Promosi Penjualan, Publisitas dan Hubungan Masyarakat serta pemberian hadiah atau undian menarik bagi nasabah maka akan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah. Keywords: Startegi Pemasaran Jasa, Jumlah Nasabah, Bank Syariah 

I. Pendahuluan

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang ditandai dengan kekurangan modal dan di lain pihak jumlah penduduk dan sumber alamnya yang melimpah merupakan masalah dalam usaha meningkatkan perekonomian negara. Untuk mempercepat perkembangan ekonomi diperlukan pertambahan dalam pembentukan modal dengan keterlibatan perbankan.Dalam hal pembentukan modal, bank mempunyai arti yang sangat penting melalui tabungan dan penciptaan uang, dimana bank menampung dana dari masyarakat berupatabungan dan menyalurkan ke masyarakat lainyangkekurangan danaatau yang membutuhkan dana guna tambahan modal demi meningkatkan usahanya. Peran ini lebih dikenal dengan peran intermediasi dimana kedudukan bank berada pada satu titik yang cukup vital dalam menghubungkan sirkulasi berbagai jenis transaksi keuangan dengan masyarakat yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkabn taraf hidup rakyat banyak. Dalam menjalankan fungsi intermediasi tersebut, bank menjalankan usahanya melalui penghimpunan dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan giro, deposito, tabungan atau melalui jasa lainnya. Danayangtelah dihimpun tersebut dapat dijadikan usaha jasadalam penyediaan danaStrategi Pemasaran Jasa dalam meningkatkan Jumlah Nasabah PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar bagi masyarakat yang kemudian dalam pengembaliannya bank diperkenankan memperoleh bunga atau pembagian hasil keuntungan dan begitupun sebaliknya.

Usaha perbankan ternyata tidak saja terbatas pada usaha intermediasi atau usaha menghubungkan kepentingan nasabah penyimpanan dengan nasabah peminjam atau usahausaha dalam memperlancar lalu lintas pembayaran. Saat ini jasa perbankan dihadapkan pada suatu fakta bahwa bisnis perbankan telah berkembang sedemikian rupa seiring dengan perkembangan yang pesat dalam lingkungannya. Kompetisi antar bank yang ketat, kuatnya regulasi yang diterapkan terhadap praktek perbankan untuk beroperasi secara sehat dan hatihati. Lain pihak semakin meningkatnya kebutuhan, beragamnya pilihan serta meningkatnya tuntutan nasabah, seiring dengan meningkatnya kesadaran konsumen akanhak-haknya dalam memperoleh pelayanan yang memuaskan membuat bisnis perbankan semakin kompleks. Konsep marketing yang menekankan pertumbuhan dan pencapaian profit melalui kepuasan konsumen merupakan salah satu strategi yang diyakini dapat memperlancar eksistensi bank dalam kompleksitas bisnis bank saat ini. Nasabah adalah titik pusat perhatian bisnis setiap bank agar tetapeksisdalam bisnisnya. Semua sumber dayabankdiarahkan untuk memberikan perhatian kepada nasabah dengan tujuan pertumbuhan usaha dan profit bank. Berkaitan dengan pentingnya penerapan strategi pemasaran maka startegi ini perlu diterapkan pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar sebagai lembaga keuangan perbankan di bidang jasa yakni sebagai mediator antara pihak yang mempunyai dana dan pihak yang membutuhkan dana. Perusahaan tidak dapat membatasi diri hanya pada usaha penempatan dana akan tetapi harus lebih jeli dalam mengantisipasi kebutuhan konsumen melalui penerapan strategi pemasaran jasa yang dilakukan dengan tetap memperhatikan produkproduk tabungan yang ditawarkan kepada nasabah, pemberian potongan, lokasi yang digunakan serta promosi yang akan dijalankan. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar menyediakan produk-produk jasa untuk melayani dan memenuhi kebutuhan transaksi jasa perbankan yang dibutuhkan masyarakat dengan dukungan sistem online di seluruh jaringan kantor Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar dan office channeling yang diharapkan mampu memudahkan dan mendekatkan layanan bank syariah kepada masyarakat. Produk jasa Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah adalah sebagai berikut: 1) Penarikan dan penyetoran online di seluruh kantor Bank Sulselbar Syariah di seluruh Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. 2) Setoran dan penarikan cek/Bilyet Giro melalui kliring. Transfer dan Inkaso antar rekening Bank Sulsel atau Bank Lain. 3) Pembuatan Surat Refrensi dan Dukungan Bank. 4) Penerbitan Surat Jaminan Bank (Bank Garansi). Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar sebagai Manajemen Investasi selain berperan sebagai pengelola juga menjamin bahwa proses pemilihan atau studi kelayakan calon penerima pinjaman dilakukan secara prosedural dan objektif sehingga diharapkan pemilik dana mendapat keyakinan bahwa dananya disalurkan secara benar dengan mengutamakan prinsip kehati-hatian dan bank teknis. Secara periodik pemilik dana dapat meminta laporan perkembangan pengelolaan dananya kepada Bank Sulselbar Syariah. Skim ini telah diaplikasikan yaitu program pemberdayaan ekonomi kecil dan mikro untuk mengentaskan kemiskinan dengan pola pembiayaan Syariah kepada masyarakat di Sulawesi Selatan dan Barat. Namun fenomena yang dihadapi saat ini adalah program promosi yang dijalankan oleh PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar belum maksimal dan belum menjalani strategi utama pemasaran, hal ini dapat dilihat dari kebijakan dalam hal pemberian reward kurang menarik bagi nasabah. Disamping itu juga masih kurangnya penyebaran brosur atau leaflet produk dan promosi online yang menjadi program utama promosi pemasarannya. Fenomena lainnya yang dihadapi PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar saat ini adalah mengenai tingkat suku bunga yang diberikan kepada nasabah penabung relatif belum dikenal karena berbasis syariah. Ditinjau dari letak lokasi yakni kurangnya distribusi atau outletoutlet PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar kepada nasabah atau calon nasabah. Dengan fenomena tersebut maka perlu dilakukan penelitian mengenai penerapan strategi pemasaran jasa perbankan dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. 

II. Tinjauan Pustaka Pemasaran merupakan salahsatu bagian dari kegiatan-kegiatanpokok yangdilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan untuk mendapatkan laba.Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis

tergantung pada keahlian mereka dalam bidang pemasaran, produksi, keuangan maupun dibidang lainnya.Selain itu juga tergantung pada kemampuan mereka untuk mengkombinasikan fungsi-fungsi tersebut agar organisasi dapat berjalan lancar.b Sebagai suatu proses social, Kotler (2000, Hal. 8) mendefinisikan pengertian Pemasaran sebagai “suatu proses social dan manajerial dengan mana seesorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai dari pihak lain. Pengertian pemasaran dari aspek manajemen menurut American Marketing Association dalam Kotler (2000, Hal 8) adalah: “Suatu proses perencanaan dan pelaksanaan mengenai konsep harga, promosi dan penyaluran ide-ide, barang-barang, jasa yang ditujukan untuk menciptakan pertukaran dengan sasaran untuk memberikan kepuasan individu atau organisasi”. Dari ketiga pengertian tersebut maka konsep pemasaran pada hakekatnya adalah suatu konsep yang diberikan untuk menciptakan adanya pertukaran atas ide, barang, atau jasa dengan tujuan akhir adalah memberikan kepuasan kepada konsumen. Meskipun usaha bank berbeda dengan usaha-usaha lain akan tetapi konsep pemasaran sebagaimana diterangkan diatas pada hakekatnya juga berlaku dalam dunia perbankan. Hal tersebut dilandasi inti pemasaran yang bermula pada adanya kebutuhan, keinginan dan permintaan terhadap produk atau jasa yang akhirnya berujung pada adanya transaksi atau pertukaran. Dalam bisnis perbankan, konsep pemasaran berkembang melalui lima tahap evolusi persepsi Kotler (1999, Hal. 27) sebagai berikut : 1. Melalui iklan, Promosi Penjualan dan Publikasi Proses ini diawali dengan adanya persaingan yang ketat untuk meningkatkan tabungan. Beberapa bank mulai menerapkan iklan dan promosi penjualan dengan cara menawarkan berbagai hadiah. 2. Melalui Senyum dan Suasana Ramah Pada proses ini bank mendapatkan kesadaran baru bahwa menarik orang untuk menjadi nasabah adalah pekerjaan mudah. Yang sulit adalah mempertahankan mereka menjadi pelanggan atau nasabah yang setia.Program-program baru dirancang untuk membuat nasabah menjadi betah, misalnya dengan menerapkan senyum kepada setiap karyawan bank dalam melayani nasabah, menciptakan suasana dan tata letak ruang pelayanan menjadi lebih akrab dan bersahabat. 3. Segmentasi dan Inovasi Bank menemukan alat baru dalam bersaing, melalui segmentasi pasar dan menciptakan produk atau jasa baru untuk setiap pasar sasaran.Salah satu kelemahan dalam produk bank mudah ditiru dan mudah ditinggalkan. Sadar akan hal ini maka bank dituntut untuk terus menerus melakukan inovasi dan kreasi. 4. Positioning Iklan, senyum, memiliki pangsa dan inovasi relatif dapat dimiliki oleh semua bank. Oleh karena itu bank mencari basis untuk bersaing melalui strategi positioning dengan tujuan nasabah dapat mengetahui perbedaan-perbedaan spesifik yang merupakan keunggulan yang dimiliki bank nya dan dapat memenuhi kebutuhan. 5. Analisis, Perencanaan, implementasi dan Pengendalian sebagai Sarana Pemasaran ini merupakan konsep pemasaran bank modern. Suatu bank harus memiliki seperangkat sistem yang efektif untuk analisis pemasaran, perencanaan, penerapan dan pengendalian. Setiap tahun bank mengevaluasi kinerja yang berhasil diraih tahun sebelumnya, sekaligus menyusun rencana kerja dan anggaran, rencana-rencana atau target-target tertentu yang akan dijalankan untuk tahun berikutnya. Strategi pemasaran merupakan strategi untuk melayani pasar atau segmen pasar yang dijadikan target oleh seorang pengusaha. Oleh karena itu strategi pemasaran merupakan kombinasi dari bauran pemasaran yang akan diterapkan oleh pengusaha untuk melayani pasarnya. Bauran pemasaran ini haruslah diatur sedemikian rupa sehingga akan dapat berfungsi sebagai senjata yang tepat dalam perbandingannya di pasar melawan pesaingpesaing. Oleh karena itu maka senjata itu harus disesuaikan dengan keadaan pasar serta kondisi persaingan yang dihadapinya. Strategi pemasaran pada umumnya mempunyai peranan yang sangat penting untuk menghadapi lingkungan yang dinamis dan pada akhirnya memperoleh keunggulan tertentu atau berhasil untuk meningkatkan keuntungan tertentu. Strategi pemasaran yang ditetapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian strategi pemasaran harus dapat memberi gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang akan dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau peluang pada beberapa pasar sasaran. 

Menurut Gregorius (2002 : 93) bahwa strategi pemasaran merupakan rencana yang menjabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktivitas atau program pemasaran terhadap permintaan produk atau lini produknya di pasar sasaran tertentu. Pengertian strategi pemasaran menurut Kenneth R. Andrew s dalam Alma (2004 : 199) adalah pola keputusan dalam perusahaan yang menentukan dan mengungkapkan sasaran, maksud atau tujuan yang menghasilkan kebijaksanaan utama dan merencanakan untuk pencapaian tujuan serta merinci jangkauan bisnis yang akan dikejar oleh perusahaan. Strategi pemasaran pada dasarnya rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu di bidang pemasaran yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan pemasaran suatu perusahaan. Sedangkan menurut Assauri (2008 : 168) strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari waktu ke waktu, pada masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasinya, terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapai lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu berubah. Dalam penyusunannya diusahakan untuk memahami kekuatan yang mempengaruhi perkembangan perusahaan. Jadwal dan waktu (timing) yang ditentukan adalah yang sesuai dan mempertimbangkan fleksibilitas dalam menghadapai perubahan. Penyusunan rencana dilakukan secara realistis dan relevan dengan lingkungan yang dihadapi. Tujuan perusahaan untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah bukan semata-mata tanggung jawab manajemen pemasaran saja, tetapi tanggung jawab semua orang yang terlibat dalam penciptaan produk, mulai dari bagian produksi, personalia, keuangan, hingga bagian pemasaran. Semua bagian atau departemen dalam perusahaan tersebut harus bekerja sama untuk memikirkan, merencanakan, menciptakan produk dan mendistribusikan hingga sampai ke tangan nasabah. Tugas dan tanggung jawab manajemen pemasaran dalam memikirkan usaha-usaha pemasaran yang merupakan sumbangan pencapaian tujuan perusahaan. Secara ringkas tujuan-tujuan manajer perusahaan adalah merencanakan kegiatan, menggiatkan dan mengendalikan kegiatan pemasaran. Tugas-tugas ini sebenarnya merupakan tugas-tugas manajerial yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap kegiatan pemasaran. Kombinasi dari strategi produk, harga, promosi dan distribusi dalam mencapai tujuan pemasaran dinamakan “marketing mix” atau bauran pemasaran. Marketing mix juga sering disebut 4P (Product, Price, Promotion, and Placement) dalam pemasaran yang merupakan alat yang dapat digunakan produsen untuk mempengaruhi nasabah. Hurriyati (2005 : 42) bahwa Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan unsur-unsur internal penting yang membentuk program pemasaran sebuah organisasi. Lain halnya menurut Gitosudarmo (2008 : 182) mendefinisikan bauran pemasaran sebagai alat bagi pengusaha untuk mempengaruhi nasabah agar nasabahnya dapat menjadi kenal kemudian menyenangi dan kemudian melakukan transaksi pembelian serta akhirnya nasabah itu menjadi puas. Gitosudarmo (2008 : 182) bahwa unsur-unsur bauran pemasaran (marketing mix), yaitu : 1. Produk (Product), 2. Harga (Price), 3. Distribusi atau penempatan produk (Place), 4. Promosi (Promotion). Untuk lebih jelasnya unsur-unsur bauran pemasaran akan diuraikan satu persatu dibawah ini : 1. Produk (product) Produk adalah barang atau jasa yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian, atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan. Pembeli akan membeli kalau merasa cocok. Karena itu, produk harus disesuaikan dengan keinginan ataupun kebutuhan pembeli agar pemasaran produk berhasil. 2. Harga (Price) Harga merupakan satu-satunya unsur marketing mix yang menghasilkan penerimaan penjualan, sedangkan unsur lainnya hanya unsur biaya saja. Walaupun penetapan harga merupakan persoalan penting, masih banyak perusahaan yang kurang sempurna dalam menangani permasalahan penetapan harga tersebut. Karena menghasilkan penerimaan penjualan, maka harga mempengaruhi tingkat penjualan, tingkat keuntungan, serta share pasar yang dapat dicapai oleh perusahaan. 3. Distribusi (Place) Lokasi adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk sampai ke nasabah atau berbagai aktivitas perusahaan yang mengupayakan agar produk sampai ke tangan nasabah. Lokasi penting, karena barang yang telah dibuat dan harganya sudah ditetapkan itu masih meng-hadapi masalah, yakni harus disampaikan kepada nasabah.

Pada penyalur dapat menjadi alat bagi perusahaan untuk mendapatkan umpan balik dari nasabah di pasar. Penentuan jumlah penyalur juga merupakan masalah yang penting untuk dipertimbangkan, dalam kasus-kasus tertentu disesuaikan dengan sifat produk yang ditawarkan. Barang kebutuhan seharihari, misalnya membutuhkan banyak penyalur, sedangkan barang-barang berat seperti peralatan industri tidak demikian. Kesalahan dalam menentukan jumlah penyalur akan mendatangkan persoalan baru bagi perusahaan. Bila jumlah penyalur terlalu sedikit menyebabkan penyebaran produk kurang luas, sedangkan jumlah penyalur yang terlalu banyak mengakibatkan pemborosan waktu, perhatian, dan biaya. Karena itu manajer pemasaran perlu berhati-hati dalam menyeleksi dan menentukan jumlah penyalur. Sesuai Undang-Undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan dan Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan, bank syariah adalah bank umum yang melakukan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Menurut Maslehuddin (2005 : 2), mengatakan bahwa bank syariah adalah suatu lembaga keuangan dalam usahanya memberikan kredit atau jasa-jasa pembayaran serta peredaran moneter atau uang berdasarkan syariat Islam. Kemudian Zaenal Arifin (2000 : 3), memberikan pengertian bahwa bank syariah adalah lembaga sosial atau lembaga keuangan moneter atau sebagai mitra usahayang memiliki prinsipserta berpartisipasi melenyapkan kezaliman bunga yang dilarang syariat Islam. Kasmir (2004 : 24), mengemukakan pengertian bank syariah sebagai bank berdasarkan prinsip syariah adalah aturan perjanjian berdasarkan hukum Islam antara bank dengan pihak lain untuk menyimpan dana atau pembiayaan usaha atau kegiatan perbankan lainnya. Dari beberapa pengertian di atas, maka bank syariah merupakan lembaga keuangan yang usahanya menghimpun dana kemudian menyalurkan dana tersebut berdasarkan syariat Islam. Dalam rangka melayani masyarakat, terutama masyarakat muslim, bank syariah menyediakan berbagai macam produk termasuk dalam memberikan pelayanan terhadap nasabah, adapun jenis-jenis produk bank syariah yang ditawarkan menurut Ira Prabisma Suharta (2003 : 34). Berbicara mengenai perbankan Islam, pada dasarnya tidak terlepas dari konsep Islam tentang uang.Di mana uang dalam pandangan Islam merupakan alat tukar dan bukan sebagai komoditi.Diterimanya peranan uang secara luas dimaksudkan agar melenyapkan ketidakadilan, ketidakjujuran dan penghisapan dalam kegiatan ekonomi tukar menukar. Bertolak dari asumsi di atas, pemikiran berdirinya bank Islam bersumber dari adanya larangan riba. Dalam al-Qur’an dan al-hadits, pertama dasar perbankan yang bersumber dari salah satu ayat dalam al-Qur’an yang melarang adanya riba adalah surah Al-Baqarah 278 : 279 di mana ayat tersebut membahas masalah riba, karena berbuat riba itu adalah mengambil harta tanpa adanya imbalan yang memadai. Dasar perbankan Islam yang kedua adalah al-hadits, dalam salah satu riwayat dari Jabir R.A, dikatakan bahwa Rasulullah SAW mengutuk adanya pemakan riba, yang menyuruh makan riba, juru tulis pembuat akte riba dan saksi-saksinya perbuatan ini sama saja dosanya. Adapun konsep dasar dari sistem perbankan syariah yakni hukum-hukum syariah yang bersumber dari Al-Qur’an dan al-hadits. Menurut Karnan Purwa Atmaja (2002 : 35), mengatakan bahwa pada dasarnya konsep perniagaan menurut ajaran dan falsafah Islam dari hubungan perniagaan atau transaksi ekonomi antara pihak-pihak yang terlibat dalam operasional bank syariah. Menurut UndangUndang RI nomor 10 tahun 1998 tanggal 10 November1998 tentang perbankan, yang dimaksud dengan Nasabah adalah pihak yangmenggunakan jasa bank atau orang (badan) yang mempunyai rekening simpananatau pinjaman pada bank. Agar dalam pelayanan yang diberikan benar-benar prima sehingga nasabah merasa terpenuhi segala keinginan dan kebutuhannya, maka perusahaan harus mengenal betul karakter nasabah secara umum. Karakter nasabah sulit sekali untuk diidentifikasikan, karena penampilan dan profesi tidak selalu dengan konsisten mencerminkan penampilan seseorang. Untuk menilai karakter seorang nasabah dan meramalkan perilakunya dimasa yang akan datang, bank hanya dapat menggunakan beberapa indikator. Indikator tersebut antara lain adalah profesi, penampilan, lingkungan, sosial, pengalaman, dan tindakan atau perilaku di masa lalu. Meski bank telah berusaha untuk memilih hanya nasabah yang diramalkan akan berperilaku tidak merugikan bank, namun tidak tertutup kemungkinan di kemudian hari nasabah berperilaku berbeda. Secara umum, pengertian dari minat adalah keinginan, kehendak, dankesukaan seseorang. Sedangkan untuk mengetahui apakah bank dapat menarikminat seseorang terhadap suatu produk, baik barang maupun jasa, maka terlebihdahulu bank harus mengadakan penentuan pasar supaya apa yang diinginkan olehnasabah sesuai dengan apa yang diberikan oleh bank.

Salah satu riset pasar yang dapat dilakukan oleh bank yaitu dengan menanyai orang-orang atas pelayanan dan produk yang bagaimana yang mereka inginkan. Maka dari hasil pertanyaan tersebut akan diperoleh jawaban yang sangat luas. Dapat dilihat adanya perbedaan antara keinginan dan kebutuhan yang kadang kala sangat berbeda ataupun tidak sejalan dan bagi banyak karyawan hal tersebut dapat dijelaskan dengan hasil jawaban yang hasilnya belum signifikan. III. Design Penelitian dan Metodologi lokasi penelitian pada kantor PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar sebagai kantor pelayanan yang berada di kota Makassar. Waktu penelitian dilaksanakan mulai pada bulan November 2019. Data yang dikumpulkan harus dapat dibuktikan kebenarannya, tepat waktu dan dapat memberikan informasi gambaran umum secara menyeluruh. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data kuantitatif dan data kualitatif yang bukan dari data dalam bentuk angka-angka diperoleh dari hasil wawancara dengan para nasabah yang berhubungan langsung dengan masalah dalam penelitian ini. Sumber data yang digunakan melalui Interview dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 nasabah dari berbagai unsur dan karakteristik nasabah. Sesuai dengan jumlah nasabah tersebut maka ditetapkan sampel dengan menggunakan metode sampling menurut Slovin (Umar:2000) dengan formulasi sebagai berikut.

Dalam hal memperoleh data yang lengkap untuk menunjang penelitian ini maka dilaksanakan pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan (library research), penelitian lapangan (field research) dan penelitian dengan mengadakan peninjauan langsung pada 2 lokasi perusahaan yang berada di kota makassar dengan maksud memperoleh informasi penting melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam hal menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif yang dilakukan untuk menganalisis data yang telah diperoleh dari hasil kuesioner yang telah disebarkan kepada sejumlah responden yang telah menjadi dan terdaftar sebagai nasabah pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengolah data dan kemudian menyajikannya dalam bentuk matematis/angka-angka dalam rangka menguji hipotesis tentang sejauh mana pengaruh strategi pemasaran jasa yang telah dilakukan PT. Bank sulselbar Syariah Cabang Makassar dalam mencapai jumlah nasabah yang selalu meningkat, dengan menggunakan rumus yakni:


Pengujian hipotesis koefisien regresi berganda Merupakan uji hipotesis yang digunakan untuk menguji pengaruh keseluruhan variabel (X1, X2, X3, X4) terhadap variabel Y. 

IV. Hasil Penelitian & Pembahasan

Salah satu upaya yang dilakukan oleh setiap unit usaha perbankan khususnya pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar adalah perlu mempertahankan nasabah yang lama dan baru, karena dengan adanya loyalitas nasabah maka berdampak terhadap kinerja perbankan dan dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Hal ini menjadi alasan utama bagi perusahaan untuk menarik dan mempertahankan nasabahnya. Usaha untuk memperoleh nasabah yang loyal tidak dapat dilakukan sekaligus, namun melalui beberapa tahapan mulai dari mencari nasabah potensial sampai memperoleh nasabah yang loyal, dan salah satu acuan atau pedoman bagi perusahaan dalam mempertahankan loyalitas nasabah adalah dengan menerapkan strategi bauran pemasaran.

Dalam kaitannya mengenai pengaruh strategi pemasaran Marketing Mix terhadap jumlah nasabah pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar, nampak bahwa koefisien korelasi ganda (R) = 0,712 yang berarti bahwa variabel strategi pemasaran yang terdiri dari : strategi jasa produk, strategi tingkat suku bunga, strategi aktivitas promosi dan strategi tata lokasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah. Sedangkan variabel strategi promosi yang lebih dominan mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Koefisien determinasi (R2) = 0,506 yang menunjukkan bahwa variabel strategi pemasaran, seperti : strategi produk, strategi suku bunga, strategi promosi, dan strategi lokasi berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, sedangkan sisanya sebesar 49,4% (1 – 0,506) adalah faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil analisis regresi menunjukkan bahwa keempat variabel strategi pemasaran (strategi produk, suku bunga, promosi dan lokasi) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Besarnya koefisien regresi untuk strategi produk (X1) sebesar 0,191, hal ini menunjukkan bahwa dengan peningkatan 1 satuan tanggapan responden mengenai strategi produk akan dapat diikuti oleh peningkatan loyalitas nasabah pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai prob. 0,028 < 0,05 yang berarti bahwa strategi produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas nasabah adalah produk tabungan sesuai dengan harapan nasabah, tersedia berbagai macam produk tabungan, didukung oleh proteksi asuransi, mempunyai jenis dan manfaat, serta dijamin keamanannya. Dari hasil olahan data persamaan regresi yang menunjukkan bahwa dengan nilai sign = 0,036. Hal ini menunjukkan bahwa dengan peningkatan tanggapan responden mengenai harga atau suku bunga akan diikuti oleh peningkatan loyalitas nasabah. Dengan adanya nilai prob 0,036 < 0,05 berarti tingkat suku bunga berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas nasabah melalui strategi suku bunga adalah suku bunga lebih tinggi, biaya provisi kredit sangat ringan, biaya administrasi rendah serta disesuaikan dengan nilai maksimal pengambilan kredit. Dari hasil olahan data persamaan regresi yang menunjukkan bahwa dengan nilai sign = 0,005 dan t hitung sebesar 2,849. Hal ini menunjukkan bahwa dengan peningkatan tanggapan responden mengenai promosi akan diikuti oleh peningkatan loyalitas nasabah. Dengan adanya nilai prob 0,005 < 0,05 berarti tingkat suku bunga berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Adapun upaya-upaya yang dilakukan melalui strategi promosi adalah penyebaran brosur atau leaflet, program promosi sangat jelas, melalui media cetak serta pemberian hadiah atau undian menarik bagi nasabah. Dari hasil olahan data persamaan regresi yang menunjukkan bahwa diperoleh nilai sign = 0,021 dan t hitung sebesar 2,342. Hal ini menunjukkan bahwa dengan peningkatan tanggapan responden mengenai lokasi akan diikuti oleh peningkatan loyalitas nasabah. Dengan adanya nilai prob 0,021 < 0,05 berarti strategi lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas nasabah melalui strategi lokasi adalah : sangat strategis, aksebilitas transportasi sangat lancar, pendistribusian produk secara langsung serta saluran komuniksi yang lancar antara bank dengan pihak nasabah. 

V. Simpulan Dan Saran 

Berdasarkan penjelasan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan mengenai strategi pemasaran jasa dalam meningkatkan jumlah nasabah, yakni: pengaruh strategi pemasaran jasa terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar maka variabel strategi produk, strategi suku bunga, strategi promosi dan strategi lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah. variabel dari strategi pemasaran yang lebih dominan mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah pada PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar adalah strategi promosi. Alasannya karena dengan adanya promosi melalui Periklanan, Penjualan Langsung (Personal Selling), Promosi Penjualan, Publisitas dan Hubungan Masyarakat serta pemberian hadiah atau undian menarik bagi nasabah maka akan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah, selain itu variabel dari strategi promosi mempunyai koefisien regresi yang terbesar jika dibandingkan dengan variabel strategi produk, suku bunga dan lokasi. Saran yang dapat diberikan sehubungan dengan hasil penelitian ini agar perlunya PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar lebih meningkatkan strategi pemasaran yang digunakan selama ini, melalui strategi produk, strategi suku bunga, strategi promosi dan strategi lokasi. Hal ini dimaksudkan untuk dapat lebih meningkatkan jumlah nasabah serta loyalitas nasabah. Sebaiknya perusahaan lebih meningkatkan pelayanannya melalui peningkatan banking hald yakni dengan memberikan kenyamanan kepada nasabah agar tidak merasa jenuh di saat antri. variabel strategi pemasaran yang paling dominan berpengaruh adalah strategi promosi, maka disarankan untuk menurunkan tenaga-tenaga marketing yang handal yang berbasis syariah. 

Daftar Pustaka 

Adhinugroho, H. (2002). Sistem Informasi Pemasaran Dan Environmental Scanning Pengaruhnya Terhadap Kualitas Layanan, Keunggulan Bersaing Dan Pertumbuhan Pelanggan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 1(3), 275-291. Andespa, R. (2016). Strategi Industri Perbankan di Sumatera Barat: Pemilihan Segmentasi Pasar untuk Menciptakan Pelayanan yang Memuaskan. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 1(1), 47-62. Andespa, R. (2016). Strategi Pelayanan Bank Konvensional dan Syariah: Prioritas Pelayanan Fisik dan Empati. Al-Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, 1(2), 143- 159. Arifin, Zainal. 2000. Memahami Bank Syariah. Aksara Baru, Jakarta. Atmaja, Karnan Purwa. 2002. Apa Bagaimana Bank Islam. PT. Gramedia Pustaka utama, Jakarta. Chrismastianto, I. A. W. (2017). Analisis SWOT Implementasi Tekonologi Finansial terhadap Kualitas Layanan Perbankan di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(1), 133- 144. Dendawijaya, Lukman. 2001.Manajemen Perbankan Edisi Pertama. PT. Ghalia Indonesia, Jakarta. Entaresmen, R. A., & Pertiwi, D. P. (2017). Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Produk Tabungan Ib Hasanah Di PT. Bank Negara Indonesia Syariah Kantor Cabang Jakarta Barat. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 9(1), 53-74. Faiqoh, R. (2016). Analisis Strategi Pemasaran KPRS di Bank Muamalat Cabang Kudus. IQTISHADIA, 6(2), 279-291. Firman-Yulianto, K. (2010). Analisis Pengaruh faktor Bauran Pemasaran Terhadap Pertimbangan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah Di Kota Medan. WACANA, Jurnal Sosial dan Humaniora, 13(4), 537-551. Hasibuan, Malayu S.P. 2001. Dasar-Dasar Perbankan. PT. Bumi Aksara, Jakarta. Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. CV.Alfabeta, Bandung. Iriani, S. S. (2011). Strategi Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 15(2). Kasmir, MM. 2004. Pemasaran Bank. PT. Raja Grafindo, Jakarta. Mardiyanto, A. (2002). Studi Mengenai Kreativitas Program dan Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 1(1), 57- 78. Mashnu’ah, S. (2010). Strategi Pemasaran Produk Fulprotek PT. Asuransi Takaful Keluarga dan Bank Muamalat Indonesia. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 2(2). Maslehuddin. 2005. Bank Syariah Problem dan Prospek Perkembangan di Indonesia. PT. Gunung Agung, Jakarta. Santoso, Gempur, Drs. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Prestasi Pustaka, Jakarta.Sari, N. (2012). Manajemen Marketing (Pemasaran) Produk Jasa Keuangan Perbankan dalam Perspektif Islam. Media Syari'ah, 14(2), 199-212. Srisusilawati, P. (2017). Kajian Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Mendorong Keputusan Pembelian Jasa Perbankan. AMWALUNA: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(1), 1-18. Suharta, Ira Prabisma. 2003. Konsep Produk dan Implementasi Operasional Bank Syariah. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta. Tamara, A. (2016). Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3). Umar, Husein. 2000. Riset Strategi Perusahaan. Erlangga. Jakarta UU Pokok Perbankan No. 10. 1998. Tentang Pokok Perbankan. Bank Indonesia, Jakarta. Waworuntu, Bob. 1997. Dasar-Dasar Keterampilan Melayani Nasabah Bank. Gramedia Pustaka, Jakarta Widayati, R., & Rahman, M. (2019). Aktivitas Pemasaran Produk Tabungan Pada PT. Bpr Rangkiang Denai Payakumbuh Barat. Yuliana, R. (2012). Analisis Pengaruh Strategi Service Recovery Yang Dilakukan Perbankan Terhadap Kepuasan Nasabah Di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 4(2), 39- 52. Yusuf, B. (2013). Peningkatan efektivitas pemasaran jasa perbankan Islam melalui pemahaman terhadap segmentasi pelanggan. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 5(2).

0 Komentar untuk "Strategi Pemasaran Jasa dalam meningkatkan Jumlah Nasabah PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar"

Back To Top