Rancangan Perangkat Pembelajaran (RPP) dan Silabus Kurikulum 2013 (K13) untuk SD kelas 1,2,3,4,5,6. SMP Kelas 7,8,9. SMA Kelas 10,11,12 sesuai Revisi Tahun 2021.
RPP K13 Revisi 2022 Untuk SD, SMP, SMA |
Rancangan Perangkat Pembelajaran (RPP) dan Silabus Kurikulum 2013 (K13) untuk SD kelas 1,2,3,4,5,6. SMP Kelas 7,8,9. SMA Kelas 10,11,12 sesuai Revisi Tahun 2019.
Daftar Isi
RPP K13 SD
RPP K13 SMP
RPP K13 SMA
RPP K13 SD
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Kelas/Semester :
IV/1
Alokasi Waktu :
Tema :
Indahnya Kebersamaan
Subtema :
1
Pertemuan ke :
1
A. Kompetensi Inti
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam
keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam
keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas
suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara
adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah
dan masyarakat sekitar
3.4 Memahami arti bersatu dalam
keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
SBDP
3.3 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada
dengan gerak tangan
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai
dengan tinggi rendah nada
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan
menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas,
bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika
interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia dalam
dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
C. Indikator
PPKn
1.
Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk
tulisan
2.
Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran
3.
Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi
anak Indonesia
SBDP
1. Menyanyikan lagu
“Aku Anak Indonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai
Bahasa Indonesia
1. Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku
Minang” dalam bentuk peta pikiran
IPS
1. Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan
untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan
D. Materi
1.
Mengenal
keberagaman budaya Indonesia
2.
Memahami
keberagaman budaya
3. Berekspresi dengan lagu
Kemampuan
yang dikembangkan:
Sikap
|
:
|
·
Percaya diri, disiplin, dan rasa ingin
tahu
|
Keterampilan
|
:
|
·
Berkomunikasi dan mencari informasi
|
Pengatahuan
|
:
|
·
Keberagaman budaya dan lagu nasional
|
E. Tujuan
1. Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas,
siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan
dengan benar.
2. Setelah membaca teks “Mengenal Suku Minang”,
siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
3. Setelah mencari informasi keragaman teman
sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan
untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan dengan benar.
4. Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu
menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia
dengan benar.
5. Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu
membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai.
F. Media dan Alat Pembelajaran
1. Peta budaya (ada
pada buku siswa),
2. Teks lagu “Aku Anak
Indonesia”.
3. Buku materi dan buku pendukung lainnya.
G. Pendekatan dan Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative learning
Teknik : Example
Metode : Penugasan, tanya
jawab, diskusi, permainan dan ceramah
H.
Kegiatan Pembelajaran
Tahukah kamu
·
Siswa mengamati peta budaya
perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat musik tradisional.
·
Siswa menjawab pertanyaan
yang ada pada buku siswa.
·
Guru berkeliling
untuk mengetahui apakah siswa memiliki kesulitan dalam menyelesaikan tugas
Ayo Bekerjasama
·
Siswa mendiskusikan jawaban
secara berkelompok (satu kelompok terdiri atas 5 siswa). (Penilaian no. 3)
·
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya.
Ayo Belajar
·
Siswa membaca teks
“Mengenal Suku Minang”. Siswa mengambil informasi
penting dari teks yang dibacanya dan menuliskannya
dalam bentuk peta pikiran. (Penilaian no. 1, lihat di bagian penilaian)
·
Siswa berpasangan
mendiskusikan jawaban dengan temannya. Guru dan siswa
mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas.
·
Setelah membuat peta
pikiran dan mendiskusikannya, siswa secara individu menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
·
Untuk menggiring siswa pada
pelajaran selanjutnya, guru secara klasikal dapat mengajukan pertanyaan berikut.
-
Dari manakah asal daerah
kalian?
-
Apakah ciri khas daerah
asalmu?
Ayo Cari Tahu
·
Siswa mencari asal-usul
daerah teman-temannya di kelas melalui kegiatan
bertanya-jawab tentang suku, agama, dan ciri khas daerah
masing-masing. Ciri khas daerah dapat dilihat dari
berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat,
bahasa, upacara adat, dan lain-lain).
·
Siswa membuat kesimpulan
dari tabel hasil wawancara. Guru membantu siswa dengan
mengajukan pertanyaan yang ada pada buku siswa.
·
Siswa menjawab pertanyaan
yang ada pada buku siswa.
·
Siswa mengisi tabel tentang sikap yang berkaitan dengan keberagaman.
(Penilaian no. 2)
Ayo Bernyanyi
Setelah melakukan kegiatan di atas, ajak siswa untuk meningkatkan kebanggaan mereka menjadi anak Indonesia melalui kegiatan
bernyanyi.
·
Guru menunjukkan cara
menyanyikan lagu tersebut sesuai dengan notasi lagu
dan tinggi rendah nada. Siswa bernyanyi bersama.
(Penilaian no. 4)
·
Guru memberikan perhatian
kepada mereka yang belum bisa menyanyikan lagu sesuai notasi yang benar.
Ayo Bekerja Sama
·
Siswa mendiskusikan isi dan
makna lagu “Aku Anak Indonesia” dalam kelompoknya.
·
Setiap kelompok
berpresentasi di depan kelas.
·
Siswa diberi penguatan tentang
pentingnya memiliki kebanggaan menjadi anak Indonesia.
Ayo Ceritakan
·
Semua siswa menceritakan
alasan mengapa harus bangga menjadi anak Indonesia.
·
Siswa juga menuliskan
perilaku yang menunjukkan rasa bangga menjadi anak
Indonesia.
·
Siswa menunjukkan
tulisannya kepada seorang teman.
Ayo Renungkan
·
Siswa menjawab pertanyaan
perenungan yang ada pada buku siswa.
·
Guru dapat menambahkan
pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan
Pengayaan
Siswa dapat mencari tambahan informasi tentang keberagaman di Indonesia
melalui internet, koran, narasumber, atau majalah.
Remedial
Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang masih memiliki kesulitan
dalam memahami peta pikiran. Kegiatan ini dapat dilakukan secara kelompok atau individu selama 30 menit.
Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.
1. Beri siswa peta pikiran kosong.
2. Mintalah siswa menuliskan topik yang akan dibahas di lingkaran
tengah.
3. Bimbing siswa untuk membahas subtopik di setiap lingkaran dengan
mengajukan pertanyaan pengarah.
I. Penilaian
1. Penilaian periksa untuk peta pikiran. (Bahasa Indonesia)
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Peta pikiran memuat rumah adat.
|
||
Peta pikiran memuat bahasa.
|
||
Peta pikiran memuat alat musik tradisional.
|
||
Peta pikiran memuat makanan tradisional.
|
||
Peta pikiran memuat tarian tradisional.
|
2. Daftar periksa untuk menyanyi. (SBdP)
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menuliskan 5 sikap menghargai keberagaman
|
||
Menuliskan 5 sikap yang tidak menghargai keberagaman
|
3. Daftar periksa untuk menyanyi
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Bernyanyi sesuai dengan intonasi yang benar.
|
||
Bernyanyi sesuai dengan tinggi rendah nada.
|
4. Rubrik Diskusi
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Cukup
|
Berlatih lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
(3)
|
Mendengarkan teman
yang berbicara namun
sesekali masih perlu
diingatkan.
(2)
|
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
(1)
|
Komunikasi
nonverbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara)
|
Merespons dan
menerapkan komunikasi
nonverbal dengan tepat.
(3)
|
Merespons dengan tepat
terhadap komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan teman.
(2)
|
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami bentuk
komunikasi nonverbal
yang ditunjukkan
teman.
(1)
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
|
Isi pembicaraan
menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan
memimpin lainnya saat
diskusi.
(3)
|
Berbicara dan
menerangkan secara
rinci, Merespons sesuai
dengan topik.
(2)
|
Jarang berbicara
selama proses diskusi
berlangsung.
(1)
|
Keruntutan
berbicara
|
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal hingga
akhir.
(3)
|
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut, tetapi belum
konsisten.
(2)
|
Masih perlu berlatih
untuk berbicara
secara runtut.
(1)
|
Catatan : yang dicetak tebal
adalah bagian yang memenuhi kriteria
Penilaian :
(Nilai yang diperoleh 12) x 10
5. Penilaian Sikap
(peduli, percaya diri, dan rasa ingin tahu
terlampir
Contoh Instrumen
.........
.........
Dibuat di :
Tanggal : 2019
Mengetahui,
Kepala sekolah Guru
Kelas
RPP K13 SMP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas : VII
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran
A. Kompetensi
Inti:
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar:
1.1
Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional.
3.3 Memahami fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan
tahun.
3.11 Memahami fungsi sosial dan unsur
kebahasaan dalam lagu.
4.3 Menyusun teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari,
waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.13 Menangkap pesan dalam lagu.
C. Indikator:
1.
Menjelaskan fungsi sosial dari teks untuk
menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun.
2.
Menjelaskan struktur teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
3.
Menjelaskan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari,
bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
D. Tujuan Pembelajaran
Melalui
diskusi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat:
1.
Mendeskripsikan fungsi sosial dari teks untuk
menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun.
2.
Menunjukkan sikap sopan santun dalam
menanyakan
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan
tahun.
3.
Menunjukkan sikap jujur dalam menyatakan nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
4.
Mengemukakan struktur teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
5.
Melaporkan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
E. Materi Pembelajaran
1.
Fungsi sosial dari teks untuk
menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun.
2.
Sikap sopan santun dalam menanyakan nama
hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan
tahun.
3.
Sikap jujur dalam menyatakan nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
4.
Struktur teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama
waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
5. Unsur kebahasaan dari teks
untuk
menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun.
F.
Pendekatan,
Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Scientifik/
5M (Mengamati,
Menanya, Menalar, Mencoba, Membentuk Jejaring).
Strategi :
Jigsaw, Cooperative.
Metode Pembelajaran :
Ceramah, tanya jawab, diskusi,
dan penugasan.
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
1. Pendahuluan
|
· Memberikan
salam.
· Menanyakan
kepada siswa mengenai kesiapan
dan kenyamanan untuk belajar.
· Mempersilakan
salah satu siswa memimpin doa.
· Menanyakan
kehadiran siswa.
· Tanya
jawab tentang “Bagaimana
cara mengucapkan tanggal dan bulan dalam Bahasa Inggris dengan benar?”
· Menyampaikan
informasi mengenai pembelajaran yang akan dilaksanakan untuk menjawab
pertanyaan di atas melalui pembelajaran “Teks lisan dan tulis menyebutkan dan menanyakan nama hari,
bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun”.
· Guru menyampaikan informasi mengenai tujuan
pembelajaran dan indikator yang akan dicapai.
|
2. Inti
|
Mengamati
· Siswa
mendengarkan dan membaca banyak kalimat menyebutkan dan menanyakan nama hari,
bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
· Siswa
mengikuti interaksi menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu
dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
· Siswa
menirukan contoh-contoh kalimat menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
· Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi kalimat menyebutkan dan
menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka,
tanggal, dan tahun (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
kalimat menyebutkan dan
menanyakan nama
hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan
tahun dalam bahasa Inggris, dan perbedaan dengan yang ada
dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
a.
Siswa menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama
waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun dalam konteks simulasi,
role-play, dan kegiatanlain yang
terstruktur.
b.
Siswa berusaha menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama
waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.
Mengasosiasi
· Siswa
membandingkan antara menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu
dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun dalam bahasa ibu
atau bahasa Indonesia.
Mengkomunikasikan
· Siswa
menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu
dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun dengan bahasa Inggris, di dalam dan di
luar kelas.
· Siswa
menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan
dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk
angka, tanggal, dan tahun dalam jurnal belajarnya.
|
3.Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan siswa
dibantu oleh guru menyimpulkan materi “Teks lisan dan tulis menyebutkan dan menanyakan nama hari,
bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun”.
·
Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
·
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran.
·
Siswa diberi tugas untuk
menanyakan tanggal, bulan, dan tahun lahir teman sekelasnya kemudian
mencatatnya di buku tugas.
· Mengucapkan salam.
|
H. Penilaian
Hasil Belajar
Kriteria Penilaian
· Tingkat
ketercapaian fungsi sosial penyebutan dan menanyakan nama hari, bulan, nama
waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun Tingkat
kelengkapan dan keruntutan struktur teks perkenalan diri.
· Tingkat
ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata,
intonasi.
Cara
Penilaian
Unjuk kerja
·
Bermain peran (role
play) dalam bentuk interaksi menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan, nama
waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
· Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyebutkan
dan menanyakan nama
hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan
tahun.
Pengamatan (observations):
· Upaya
menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun ketika
muncul kesempatan.
· Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
· Perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
·
Perilaku jujur, disiplin, percaya diri,
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
I. Contoh
Instrumen untuk Penelitian
J. Sumber
Belajar :
· Model ucapan dan tindakan guru
menggunakan setiap tindakan komunikasi transaksional dan fungsional dengan
benar, tepat, dan dengan sikap yang sesuai.
· Contoh
peragaan dalam bentuk rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
· Contoh
interaksi tertulis
· Contoh
teks tertulis
· Teks
atau latihan dari buku teks Bahasa Inggris
· Teks
dari buku non-teks
· Sumber
dari internet, seperti:
……………………………….,
2019
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
RPP K13 SMA
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas :
XI IPA
Semester :
Genap
Alokasi Waktu :
12 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi
4. Menggunakan aturan suku banyak dalam penyelesaian masalah.
B. Kompetensi Dasar
4.1 Menggunakan algoritma
pembagian suku banyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu
·
menjelaskan algoritma pembagian suku
banyak.
·
menentukan derajat suku banyak hasil
bagi dan sisa pembagian dalam algoritma pembagian.
·
menentukan hasil bagi dan sisa
pembagian suku banyak oleh bentuk linear atau kuadrat.
Karakter
peserta didik yang diharapkan: teliti,
kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu.
D. Materi Pembelajaran
Suku
banyak.
E. Metode Pembalajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan
pemberian tugas.
F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
- Mengawali pelajaran dengan berdoa.
- Apersepsi dan motivasi.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Peserta didik
diberikan stimulus materi mengenai suku banyak.
·
Guru dan peserta
didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menentukan
hasil bagi dan sisa pembagian suku banyak oleh bentuk linear atau kuadrat.
Elaborasi
·
Guru dan siswa
mendiskusikan materi mengenai algoritma pembagian suku
banyak.
·
Guru dan siswa
mendiskusikan materi mengenai cara menentukan derajat suku banyak
hasil bagi dan sisa pembagian dalam algoritma pembagian.
·
Siswa berlatih
mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara menentukan
hasil bagi dan sisa pembagian suku banyak oleh bentuk linear atau kuadrat.
Konfirmasi
·
Guru memandu untuk
pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
·
Guru
memberikan pengembangan konsep.
·
Guru memberi soal
latihan/tugas kepada peserta didik untuk pemantapan pemahamn materi.
Kegiatan Akhir
- Mengakhiri pelajaran dengan berdoa.
G. Sumber Belajar
Buku paket matematika SMA XI IPA, BSE, dan buku referensi
pedukung.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instumen
|
· Menentukan derajat dan koefisien-koefisien tiap suku dari suku banyak
serta mengidentifikasi bentuk matematika yang merupakan suku banyak
· Menentukan nilai dari suatu suku banyak dengan menggunakan cara
substitusi langsung dan skema
· Menentukan hasil bagi dan sisa pembagian dari pembagian suku banyak oleh
bentuk linear atau kuadrat serta menentukan derajat hasil bagi dan sisa
pembagiannya dengan menggunakan cara pembagian suku banyak bentuk panjang dan
sintetik (Horner)
|
·
Tes
tulis
·
Tes
praktik
·
Tugas
|
·
Soal
pilihan ganda, isian, menjodohkan, atau esai
·
Praktik
·
Pekerjaan
rumah atau proyek
|
Format Kriteria Penilaian
Produk
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Praktik
|
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
|
3
2
1
|
2.
|
Sikap
|
Baik
Cukup
Kurang
|
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
Catatan:
Nilai
= (Jumlah skor maksimal) × 10
Untuk
peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
.................,
………………………………..
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
____________ ____________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas :
XI IPA
Semester :
Genap
Alokasi Waktu :
12 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi
4. Menggunakan aturan suku banyak dalam penyelesaian masalah.
B. Kompetensi Dasar
4.2 Menggunakan teorema sisa
dan teorema faktor dalam pemecahan masalah.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu
·
menentukan sisa pembagian suku banyak
oleh bentuk linear dan kuadrat dengan teorema sisa.
·
menentukan faktor linear dari suku banyak
dengan teorema faktor.
·
menyelesaikan
persamaan suku banyak dengan menggunakan teorema faktor.
Karakter
peserta didik yang diharapkan: teliti,
kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu.
D. Materi Pembelajaran
Teorema
sisa dan teorema faktor.
E. Metode Pembalajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan
pemberian tugas.
F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
- Mengawali pelajaran dengan berdoa.
- Apersepsi dan motivasi.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Peserta didik
diberikan stimulus materi mengenai teorema sisa dan teorema
faktor.
·
Guru dan peserta
didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menyelesaikan persamaan suku banyak dengan menggunakan teorema faktor.
Elaborasi
·
Guru dan siswa
mendiskusikan materi mengenai teorema sisa dan teorema
faktor.
·
Guru dan siswa
mendiskusikan materi mengenai cara menentukan faktor linear
dari suku banyak dengan teorema faktor.
·
Siswa berlatih
mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara menyelesaikan persamaan suku banyak dengan menggunakan teorema faktor.
Konfirmasi
·
Guru memandu untuk
pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
·
Guru
memberikan pengembangan konsep.
·
Guru memberi soal
latihan/tugas kepada peserta didik untuk pemantapan pemahamn materi.
Kegiatan Akhir
- Mengakhiri pelajaran dengan berdoa.
G. Sumber Belajar
Buku paket matematika SMA XI IPA, BSE, dan buku referensi
pedukung.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instumen
|
· Menentukan hasil bagi dan sisa pembagian dari pembagian suku banyak oleh
bentuk linear dan kuadrat dengan menggunakan teorema sisa
· Membuktikan teorema sisa
· Menentukan faktor linear dari suku banyak dengan menggunakan teorema
faktor
· Membuktikan teorema faktor
· Menentukan akar-akar suatu persamaan suku banyak
|
·
Tes
tulis
·
Tes
praktik
·
Tugas
|
·
Soal
pilihan ganda, isian, menjodohkan, atau esai
·
Praktik
·
Pekerjaan
rumah atau proyek
|
Format
Kriteria Penilaian
Produk
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Praktik
|
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
|
3
2
1
|
2.
|
Sikap
|
Baik
Cukup
Kurang
|
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
Catatan:
Nilai
= (Jumlah skor maksimal) × 10
Untuk
peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
.................,
………………………………..
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
____________ ____________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas :
XI IPA
Semester :
Genap
Alokasi Waktu :
8 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi
5. Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi.
B. Kompetensi Dasar
5.1 Menentukan komposisi
fungsi dari dua fungsi.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu
·
menyebutkan
sifat-sifat komposisi fungsi.
·
melakukan operasi-operasi aljabar
yang diterapkan pada fungsi.
·
menentukan rumus
fungsi dari setiap fungsi yang diberikan.
·
menentukan komponen pembentuk fungsi
komposisi apabila fungsi komposisi dan komponen lainnya diketahui.
Karakter
peserta didik yang diharapkan: teliti,
kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu.
D. Materi Pembelajaran
Fungsi komposisi dan fungsi invers.
E. Metode Pembalajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan
pemberian tugas.
F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
- Mengawali pelajaran dengan berdoa.
- Apersepsi dan motivasi.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Peserta didik
diberikan stimulus materi mengenai komposisi fungsi.
·
Guru dan peserta
didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara melakukan
operasi-operasi aljabar yang diterapkan pada fungsi.
·
Guru dan peserta
didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menentukan
komponen pembentuk fungsi komposisi apabila fungsi komposisi dan komponen
lainnya diketahui.
Elaborasi
·
Guru dan siswa
mendiskusikan materi mengenai sifat-sifat komposisi fungsi.
·
Siswa berlatih
mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara melakukan
operasi-operasi aljabar yang diterapkan pada fungsi.
·
Guru dan siswa
mendiskusikan materi mengenai cara menentukan rumus fungsi dari setiap fungsi yang diberikan.
·
Siswa berlatih
mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara menentukan
komponen pembentuk fungsi komposisi apabila fungsi komposisi dan komponen
lainnya diketahui.
Konfirmasi
·
Guru memandu untuk
pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
·
Guru
memberikan pengembangan konsep.
·
Guru memberi soal
latihan/tugas kepada peserta didik untuk pemantapan pemahamn materi.
Kegiatan Akhir
- Mengakhiri pelajaran dengan berdoa.
G. Sumber Belajar
Buku paket matematika SMA XI IPA, BSE, dan buku referensi
pedukung.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instumen
|
· Menentukan sifat khusus yang mungkin dimiliki oleh sebuah fungsi
· Melakukan operasi-operasi aljabar yang diterapkan pada fungsi
· Menentukan rumus fungsi dari setiap fungsi yang diberikan
· Menentukan komponen pembentuk fungsi komposisi bila aturan komposisi dan
komponen lainnya diketahui
|
·
Tes
tulis
·
Tes
praktik
·
Tugas
|
·
Soal
pilihan ganda, isian, menjodohkan, atau esai
·
Praktik
·
Pekerjaan
rumah atau proyek
|
Format
Kriteria Penilaian
Produk
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Praktik
|
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
|
3
2
1
|
2.
|
Sikap
|
Baik
Cukup
Kurang
|
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
Catatan:
Nilai
= (Jumlah skor maksimal) × 10
Untuk
peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
.................,
………………………………..
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
____________ ____________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas :
XI IPA
Semester :
Genap
Alokasi Waktu :
8 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi
5. Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi.
B. Kompetensi Dasar
5.2 Menentukan
invers suatu fungsi.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu
·
menentukan fungsi invers dari suatu
fungsi.
·
menggambarkan
grafik fungsi invers dari grafik fungsi asalnya.
·
menentukan fungsi
invers dari fungsi komposisi dan nilainya.
Karakter
peserta didik yang diharapkan: teliti,
kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu.
D. Materi Pembelajaran
Fungsi invers.
E. Metode Pembalajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan
pemberian tugas.
F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
- Mengawali pelajaran dengan berdoa.
- Apersepsi dan motivasi.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Peserta didik
diberikan stimulus materi mengenai fungsi invers.
·
Guru dan peserta
didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menentukan fungsi invers dari fungsi komposisi dan nilainya.
Elaborasi
·
Guru dan siswa
mendiskusikan materi mengenai cara menentukan fungsi invers
dari suatu fungsi.
·
Guru dan siswa
mendiskusikan materi mengenai cara menggambarkan
grafik fungsi invers dari grafik fungsi asalnya.
·
Siswa berlatih
mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara menentukan fungsi invers dari fungsi komposisi dan nilainya.
Konfirmasi
·
Guru memandu untuk
pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
·
Guru
memberikan pengembangan konsep.
·
Guru memberi soal
latihan/tugas kepada peserta didik untuk pemantapan pemahamn materi.
Kegiatan Akhir
- Mengakhiri pelajaran dengan berdoa.
G. Sumber Belajar
Buku paket matematika SMA XI IPA, BSE, dan buku referensi
pedukung.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instumen
|
·
Menentukan rumus
fungsi invers dari suatu fungsi
·
Menggambarkan grafik
fungsi invers dari grafik fungsi asalnya
·
Menentukan fungsi
invers dari fungsi komposisi dan nilainya
|
·
Tes
tulis
·
Tes
praktik
·
Tugas
|
·
Soal
pilihan ganda, isian, menjodohkan, atau esai
·
Praktik
·
Pekerjaan
rumah atau proyek
|
Format
Kriteria Penilaian
Produk
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Praktik
|
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
|
3
2
1
|
2.
|
Sikap
|
Baik
Cukup
Kurang
|
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
Catatan:
Nilai
= (Jumlah skor maksimal) × 10
Untuk
peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
.................,
………………………………..
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
____________ ____________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas :
XI IPA
Semester :
Genap
Alokasi Waktu :
4 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi
6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar
6.1 Menjelaskan secara
intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di tak hingga.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu
·
menjelaskan arti limit fungsi di
satu titik melalui perhitungan nilai-nilai di sekitar titik tersebut.
·
menjelaskan arti limit fungsi di tak
berhingga melalui grafik dan perhitungan.
Karakter
peserta didik yang diharapkan: teliti,
kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu.
D. Materi Pembelajaran
Limit fungsi.
E. Metode Pembalajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan
pemberian tugas.
F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
- Mengawali pelajaran dengan berdoa.
- Apersepsi dan motivasi.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Peserta didik
diberikan stimulus materi mengenai limit fungsi.
Elaborasi
·
Guru dan siswa
mendiskusikan materi mengenai arti limit fungsi di
satu titik melalui perhitungan nilai-nilai di sekitar titik tersebut.
·
Guru dan siswa
mendiskusikan materi mengenai menjelaskan arti limit
fungsi di tak berhingga melalui grafik dan perhitungan.
Konfirmasi
·
Guru memandu untuk
pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
·
Guru
memberikan pengembangan konsep.
·
Guru memberi soal
latihan/tugas kepada peserta didik untuk pemantapan pemahamn materi.
Kegiatan Akhir
- Mengakhiri pelajaran dengan berdoa.
G. Sumber Belajar
Buku paket matematika SMA XI IPA, BSE, dan buku referensi
pedukung.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instumen
|
· Menjelaskan arti limit fungsi di satu titik melalui perhitungan
nilai-nilai di sekitar titik tersebut
· Menjelaskan arti limit fungsi di tak berhingga melalui grafik dan
perhitungan
|
·
Tes
tulis
·
Tes
praktik
·
Tugas
|
·
Soal
pilihan ganda, isian, menjodohkan, atau esai
·
Praktik
·
Pekerjaan
rumah atau proyek
|
Format
Kriteria Penilaian
Produk
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Praktik
|
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
|
3
2
1
|
2.
|
Sikap
|
Baik
Cukup
Kurang
|
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
Catatan:
Nilai
= (Jumlah skor maksimal) × 10
Untuk
peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
.................,
………………………………..
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
____________ ____________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas :
XI IPA
Semester :
Genap
Alokasi Waktu :
8 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi
6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar
6.2 Menggunakan sifat limit
fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu
·
menggunakan
sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar.
·
menghitung limit fungsi trigonometri
di suatu titik.
·
menggunakan limit dalam mencari
garis singgung suatu kurva dan laju perubahan suatu fungsi.
Karakter
peserta didik yang diharapkan: teliti,
kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu.
D. Materi Pembelajaran
Teorema limit.
E. Metode Pembalajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan
pemberian tugas.
F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
- Mengawali pelajaran dengan berdoa.
- Apersepsi dan motivasi.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Peserta didik
diberikan stimulus materi mengenai limit fungsi.
·
Guru dan peserta
didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menghitung
limit fungsi trigonometri di suatu titik.
Elaborasi
·
Guru dan siswa
mendiskusikan materi mengenai sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu
fungsi aljabar.
·
Siswa berlatih
mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara menghitung
limit fungsi trigonometri di suatu titik.
·
Guru dan siswa
mendiskusikan materi mengenai cara menggunakan limit dalam mencari garis singgung suatu kurva dan laju
perubahan suatu fungsi.
Konfirmasi
·
Guru memandu untuk
pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
·
Guru
memberikan pengembangan konsep.
·
Guru memberi soal
latihan/tugas kepada peserta didik untuk pemantapan pemahamn materi.
Kegiatan Akhir
- Mengakhiri pelajaran dengan berdoa.
G. Sumber Belajar
Buku paket matematika SMA XI IPA, BSE, dan buku referensi
pedukung.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instumen
|
· Menggunakan sifat
limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar
· Menghitung limit fungsi trigonometri di suatu titik
· Menggunakan limit dalam mencari garis singgung suatu kurva dan laju
perubahan suatu fungsi
|
·
Tes
tulis
·
Tes
praktik
·
Tugas
|
·
Soal
pilihan ganda, isian, menjodohkan, atau esai
·
Praktik
·
Pekerjaan
rumah atau proyek
|
Format
Kriteria Penilaian
Produk
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Praktik
|
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
|
3
2
1
|
2.
|
Sikap
|
Baik
Cukup
Kurang
|
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
Catatan:
Nilai
= (Jumlah skor maksimal) × 10
Untuk
peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
.................,
………………………………..
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
____________ ____________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas :
XI IPA
Semester :
Genap
Alokasi Waktu :
4 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi
6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar
6.3 Menggunakan konsep dan
aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu
·
menghitung turunan fungsi dengan
menggunakan definisi turunan.
·
menentukan turunan suatu fungsi di
satu titik tertentu.
·
menentukan laju perubahan nilai
fungsi terhadap variabel bebasnya.
·
menentukan turunan fungsi aljabar
dan trigonometri.
·
menentukan turunan fungsi komposisi
dengan aturan rantai.
·
menentukan persamaan garis singgung
pada suatu kurva.
Karakter
peserta didik yang diharapkan: teliti,
kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu.
D. Materi Pembelajaran
Turunan fungsi.
E. Metode Pembalajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan
pemberian tugas.
F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
- Mengawali pelajaran dengan berdoa.
- Apersepsi dan motivasi.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Peserta didik
diberikan stimulus materi mengenai turunan fungsi.
·
Guru dan peserta
didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menentukan
turunan suatu fungsi di satu titik tertentu.
·
Guru dan peserta
didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menentukan
persamaan garis singgung pada suatu kurva.
Elaborasi
·
Guru dan siswa
mendiskusikan materi mengenai cara menghitung turunan
fungsi dengan menggunakan definisi turunan.
·
Siswa berlatih
mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara menentukan
turunan suatu fungsi di satu titik tertentu.
·
Siswa berlatih
mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara menentukan
persamaan garis singgung pada suatu kurva.
Konfirmasi
·
Guru memandu untuk
pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
·
Guru
memberikan pengembangan konsep.
·
Guru memberi soal
latihan/tugas kepada peserta didik untuk pemantapan pemahamn materi.
Kegiatan Akhir
- Mengakhiri pelajaran dengan berdoa.
G. Sumber Belajar
Buku paket matematika SMA XI IPA, BSE, dan buku referensi
pedukung.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instumen
|
· Menghitung turunan fungsi dengan menggunakan definisi turunan
· Menentukan turunan suatu fungsi di satu titik tertentu
· Menentukan laju perubahan nilai fungsi terhadap variabel bebasnya
· Menentukan turunan fungsi aljabar dan trigonometri
· Menentukan turunan fungsi komposisi dengan aturan rantai
· Menentukan persamaan garis singgung pada suatu kurva
|
·
Tes
tulis
·
Tes
praktik
·
Tugas
|
·
Soal
pilihan ganda, isian, menjodohkan, atau esai
·
Praktik
·
Pekerjaan
rumah atau proyek
|
Format
Kriteria Penilaian
Produk
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Praktik
|
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
|
3
2
1
|
2.
|
Sikap
|
Baik
Cukup
Kurang
|
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
Catatan:
Nilai
= (Jumlah skor maksimal) × 10
Untuk
peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
.................,
………………………………..
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
____________ ____________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas :
XI IPA
Semester :
Genap
Alokasi Waktu :
4 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi
6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar
6.4 Menggunakan turunan
untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu
·
menentukan selang dimana fungsi naik
atau turun.
·
menentukan titik stasioner suatu
fungsi beserta jenis ekstrimnya.
·
mensketsa
grafik fungsinya.
·
menggunakan turunan dalam
perhitungan kecepatan dan percepatan.
·
menentukan limit fungsi bentuk tak
tentu.
Karakter
peserta didik yang diharapkan: teliti,
kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu.
D. Materi Pembelajaran
Karakteristik fungsi.
E. Metode Pembalajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan
pemberian tugas.
F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
- Mengawali pelajaran dengan berdoa.
- Apersepsi dan motivasi.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Peserta didik
diberikan stimulus materi mengenai karakteristik suatu
fungsi.
·
Guru dan peserta
didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menentukan
titik stasioner suatu fungsi beserta jenis ekstrimnya.
·
Guru dan peserta
didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menggunakan
turunan dalam perhitungan kecepatan dan percepatan.
Elaborasi
·
Guru dan siswa
mendiskusikan materi mengenai cara menentukan selang dimana
fungsi naik atau turun.
·
Siswa berlatih
mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara menentukan
titik stasioner suatu fungsi beserta jenis ekstrimnya.
·
Guru dan siswa
mendiskusikan materi mengenai cara membuat sketsa grafik fungsi.
·
Siswa berlatih
mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara menggunakan
turunan dalam perhitungan kecepatan dan percepatan.
Konfirmasi
·
Guru memandu untuk
pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
·
Guru
memberikan pengembangan konsep.
·
Guru memberi soal
latihan/tugas kepada peserta didik untuk pemantapan pemahamn materi.
Kegiatan Akhir
- Mengakhiri pelajaran dengan berdoa.
G. Sumber Belajar
Buku paket matematika SMA XI IPA, BSE, dan buku referensi
pedukung.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instumen
|
· Menentukan selang dimana fungsi naik atau turun
· Menentukan titik stasioner suatu fungsi beserta jenis ekstrimnya
· Mensketsa grafik
fungsinya
· Menggunakan turunan dalam perhitungan kecepatan dan percepatan
· Menentukan limit fungsi bentuk tak tentu
|
·
Tes
tulis
·
Tes
praktik
·
Tugas
|
·
Soal
pilihan ganda, isian, menjodohkan, atau esai
·
Praktik
·
Pekerjaan
rumah atau proyek
|
Format
Kriteria Penilaian
Produk
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Praktik
|
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
|
3
2
1
|
2.
|
Sikap
|
Baik
Cukup
Kurang
|
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
Catatan:
Nilai
= (Jumlah skor maksimal) × 10
Untuk
peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
.................,
………………………………..
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
____________ ____________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas :
XI IPA
Semester :
Genap
Alokasi Waktu :
4 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi
6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar
6.5 Merancang model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu
·
mengidentifikasi masalah-masalah
yang dapat diselesaikan dengan konsep ekstrim fungsi.
·
merumuskan model matematika dari
masalah ekstrim fungsi.
Karakter
peserta didik yang diharapkan: teliti,
kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu.
D. Materi Pembelajaran
Ekstrim fungsi.
E. Metode Pembalajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan
pemberian tugas.
F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
- Mengawali pelajaran dengan berdoa.
- Apersepsi dan motivasi.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Peserta didik
diberikan stimulus materi mengenai ekstrim fungsi.
Elaborasi
·
Guru dan siswa
mendiskusikan materi mengenai cara mengidentifikasi
masalah-masalah yang dapat diselesaikan dengan konsep ekstrim fungsi.
·
Guru dan siswa
mendiskusikan materi mengenai cara merumuskan model
matematika dari masalah ekstrim fungsi.
Konfirmasi
·
Guru memandu untuk
pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
·
Guru
memberikan pengembangan konsep.
·
Guru memberi soal
latihan/tugas kepada peserta didik untuk pemantapan pemahamn materi.
Kegiatan Akhir
- Mengakhiri pelajaran dengan berdoa.
G. Sumber Belajar
Buku paket matematika SMA XI IPA, BSE, dan buku referensi
pedukung.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instumen
|
· Mengidentifikasi masalah-masalah yang bisa diselesaikan dengan konsep ekstrim
fungsi
· Merumuskan model matematika dari masalah ekstrim fungsi
|
·
Tes
tulis
·
Tes
praktik
·
Tugas
|
·
Soal
pilihan ganda, isian, menjodohkan, atau esai
·
Praktik
·
Pekerjaan
rumah atau proyek
|
Format
Kriteria Penilaian
Produk
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Praktik
|
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
|
3
2
1
|
2.
|
Sikap
|
Baik
Cukup
Kurang
|
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
Catatan:
Nilai
= (Jumlah skor maksimal) × 10
Untuk
peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
.................,
………………………………..
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
____________ ____________
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas :
XI IPA
Semester :
Genap
Alokasi Waktu :
8 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi
6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar
6.6 Menyelesaikan model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu
·
menyelesaikan model
matematika dari masalah ekstrim fungsi.
·
menafsirkan solusi
dari masalah nilai ekstrim.
Karakter
peserta didik yang diharapkan: teliti,
kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu.
D. Materi Pembelajaran
Ekstrim fungsi.
E. Metode Pembalajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan
pemberian tugas.
F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
- Mengawali pelajaran dengan berdoa.
- Apersepsi dan motivasi.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Guru dan peserta
didik secara bersama-sama membahas contoh mengenai cara menyelesaikan model matematika dari masalah ekstrim fungsi.
Elaborasi
·
Siswa berlatih
mengerjakan soal dalam buku paket mengenai cara menyelesaikan
model matematika dari masalah ekstrim fungsi.
·
Guru dan siswa
mendiskusikan materi mengenai cara menafsirkan
solusi dari masalah nilai ekstrim.
Konfirmasi
·
Guru memandu untuk
pengambilan kesimpulan untuk keseluruhan diskusi yang sudah dilakukan.
·
Guru
memberikan pengembangan konsep.
·
Guru memberi soal
latihan/tugas kepada peserta didik untuk pemantapan pemahamn materi.
Kegiatan Akhir
- Mengakhiri pelajaran dengan berdoa.
G. Sumber Belajar
Buku paket matematika SMA XI IPA, BSE, dan buku referensi
pedukung.
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instumen
|
·
Menyelesaikan model
matematika dari masalah ekstrim fungsi
·
Menafsirkan solusi
dari masalah nilai ekstrim
|
·
Tes
tulis
·
Tes
praktik
·
Tugas
|
·
Soal
pilihan ganda, isian, menjodohkan, atau esai
·
Praktik
·
Pekerjaan
rumah atau proyek
|
Format
Kriteria Penilaian
Produk
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Praktik
|
Aktif
Cukup aktif
Kurang aktif
|
3
2
1
|
2.
|
Sikap
|
Baik
Cukup
Kurang
|
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Produk
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
Catatan:
Nilai
= (Jumlah skor maksimal) × 10
Untuk
peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
.................,
………………………………..
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
____________ ____________
0 Komentar untuk "RPP K13 Revisi 2022 Untuk SD, SMP, SMA Terbaru September 2022"