Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19
Andina Dwijayanti1 , Puji Pramesti2 1,2Politeknik LP3I Bandung Jl. Pahlawan No.59, Sukaluyu, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40123 E-mail : andinadwijayanti@plb.ac.id1 , pujipramesti@pb.c.id2
ABSTRAK
Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk membantu UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) pempek beradek agar mampu mempertahankan bisnisnya di tengah pandemi covid-19 dengan mengembangkan umkm pempek4berdek menggunakan strategi pemasaran yang lebih luas melalui media digital e-commerce yaitu memakai platform online, media sosial, marketplace, google bisnis dll. Metodologi pelaksanaan yang digunakan dalam penilitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi secara langsung, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil kegiatan dalam penelitian pada umkm pempek4beradek yaitu telah dibuatnya berbagai macam pemasaran digital e-comerce dengan membuat platform online seperti website, facebook, Instagram dan market place (sohpee, lazada dan tokopedia), diharapkan UMKM dapat mempergunakannya semaksimal mungkin sehingga dapat memperluas jangkauan penjualan, meningkatkan konsumen, adanyan kenaikan penjualan dan produknya dikenal oleh masyarakat luas dan membuat konten tentang penjualan produk UMKM pempek4berradek yang lebih kreatif di media sosial dan website. Kata kunci : Pemasaran, E-commerce, UMKM, Digital, Bisnis
ABSTRACT
This research activity aims to help SMEs (small and medium enterprises) Pempek4 beradek to be able to maintain their business in the midst of the covid-19 pandemic by developing pempek4berdek SMEs using a broader marketing strategy through ecommerce digital media i.e. Using online platforms, social media, marketplaces, google business etc. The implementation methodology used in this study is qualitative descriptive with data collection techniques in the form of live observation, interview, library study and documentation. The results of the activities in the research on Pempek4beradek SMEs that has been created various kinds of digital marketing e-commerce by creating online platforms such as website, facebook, instagram and market place (shopee, lazada and tokopedia), hopefully SMEs can use it to the maximum extent possible so as to expand the reach of sales, increase consumers, increase sales and its products are known by the general public and make content about the sale of SMEs products Pempek4berradek more creative on social media and website .
1. PENDAHULUAN
Ketika corona virus menyebar ke seluruh dunia, bisnis di seluruh Indonesia melihat tantangan besar. Perusahaan yang merasakan dampak pandemi Covid-19 merasa sulit untuk beradaptasi, dan banyak yang berjuang untuk melindungi karyawan dari kehilangan pekerjaan mereka. Langkah-langkah keuangan yang belum pernah terjadi sebelumnya juga telah diumumkan untuk memastikan bahwa bisnis dan orang-orang terus berfungsi. Industri usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di indonesia salah satu yang terkena dampak pandemi virus Corona. Dengan banyaknya pusat perbelanjaan, restoran dan industriindustri lainnya yang harus tutup akibat pembatasan sosial berskala besar untuk memutus rantai penyebaran virus covid19 tersebut, menyebaban banyak pelaku industri baik industri UMKM beralih melakukan penjualan melalui digital ecommerce. Perdagangan elektronik (ecommerce) yang berkaitan dengan internet untuk membeli, menjual, mengangkut, atau bertukar info, produk, atau layanan. Ada banyak keuntungan dari e-commerce, termasuk manfaat operasional seperti jangkauan global, pengurangan biaya, mengoptimalkan supply chain, dan membuka peluang bisnis (Efraim et al, 2015). Dengan pandemi Covid-19 yang merebak negara-negara, upaya karantina, isolasi dan self-distancing pun dilakukan oleh masyarakat. Pedoman pembatasan jarak sosial yang diajukan oleh masingmasing pemerintah dan departemen kesehatan kepada masyarakat telah menghasilkan penutupan sekolah dan bisnis yang membuat masyarakat bingung menghadapi tingkat perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya. (Komalasari, 2020). Perusahaanperusahaan mendorong karyawan untuk bekerja dari rumah dan masyarakat menolak untuk pergi ke tempat umum dan kerumunan. Namun masyarakat perlu memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan disinilah covid-19 berdampak pada ecomerce. E-commerce memiliki banyak manfaat terhadap UMKM dengab memperluas peluang perusahaan di pasar, meningkatkan penjualan, meningkatkan komunikasi, meningkatkan citra perusahaan, mempercepat proses, dan meningkatkan produktivitas karyawan (Rahayu, 2017). Penjualan produk makanan dan minuman naik hingga 260%, termasuk peningkatan transaksi-transaksi online pada produk-produk lain (kominfo, 2020). Hampir semua kebutuhan masyarakat dipenuhi dengan berbelanja menggunakan digital e-commerce atau online. Hingga kini, transaksi e-commerce masih mendominasi di Indonesia. Kegiatan Penelitian ini bertujuan untuk membantu UMKM pempek 4 beradek agar mampu mempertahankan bisnisnya di tengah pandemi Covid-19 dengan mengembangkan UMKM pempek4berdek menggunakan strategi pemasaran yang lebih luas melalui media digital e-commerce yaitu memakai platform online, media sosial, marketplace, Google Bisnis dll. Banyaknya jumlah pengguna mesin pencari seperti Google, situs e-commerce dan sosial media seperti ini bisa dijadikan peluang pemasaran yang baik untuk memasarkan produk yang diinginkan (Harto, 2020).
2. PERMASALAHAN
Masalah yang dihadapi oleh UMKM pempek4beradek adalah belum mempunyai label penjualan serta kurangnya pemanfaatan digital ecommerce melalui platform online, seperti kurang kreatifnya dalam pembuatan konten di media sosial serta belum mempunyai website dan market place untuk memperluas jangkauan penjualan pempek4beradek.
3. METODOLOGI
Penelitian ini menggunakan metodologi deskriftip kualitatif. menurut Sugiyono (2005) menyatakan bahwa metode deskriptif adalah suatu metode yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas. Sedangkan Menurut Sugiyono (2017: 8) penelitian kualitatif. merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya adalah sistematis, terencana dan terstruktur dengan jenis sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya hingga tahap implementsinya. Selain itu, Penelitian deskriptif kualitatif tidak memberikan perlakuan, manipulasi atau pengubahan pada variabel-variabel yang diteliti, melainkan menggambarkan suatu kondisi yang apa adanya. Satu-satunya perlakuan yang diberikan hanyalah penelitian itu sendiri, yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Maka teknik pengumpulan data yang di lakukan oleh UMKM pempek4beradek menggunakn teknik pengumpulan data dan studi pustaka berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.
4. HASIL DAN PEMBAHASAN
Adapun hasil kegiatan dalam penelitian pada UMKM Pempek 4beradek ini yaitu peneliti sudah membantu dalam pendampingan dan pembuatan seperti label penjualan pempek4beradek, pembuatan konten yang lebih kreatif di media sosial, pemuatan website dan pembuatan market place (shopee,lazada, tokopedia) Pembuatan Label Pempek4beradek Label merupakan salah satu bagian dari produk berupa keterangan baik gambar maupun kata-kata yang berfungsi sebagai sumber informasi produk dan penjual. Menurut Tjiptono (1997:107). Label merupakan bagian dari suatu produk yang menyampaikan informasi mengenai produk dan penjual. Label bukan hanya sebagai alat penyampai informasi, namun juga berfungsi sebagai iklan dan branding sebuah produk .
0 Komentar untuk "Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19"