RPP K13 Revisi 2022 Untuk SD, SMP, SMA Terbaru September 2022

Rancangan Perangkat Pembelajaran (RPP) dan Silabus Kurikulum 2013 (K13) untuk SD kelas 1,2,3,4,5,6.  SMP  Kelas 7,8,9. SMA Kelas 10,11,12 sesuai Revisi Tahun 2021.

RPP K13 Revisi 2022 Untuk SD, SMP, SMA
RPP K13 Revisi 2022 Untuk SD, SMP, SMA 





Rancangan Perangkat Pembelajaran (RPP) dan Silabus Kurikulum 2013 (K13) untuk SD kelas 1,2,3,4,5,6.  SMP  Kelas 7,8,9. SMA Kelas 10,11,12 sesuai Revisi Tahun 2019.


Daftar Isi
RPP K13 SD
RPP K13 SMP
RPP K13 SMA

RPP K13 SD


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Kelas/Semester           : IV/1
Alokasi Waktu            :

Tema                           : Indahnya Kebersamaan
Subtema                      : 1
Pertemuan ke              : 1

A. Kompetensi Inti
1.        Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.        Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.        Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat

SBDP
3.3 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada

Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

C. Indikator
PPKn
1.      Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan
2.      Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran
3.      Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia
SBDP
1.      Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai
Bahasa Indonesia
1.   Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran
IPS
1.   Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan

D. Materi
1.      Mengenal keberagaman budaya Indonesia
2.      Memahami keberagaman budaya
3.      Berekspresi dengan lagu
Kemampuan yang dikembangkan:
Sikap
:
·      Percaya diri, disiplin, dan rasa ingin tahu
Keterampilan
:
·      Berkomunikasi dan mencari informasi
Pengatahuan
:
·      Keberagaman budaya dan lagu nasional

E. Tujuan
1.   Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
2.   Setelah membaca teks “Mengenal Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
3.   Setelah mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan dengan benar.
4.   Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar.
5.   Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai.

F. Media dan Alat Pembelajaran
1.   Peta budaya (ada pada buku siswa),
2.   Teks lagu “Aku Anak Indonesia”.
3.   Buku materi dan buku pendukung lainnya.

G. Pendekatan dan Metode
Pendekatan                 : Scientific
Strategi                        : Cooperative learning
Teknik                         : Example
Metode                        : Penugasan, tanya jawab, diskusi, permainan dan ceramah

H. Kegiatan Pembelajaran
Tahukah kamu
·         Siswa mengamati peta budaya perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat musik tradisional.
·         Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
·         Guru berkeliling untuk mengetahui apakah siswa memiliki kesulitan dalam menyelesaikan tugas

Ayo Bekerjasama
·         Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok (satu kelompok terdiri atas 5 siswa). (Penilaian no. 3)
·         Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.

Ayo Belajar
·         Siswa membaca teks “Mengenal Suku Minang”. Siswa mengambil informasi penting dari teks yang dibacanya dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran. (Penilaian no. 1, lihat di bagian penilaian)
·         Siswa berpasangan mendiskusikan jawaban dengan temannya. Guru dan siswa mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas.
·         Setelah membuat peta pikiran dan mendiskusikannya, siswa secara individu menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
·         Untuk menggiring siswa pada pelajaran selanjutnya, guru secara klasikal dapat mengajukan pertanyaan berikut.
-       Dari manakah asal daerah kalian?
-       Apakah ciri khas daerah asalmu?

Ayo Cari Tahu
·         Siswa mencari asal-usul daerah teman-temannya di kelas melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku, agama, dan ciri khas daerah masing-masing. Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).
·         Siswa membuat kesimpulan dari tabel hasil wawancara. Guru membantu siswa dengan mengajukan pertanyaan yang ada pada buku siswa.
·         Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
·         Siswa mengisi tabel tentang sikap yang berkaitan dengan keberagaman. (Penilaian no. 2)

Ayo Bernyanyi
Setelah melakukan kegiatan di atas, ajak siswa untuk meningkatkan kebanggaan mereka menjadi anak Indonesia melalui kegiatan bernyanyi.
·         Guru menunjukkan cara menyanyikan lagu tersebut sesuai dengan notasi lagu dan tinggi rendah nada. Siswa bernyanyi bersama. (Penilaian no. 4)
·         Guru memberikan perhatian kepada mereka yang belum bisa menyanyikan lagu sesuai notasi yang benar.

Ayo Bekerja Sama
·         Siswa mendiskusikan isi dan makna lagu “Aku Anak Indonesia” dalam kelompoknya.
·         Setiap kelompok berpresentasi di depan kelas.
·         Siswa diberi penguatan tentang pentingnya memiliki kebanggaan menjadi anak Indonesia.

Ayo Ceritakan
·         Semua siswa menceritakan alasan mengapa harus bangga menjadi anak Indonesia.
·         Siswa juga menuliskan perilaku yang menunjukkan rasa bangga menjadi anak Indonesia.
·         Siswa menunjukkan tulisannya kepada seorang teman.

Ayo Renungkan
·         Siswa menjawab pertanyaan perenungan yang ada pada buku siswa.
·         Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan

Pengayaan
Siswa dapat mencari tambahan informasi tentang keberagaman di Indonesia melalui internet, koran, narasumber, atau majalah.

Remedial
Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang masih memiliki kesulitan dalam memahami peta pikiran. Kegiatan ini dapat dilakukan secara kelompok atau individu selama 30 menit.

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.
1. Beri siswa peta pikiran kosong.
2. Mintalah siswa menuliskan topik yang akan dibahas di lingkaran tengah.
3. Bimbing siswa untuk membahas subtopik di setiap lingkaran dengan mengajukan pertanyaan pengarah.

I. Penilaian
1. Penilaian periksa untuk peta pikiran. (Bahasa Indonesia)
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Peta pikiran memuat rumah adat.


Peta pikiran memuat bahasa.


Peta pikiran memuat alat musik tradisional.


Peta pikiran memuat makanan tradisional.


Peta pikiran memuat tarian tradisional.



2. Daftar periksa untuk menyanyi. (SBdP)
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Menuliskan 5 sikap menghargai keberagaman


Menuliskan 5 sikap yang tidak menghargai keberagaman



3. Daftar periksa untuk menyanyi
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Bernyanyi sesuai dengan intonasi yang benar.


Bernyanyi sesuai dengan tinggi rendah nada.



4. Rubrik Diskusi
Kriteria
Bagus Sekali
Cukup
Berlatih lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.



(3)
Mendengarkan teman
yang berbicara namun
sesekali masih perlu
diingatkan.


(2)
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.

(1)
Komunikasi
nonverbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara)
Merespons dan
menerapkan komunikasi
nonverbal dengan tepat.




(3)
Merespons dengan tepat
terhadap komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan teman.


(2)
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami bentuk
komunikasi nonverbal
yang ditunjukkan
teman.

(1)
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan
memimpin lainnya saat
diskusi.

(3)
Berbicara dan
menerangkan secara
rinci, Merespons sesuai
dengan topik.


(2)
Jarang berbicara
selama proses diskusi
berlangsung.




(1)
Keruntutan
berbicara
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal hingga
akhir.

(3)
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut, tetapi belum
konsisten.

(2)
Masih perlu berlatih
untuk berbicara
secara runtut.


(1)

Catatan : yang dicetak tebal adalah bagian yang memenuhi kriteria
Penilaian          : (Nilai yang diperoleh  12) x 10

5. Penilaian Sikap (peduli, percaya diri, dan rasa ingin tahu
terlampir

Contoh Instrumen
.........
.........

Dibuat di         :
Tanggal           : 2019
Mengetahui,

Kepala sekolah                                                                                                            Guru Kelas




RPP K13 SMP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Satuan Pendidikan      : SMP
Kelas                           : VII
Alokasi Waktu            : 12 jam pelajaran

A.  Kompetensi Inti:
1.        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.        Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.        Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian  tampak mata.
4.        Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi Dasar:
1.1     Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1     Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3     Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.3     Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
3.11   Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
4.3     Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.13   Menangkap pesan dalam lagu.

C.  Indikator:
1.        Menjelaskan fungsi sosial dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
2.        Menjelaskan struktur teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
3.        Menjelaskan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.

D.  Tujuan Pembelajaran
    Melalui diskusi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat:
1.        Mendeskripsikan fungsi sosial dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
2.        Menunjukkan sikap sopan santun dalam menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
3.        Menunjukkan sikap jujur dalam menyatakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
4.        Mengemukakan struktur teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
5.        Melaporkan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.


E.  Materi Pembelajaran
1.      Fungsi sosial dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
2.      Sikap sopan santun dalam menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
3.      Sikap jujur dalam menyatakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
4.      Struktur teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
5.      Unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.

F.   Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan                        : Scientifik/ 5M (Mengamati, Menanya, Menalar, Mencoba, Membentuk Jejaring).
Strategi                               : Jigsaw, Cooperative.
Metode Pembelajaran        : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.

G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
1. Pendahuluan
·      Memberikan salam.
·      Menanyakan kepada siswa mengenai kesiapan dan kenyamanan untuk belajar.
·      Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa.
·      Menanyakan kehadiran siswa.
·      Tanya jawab tentang “Bagaimana cara mengucapkan tanggal dan bulan dalam Bahasa Inggris dengan benar?”
·      Menyampaikan informasi mengenai pembelajaran yang akan dilaksanakan untuk menjawab pertanyaan di atas melalui pembelajaran “Teks lisan dan tulis  menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun”.
·      Guru menyampaikan informasi mengenai tujuan pembelajaran dan indikator yang akan dicapai.
2. Inti
Mengamati
·     Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
·     Siswa mengikuti interaksi menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
·     Siswa menirukan contoh-contoh kalimat menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
·     Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi kalimat menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan kalimat menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun dalam bahasa Inggris, dan perbedaan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
a.    Siswa menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatanlain yang terstruktur.
b.   Siswa berusaha menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.

Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan antara menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.

Mengkomunikasikan
·      Siswa menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·      Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun dalam jurnal belajarnya.

3.Penutup
·      Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi Teks lisan dan tulis  menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun”.
·      Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
·      Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran.
·       Siswa diberi tugas untuk menanyakan tanggal, bulan, dan tahun lahir teman sekelasnya kemudian mencatatnya di buku tugas.
·      Mengucapkan salam.



H.  Penilaian Hasil Belajar
Kriteria Penilaian
·      Tingkat ketercapaian fungsi sosial penyebutan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks perkenalan diri.
·      Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi.

Cara Penilaian
Unjuk kerja
·      Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
·      Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam  menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
Pengamatan (observations): 
·      Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun ketika muncul kesempatan.
·      Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·      Perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
·      Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi

I.     Contoh Instrumen untuk Penelitian


J.    Sumber Belajar :
·      Model ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi transaksional dan fungsional dengan benar, tepat, dan dengan sikap yang sesuai.
·      Contoh peragaan dalam bentuk  rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
·      Contoh interaksi tertulis
·      Contoh teks tertulis
·      Teks atau latihan dari buku teks Bahasa Inggris
·      Teks dari buku non-teks
·      Sumber dari internet, seperti:



                       
                                                                                           ………………………………., 2019

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                              Guru Mata Pelajaran                                                                                                         

                                                                                                                                          


RPP K13 SMA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                       :
Mata Pelajaran                       : Matematika
Kelas                                      : XI IPA
Semester                                : Genap
Alokasi Waktu                       : 12 jam pelajaran

A.    Standar Kompetensi
        4.     Menggunakan aturan suku banyak dalam penyelesaian masalah.

B.    Kompetensi Dasar
        4.1   Menggunakan algoritma pembagian suku banyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian.

C.    Tujuan Pembelajaran
        Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu
·          menjelaskan algoritma pembagian suku banyak.
·          menentukan derajat suku banyak hasil bagi dan sisa pembagian dalam algoritma pembagian.
·          menentukan hasil bagi dan sisa pembagian suku banyak oleh bentuk linear atau kuadrat.
                                         
Karakter peserta didik yang diharapkan: teliti, kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu.

D.    Materi Pembelajaran
        Suku banyak.

E.     Metode Pembalajaran
        Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

F.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
        Kegiatan Awal
        - Mengawali pelajaran dengan berdoa.
        - Apersepsi dan motivasi.
        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·          Peserta didik diberikan stimulus materi mengenai suku banyak.
·          Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menentukan hasil bagi dan sisa pembagian suku banyak oleh bentuk linear atau kuadrat.
Elaborasi
·          Guru dan siswa mendiskusikan materi mengenai algoritma pembagian suku banyak.
·          Guru dan siswa mendiskusikan materi mengenai cara menentukan derajat suku banyak hasil bagi dan sisa pembagian dalam algoritma pembagian.
·          Siswa berlatih mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara menentukan hasil bagi dan sisa pembagian suku banyak oleh bentuk linear atau kuadrat.
Konfirmasi
·          Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
·          Guru memberikan pengembangan konsep.
·          Guru memberi soal latihan/tugas kepada peserta didik untuk pemantapan pemahamn materi.
        Kegiatan Akhir
        - Mengakhiri pelajaran dengan berdoa.

G.    Sumber Belajar
Buku paket matematika SMA XI IPA, BSE, dan buku referensi pedukung.

H.    Penilaian
Indikator
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instumen
·     Menentukan derajat dan koefisien-koefisien tiap suku dari suku banyak serta mengidentifikasi bentuk matematika yang merupakan suku banyak
·     Menentukan nilai dari suatu suku banyak dengan menggunakan cara substitusi langsung dan skema
·     Menentukan hasil bagi dan sisa pembagian dari pembagian suku banyak oleh bentuk linear atau kuadrat serta menentukan derajat hasil bagi dan sisa pembagiannya dengan menggunakan cara pembagian suku banyak bentuk panjang dan sintetik (Horner)
·     Tes tulis
·     Tes praktik
·     Tugas

·      Soal pilihan ganda, isian, menjodohkan, atau esai
·      Praktik
·      Pekerjaan rumah atau proyek


Format Kriteria Penilaian
Produk
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Praktik
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
3
2
1
2.
Sikap
Baik
Cukup
Kurang
3
2
1

Lembar Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Produk
Performansi
Jumlah Skor
Nilai
Praktik
Sikap












Catatan:
Nilai = (Jumlah skor maksimal) × 10
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.

                                                                                                                                                ................., ………………………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru



____________                                                                                                                        ____________       


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                       :
Mata Pelajaran                       : Matematika
Kelas                                      : XI IPA
Semester                                : Genap
Alokasi Waktu                       : 12 jam pelajaran

A.    Standar Kompetensi
        4.     Menggunakan aturan suku banyak dalam penyelesaian masalah.

B.    Kompetensi Dasar
        4.2   Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor dalam pemecahan masalah.

C.    Tujuan Pembelajaran
        Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu
·          menentukan sisa pembagian suku banyak oleh bentuk linear dan kuadrat dengan teorema sisa.
·          menentukan faktor linear dari suku banyak dengan teorema faktor.
·          menyelesaikan persamaan suku banyak dengan menggunakan teorema faktor.
                                         
Karakter peserta didik yang diharapkan: teliti, kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu.

D.    Materi Pembelajaran
        Teorema sisa dan teorema faktor.

E.     Metode Pembalajaran
        Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

F.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
        Kegiatan Awal
        - Mengawali pelajaran dengan berdoa.
        - Apersepsi dan motivasi.
        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·          Peserta didik diberikan stimulus materi mengenai teorema sisa dan teorema faktor.
·          Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menyelesaikan persamaan suku banyak dengan menggunakan teorema faktor.
Elaborasi
·          Guru dan siswa mendiskusikan materi mengenai teorema sisa dan teorema faktor.
·          Guru dan siswa mendiskusikan materi mengenai cara menentukan faktor linear dari suku banyak dengan teorema faktor.
·          Siswa berlatih mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara menyelesaikan persamaan suku banyak dengan menggunakan teorema faktor.
Konfirmasi
·          Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
·          Guru memberikan pengembangan konsep.
·          Guru memberi soal latihan/tugas kepada peserta didik untuk pemantapan pemahamn materi.
        Kegiatan Akhir
        - Mengakhiri pelajaran dengan berdoa.

G.    Sumber Belajar
Buku paket matematika SMA XI IPA, BSE, dan buku referensi pedukung.

H.    Penilaian
Indikator
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instumen
·     Menentukan hasil bagi dan sisa pembagian dari pembagian suku banyak oleh bentuk linear dan kuadrat dengan menggunakan teorema sisa
·     Membuktikan teorema sisa
·     Menentukan faktor linear dari suku banyak dengan menggunakan teorema faktor
·     Membuktikan teorema faktor
·     Menentukan akar-akar suatu persamaan suku banyak
·     Tes tulis
·     Tes praktik
·     Tugas

·      Soal pilihan ganda, isian, menjodohkan, atau esai
·      Praktik
·      Pekerjaan rumah atau proyek



Format Kriteria Penilaian
Produk
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Praktik
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
3
2
1
2.
Sikap
Baik
Cukup
Kurang
3
2
1

Lembar Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Produk
Performansi
Jumlah Skor
Nilai
Praktik
Sikap












Catatan:
Nilai = (Jumlah skor maksimal) × 10
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.

                                                                                                                                                ................., ………………………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru



____________                                                                                                                        ____________       


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                       :
Mata Pelajaran                       : Matematika
Kelas                                      : XI IPA
Semester                                : Genap
Alokasi Waktu                       : 8 jam pelajaran

A.    Standar Kompetensi
        5.     Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi.

B.    Kompetensi Dasar
        5.1   Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi.

C.    Tujuan Pembelajaran
        Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu
·          menyebutkan sifat-sifat komposisi fungsi.
·          melakukan operasi-operasi aljabar yang diterapkan pada fungsi.
·          menentukan rumus fungsi dari setiap fungsi yang diberikan.
·          menentukan komponen pembentuk fungsi komposisi apabila fungsi komposisi dan komponen lainnya diketahui.
                                         
Karakter peserta didik yang diharapkan: teliti, kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu.

D.    Materi Pembelajaran
        Fungsi komposisi dan fungsi invers.

E.     Metode Pembalajaran
        Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

F.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
        Kegiatan Awal
        - Mengawali pelajaran dengan berdoa.
        - Apersepsi dan motivasi.
        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·          Peserta didik diberikan stimulus materi mengenai komposisi fungsi.
·          Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara melakukan operasi-operasi aljabar yang diterapkan pada fungsi.
·          Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menentukan komponen pembentuk fungsi komposisi apabila fungsi komposisi dan komponen lainnya diketahui.
Elaborasi
·          Guru dan siswa mendiskusikan materi mengenai sifat-sifat komposisi fungsi.
·          Siswa berlatih mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara melakukan operasi-operasi aljabar yang diterapkan pada fungsi.
·          Guru dan siswa mendiskusikan materi mengenai cara menentukan rumus fungsi dari setiap fungsi yang diberikan.
·          Siswa berlatih mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara menentukan komponen pembentuk fungsi komposisi apabila fungsi komposisi dan komponen lainnya diketahui.
Konfirmasi
·          Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
·          Guru memberikan pengembangan konsep.
·          Guru memberi soal latihan/tugas kepada peserta didik untuk pemantapan pemahamn materi.
        Kegiatan Akhir
        - Mengakhiri pelajaran dengan berdoa.

G.    Sumber Belajar
Buku paket matematika SMA XI IPA, BSE, dan buku referensi pedukung.

H.    Penilaian
Indikator
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instumen
·      Menentukan sifat khusus yang mungkin dimiliki oleh sebuah fungsi
·      Melakukan operasi-operasi aljabar yang diterapkan pada fungsi
·      Menentukan rumus fungsi dari setiap fungsi yang diberikan
·      Menentukan komponen pembentuk fungsi komposisi bila aturan komposisi dan komponen lainnya diketahui
·     Tes tulis
·     Tes praktik
·     Tugas

·      Soal pilihan ganda, isian, menjodohkan, atau esai
·      Praktik
·      Pekerjaan rumah atau proyek



Format Kriteria Penilaian
Produk
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Praktik
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
3
2
1
2.
Sikap
Baik
Cukup
Kurang
3
2
1

Lembar Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Produk
Performansi
Jumlah Skor
Nilai
Praktik
Sikap












Catatan:
Nilai = (Jumlah skor maksimal) × 10
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.

                                                                                                                                                ................., ………………………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru



____________                                                                                                                        ____________       


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                       :
Mata Pelajaran                       : Matematika
Kelas                                      : XI IPA
Semester                                : Genap
Alokasi Waktu                       : 8 jam pelajaran

A.    Standar Kompetensi
        5.     Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi.

B.    Kompetensi Dasar
        5.2   Menentukan invers suatu fungsi.

C.    Tujuan Pembelajaran
        Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu
·          menentukan fungsi invers dari suatu fungsi.
·          menggambarkan grafik fungsi invers dari grafik fungsi asalnya.
·          menentukan fungsi invers dari fungsi komposisi dan nilainya.
                                         
Karakter peserta didik yang diharapkan: teliti, kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu.

D.    Materi Pembelajaran
        Fungsi invers.

E.     Metode Pembalajaran
        Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

F.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
        Kegiatan Awal
        - Mengawali pelajaran dengan berdoa.
        - Apersepsi dan motivasi.
        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·          Peserta didik diberikan stimulus materi mengenai fungsi invers.
·          Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menentukan fungsi invers dari fungsi komposisi dan nilainya.
Elaborasi
·          Guru dan siswa mendiskusikan materi mengenai cara menentukan fungsi invers dari suatu fungsi.
·          Guru dan siswa mendiskusikan materi mengenai cara menggambarkan grafik fungsi invers dari grafik fungsi asalnya.
·          Siswa berlatih mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara menentukan fungsi invers dari fungsi komposisi dan nilainya.
Konfirmasi
·          Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
·          Guru memberikan pengembangan konsep.
·          Guru memberi soal latihan/tugas kepada peserta didik untuk pemantapan pemahamn materi.
        Kegiatan Akhir
        - Mengakhiri pelajaran dengan berdoa.

G.    Sumber Belajar
Buku paket matematika SMA XI IPA, BSE, dan buku referensi pedukung.

H.    Penilaian
Indikator
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instumen
·     Menentukan rumus fungsi invers dari suatu fungsi
·     Menggambarkan grafik fungsi invers dari grafik fungsi asalnya
·     Menentukan fungsi invers dari fungsi komposisi dan nilainya
·     Tes tulis
·     Tes praktik
·     Tugas

·      Soal pilihan ganda, isian, menjodohkan, atau esai
·      Praktik
·      Pekerjaan rumah atau proyek



Format Kriteria Penilaian
Produk
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Praktik
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
3
2
1
2.
Sikap
Baik
Cukup
Kurang
3
2
1

Lembar Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Produk
Performansi
Jumlah Skor
Nilai
Praktik
Sikap












Catatan:
Nilai = (Jumlah skor maksimal) × 10
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.

                                                                                                                                                ................., ………………………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru



____________                                                                                                                        ____________       


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                       :
Mata Pelajaran                       : Matematika
Kelas                                      : XI IPA
Semester                                : Genap
Alokasi Waktu                       : 4 jam pelajaran

A.    Standar Kompetensi
        6.     Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.

B.    Kompetensi Dasar
        6.1   Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di tak hingga.

C.    Tujuan Pembelajaran
        Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu
·          menjelaskan arti limit fungsi di satu titik melalui perhitungan nilai-nilai di sekitar titik tersebut.
·          menjelaskan arti limit fungsi di tak berhingga melalui grafik dan perhitungan.
                                         
Karakter peserta didik yang diharapkan: teliti, kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu.

D.    Materi Pembelajaran
        Limit fungsi.

E.     Metode Pembalajaran
        Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

F.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
        Kegiatan Awal
        - Mengawali pelajaran dengan berdoa.
        - Apersepsi dan motivasi.
        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·          Peserta didik diberikan stimulus materi mengenai limit fungsi.
Elaborasi
·          Guru dan siswa mendiskusikan materi mengenai arti limit fungsi di satu titik melalui perhitungan nilai-nilai di sekitar titik tersebut.
·          Guru dan siswa mendiskusikan materi mengenai menjelaskan arti limit fungsi di tak berhingga melalui grafik dan perhitungan.
Konfirmasi
·          Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
·          Guru memberikan pengembangan konsep.
·          Guru memberi soal latihan/tugas kepada peserta didik untuk pemantapan pemahamn materi.
        Kegiatan Akhir
        - Mengakhiri pelajaran dengan berdoa.

G.    Sumber Belajar
Buku paket matematika SMA XI IPA, BSE, dan buku referensi pedukung.

H.    Penilaian
Indikator
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instumen
·     Menjelaskan arti limit fungsi di satu titik melalui perhitungan nilai-nilai di sekitar titik tersebut
·     Menjelaskan arti limit fungsi di tak berhingga melalui grafik dan perhitungan
·     Tes tulis
·     Tes praktik
·     Tugas

·      Soal pilihan ganda, isian, menjodohkan, atau esai
·      Praktik
·      Pekerjaan rumah atau proyek



Format Kriteria Penilaian
Produk
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Praktik
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
3
2
1
2.
Sikap
Baik
Cukup
Kurang
3
2
1

Lembar Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Produk
Performansi
Jumlah Skor
Nilai
Praktik
Sikap












Catatan:
Nilai = (Jumlah skor maksimal) × 10
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.

                                                                                                                                                ................., ………………………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru



____________                                                                                                                        ____________       


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                       :
Mata Pelajaran                       : Matematika
Kelas                                      : XI IPA
Semester                                : Genap
Alokasi Waktu                       : 8 jam pelajaran

A.    Standar Kompetensi
        6.     Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.

B.    Kompetensi Dasar
        6.2   Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri.

C.    Tujuan Pembelajaran
        Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu
·          menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar.
·          menghitung limit fungsi trigonometri di suatu titik.
·          menggunakan limit dalam mencari garis singgung suatu kurva dan laju perubahan suatu fungsi.
                                         
Karakter peserta didik yang diharapkan: teliti, kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu.

D.    Materi Pembelajaran
        Teorema limit.

E.     Metode Pembalajaran
        Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

F.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
        Kegiatan Awal
        - Mengawali pelajaran dengan berdoa.
        - Apersepsi dan motivasi.
        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·          Peserta didik diberikan stimulus materi mengenai limit fungsi.
·          Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menghitung limit fungsi trigonometri di suatu titik.
Elaborasi
·          Guru dan siswa mendiskusikan materi mengenai sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar.
·          Siswa berlatih mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara menghitung limit fungsi trigonometri di suatu titik.
·          Guru dan siswa mendiskusikan materi mengenai  cara menggunakan limit dalam mencari garis singgung suatu kurva dan laju perubahan suatu fungsi.
Konfirmasi
·          Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
·          Guru memberikan pengembangan konsep.
·          Guru memberi soal latihan/tugas kepada peserta didik untuk pemantapan pemahamn materi.
        Kegiatan Akhir
        - Mengakhiri pelajaran dengan berdoa.

G.    Sumber Belajar
Buku paket matematika SMA XI IPA, BSE, dan buku referensi pedukung.

H.    Penilaian
Indikator
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instumen
·     Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar
·     Menghitung limit fungsi trigonometri di suatu titik
·     Menggunakan limit dalam mencari garis singgung suatu kurva dan laju perubahan suatu fungsi
·     Tes tulis
·     Tes praktik
·     Tugas

·      Soal pilihan ganda, isian, menjodohkan, atau esai
·      Praktik
·      Pekerjaan rumah atau proyek



Format Kriteria Penilaian
Produk
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Praktik
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
3
2
1
2.
Sikap
Baik
Cukup
Kurang
3
2
1

Lembar Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Produk
Performansi
Jumlah Skor
Nilai
Praktik
Sikap












Catatan:
Nilai = (Jumlah skor maksimal) × 10
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.

                                                                                                                                                ................., ………………………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru



____________                                                                                                                        ____________       


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                       :
Mata Pelajaran                       : Matematika
Kelas                                      : XI IPA
Semester                                : Genap
Alokasi Waktu                       : 4 jam pelajaran

A.    Standar Kompetensi
        6.     Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.

B.    Kompetensi Dasar
        6.3   Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi.

C.    Tujuan Pembelajaran
        Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu
·          menghitung turunan fungsi dengan menggunakan definisi turunan.
·          menentukan turunan suatu fungsi di satu titik tertentu.
·          menentukan laju perubahan nilai fungsi terhadap variabel bebasnya.
·          menentukan turunan fungsi aljabar dan trigonometri.
·          menentukan turunan fungsi komposisi dengan aturan rantai.
·          menentukan persamaan garis singgung pada suatu kurva.
                                         
Karakter peserta didik yang diharapkan: teliti, kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu.

D.    Materi Pembelajaran
        Turunan fungsi.

E.     Metode Pembalajaran
        Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

F.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
        Kegiatan Awal
        - Mengawali pelajaran dengan berdoa.
        - Apersepsi dan motivasi.
        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·          Peserta didik diberikan stimulus materi mengenai turunan fungsi.
·          Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menentukan turunan suatu fungsi di satu titik tertentu.
·          Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menentukan persamaan garis singgung pada suatu kurva.
Elaborasi
·          Guru dan siswa mendiskusikan materi mengenai cara menghitung turunan fungsi dengan menggunakan definisi turunan.
·          Siswa berlatih mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara menentukan turunan suatu fungsi di satu titik tertentu.
·          Siswa berlatih mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara menentukan persamaan garis singgung pada suatu kurva.
Konfirmasi
·          Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
·          Guru memberikan pengembangan konsep.
·          Guru memberi soal latihan/tugas kepada peserta didik untuk pemantapan pemahamn materi.
        Kegiatan Akhir
        - Mengakhiri pelajaran dengan berdoa.

G.    Sumber Belajar
Buku paket matematika SMA XI IPA, BSE, dan buku referensi pedukung.


H.    Penilaian
Indikator
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instumen
·     Menghitung turunan fungsi dengan menggunakan definisi turunan
·     Menentukan turunan suatu fungsi di satu titik tertentu
·     Menentukan laju perubahan nilai fungsi terhadap variabel bebasnya
·     Menentukan turunan fungsi aljabar dan trigonometri
·     Menentukan turunan fungsi komposisi dengan aturan rantai
·     Menentukan persamaan garis singgung pada suatu kurva
·     Tes tulis
·     Tes praktik
·     Tugas

·      Soal pilihan ganda, isian, menjodohkan, atau esai
·      Praktik
·      Pekerjaan rumah atau proyek


Format Kriteria Penilaian
Produk
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Praktik
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
3
2
1
2.
Sikap
Baik
Cukup
Kurang
3
2
1

Lembar Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Produk
Performansi
Jumlah Skor
Nilai
Praktik
Sikap












Catatan:
Nilai = (Jumlah skor maksimal) × 10
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.

                                                                                                                                                ................., ………………………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru



____________                                                                                                                        ____________       


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                       :
Mata Pelajaran                       : Matematika
Kelas                                      : XI IPA
Semester                                : Genap
Alokasi Waktu                       : 4 jam pelajaran

A.    Standar Kompetensi
        6.     Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.

B.    Kompetensi Dasar
        6.4   Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah.

C.    Tujuan Pembelajaran
        Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu
·          menentukan selang dimana fungsi naik atau turun.
·          menentukan titik stasioner suatu fungsi beserta jenis ekstrimnya.
·          mensketsa grafik fungsinya.
·          menggunakan turunan dalam perhitungan kecepatan dan percepatan.
·          menentukan limit fungsi bentuk tak tentu.
                                         
Karakter peserta didik yang diharapkan: teliti, kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu.

D.    Materi Pembelajaran
        Karakteristik fungsi.

E.     Metode Pembalajaran
        Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

F.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
        Kegiatan Awal
        - Mengawali pelajaran dengan berdoa.
        - Apersepsi dan motivasi.
        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·          Peserta didik diberikan stimulus materi mengenai karakteristik suatu fungsi.
·          Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menentukan titik stasioner suatu fungsi beserta jenis ekstrimnya.
·          Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menggunakan turunan dalam perhitungan kecepatan dan percepatan.
Elaborasi
·          Guru dan siswa mendiskusikan materi mengenai cara menentukan selang dimana fungsi naik atau turun.
·          Siswa berlatih mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara menentukan titik stasioner suatu fungsi beserta jenis ekstrimnya.
·          Guru dan siswa mendiskusikan materi mengenai cara membuat sketsa grafik fungsi.
·          Siswa berlatih mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara menggunakan turunan dalam perhitungan kecepatan dan percepatan.
Konfirmasi
·          Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
·          Guru memberikan pengembangan konsep.
·          Guru memberi soal latihan/tugas kepada peserta didik untuk pemantapan pemahamn materi.
        Kegiatan Akhir
        - Mengakhiri pelajaran dengan berdoa.

G.    Sumber Belajar
Buku paket matematika SMA XI IPA, BSE, dan buku referensi pedukung.

H.    Penilaian
Indikator
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instumen
·     Menentukan selang dimana fungsi naik atau turun
·     Menentukan titik stasioner suatu fungsi beserta jenis ekstrimnya
·     Mensketsa grafik fungsinya
·     Menggunakan turunan dalam perhitungan kecepatan dan percepatan
·     Menentukan limit fungsi bentuk tak tentu
·     Tes tulis
·     Tes praktik
·     Tugas

·      Soal pilihan ganda, isian, menjodohkan, atau esai
·      Praktik
·      Pekerjaan rumah atau proyek



Format Kriteria Penilaian
Produk
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Praktik
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
3
2
1
2.
Sikap
Baik
Cukup
Kurang
3
2
1

Lembar Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Produk
Performansi
Jumlah Skor
Nilai
Praktik
Sikap












Catatan:
Nilai = (Jumlah skor maksimal) × 10
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.

                                                                                                                                                ................., ………………………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru



____________                                                                                                                        ____________       


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                       :
Mata Pelajaran                       : Matematika
Kelas                                      : XI IPA
Semester                                : Genap
Alokasi Waktu                       : 4 jam pelajaran

A.    Standar Kompetensi
        6.     Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.

B.    Kompetensi Dasar
        6.5   Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi.

C.    Tujuan Pembelajaran
        Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu
·          mengidentifikasi masalah-masalah yang dapat diselesaikan dengan konsep ekstrim fungsi.
·          merumuskan model matematika dari masalah ekstrim fungsi.
                                         
Karakter peserta didik yang diharapkan: teliti, kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu.

D.    Materi Pembelajaran
        Ekstrim fungsi.

E.     Metode Pembalajaran
        Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

F.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
        Kegiatan Awal
        - Mengawali pelajaran dengan berdoa.
        - Apersepsi dan motivasi.
        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·          Peserta didik diberikan stimulus materi mengenai ekstrim fungsi.
Elaborasi
·          Guru dan siswa mendiskusikan materi mengenai cara mengidentifikasi masalah-masalah yang dapat diselesaikan dengan konsep ekstrim fungsi.
·          Guru dan siswa mendiskusikan materi mengenai cara merumuskan model matematika dari masalah ekstrim fungsi.
Konfirmasi
·          Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
·          Guru memberikan pengembangan konsep.
·          Guru memberi soal latihan/tugas kepada peserta didik untuk pemantapan pemahamn materi.
        Kegiatan Akhir
        - Mengakhiri pelajaran dengan berdoa.

G.    Sumber Belajar
Buku paket matematika SMA XI IPA, BSE, dan buku referensi pedukung.

H.    Penilaian
Indikator
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instumen
·     Mengidentifikasi masalah-masalah yang bisa diselesaikan dengan konsep ekstrim fungsi
·     Merumuskan model matematika dari masalah ekstrim fungsi
·     Tes tulis
·     Tes praktik
·     Tugas

·      Soal pilihan ganda, isian, menjodohkan, atau esai
·      Praktik
·      Pekerjaan rumah atau proyek



Format Kriteria Penilaian
Produk
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Praktik
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
3
2
1
2.
Sikap
Baik
Cukup
Kurang
3
2
1

Lembar Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Produk
Performansi
Jumlah Skor
Nilai
Praktik
Sikap












Catatan:
Nilai = (Jumlah skor maksimal) × 10
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.

                                                                                                                                                ................., ………………………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru



____________                                                                                                                        ____________       


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                       :
Mata Pelajaran                       : Matematika
Kelas                                      : XI IPA
Semester                                : Genap
Alokasi Waktu                       : 8 jam pelajaran

A.    Standar Kompetensi
        6.     Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.

B.    Kompetensi Dasar
        6.6   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya.

C.    Tujuan Pembelajaran
        Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu
·          menyelesaikan model matematika dari masalah ekstrim fungsi.
·          menafsirkan solusi dari masalah nilai ekstrim.
                                         
Karakter peserta didik yang diharapkan: teliti, kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu.

D.    Materi Pembelajaran
        Ekstrim fungsi.

E.     Metode Pembalajaran
        Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

F.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
        Kegiatan Awal
        - Mengawali pelajaran dengan berdoa.
        - Apersepsi dan motivasi.
        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·          Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menyelesaikan model matematika dari masalah ekstrim fungsi.
Elaborasi
·          Siswa berlatih mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara menyelesaikan model matematika dari masalah ekstrim fungsi.
·          Guru dan siswa mendiskusikan materi mengenai cara menafsirkan solusi dari masalah nilai ekstrim.
Konfirmasi
·          Guru memandu untuk pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
·          Guru memberikan pengembangan konsep.
·          Guru memberi soal latihan/tugas kepada peserta didik untuk pemantapan pemahamn materi.
        Kegiatan Akhir
        - Mengakhiri pelajaran dengan berdoa.

G.    Sumber Belajar
Buku paket matematika SMA XI IPA, BSE, dan buku referensi pedukung.

H.    Penilaian
Indikator
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instumen
·     Menyelesaikan model matematika dari masalah ekstrim fungsi
·     Menafsirkan solusi dari masalah nilai ekstrim
·     Tes tulis
·     Tes praktik
·     Tugas

·      Soal pilihan ganda, isian, menjodohkan, atau esai
·      Praktik
·      Pekerjaan rumah atau proyek



Format Kriteria Penilaian
Produk
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Praktik
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
3
2
1
2.
Sikap
Baik
Cukup
Kurang
3
2
1

Lembar Penilaian
No.
Nama Peserta Didik
Produk
Performansi
Jumlah Skor
Nilai
Praktik
Sikap












Catatan:
Nilai = (Jumlah skor maksimal) × 10
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.

                                                                                                                                                ................., ………………………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                     Guru



____________                                                                                                                        ____________       


      
0 Komentar untuk "RPP K13 Revisi 2022 Untuk SD, SMP, SMA Terbaru September 2022"

Back To Top